#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Rugby 7 Indonesia Punya Modal ke SEA Games 2019 Filipina
13 August 2019 19:23 WIB
JAKARTA - Rugby 7s Indonesia baru seumur jagung. Tapi, prestasinya cukup melambung. Timnas putri bersandar di peringkat ketiga Asia dan putra urutan keenam.

Raihan tersebut dibukukan pada kejuaraan Asia Rugby Sevens Trophy di Jakarta, 10-11 Agustus 2019 lalu. Di kategori putri, Filipina bertengger di posisi pertama, India urutan dan Indonesia podium ketiga.

Lonjakan diperlihatkan timnas rugby putri pada kejuaraan yang diikuti 35 tim nasional dari penjuru Asia itu. Pada Asia Trophy tahun 2018, putri Indonesia meraih ranking 7 dari 12 negara. Sedangkan putra masuk 5 besar dari 11 negara peserta. 


Baca Juga :
- Si Kribo Tak Canggung Latihan bareng Timnas Senior, Simon Terkesan
- Jadwal Pertandingan U-16 Four Nations 2019, Indonesia Tertantang

"Secara peringkat tim putra memang menurun satu strip. Tapi, permainan yang ditampilkan jauh lebih baik saat ini. Masih ada waktu untuk bebenah sebelum SEA Games 2019 di Filipina, Desember nanti," kata manajer timnas rugby Indonesia, Doedie Gambiro. 

Doedi Gambiro bersyukur dengan raihan yang dicapai timnas rugby putra dan putri Indonesia. Menurutnya banyak pelajaran yang didapat dari kejuaraan Asia ini. 

"Bermain rugby harus ngotot dan berani. All out. Banyak pelajaran berharga dari event ini. Di situ kita tahu kekurangan dan kelebihan tim," papar Doedie yang juga Sekjen Pengurus Besar Persatuan Rugby Union Indonesia (PB PRUI).

Menurut Doedie raihan ini tak lepas dari keseriusan PB PRUI. Pada atlet yang diseleksi dari berbagai daerah itu dikarantina di Parangtritis, Yogyakarta sejak Februari lalu. Mereka dipoles oleh pelatih George Wilson asal Selandia Baru. 

"Secara kemampuan teknis sudah berkembang dari setahun lalu. Kemampuan fisik tentu akan kami tingkatkan lagi," ujar pelatih George Wilson. 

Sementara itu, Ketua Umum PB PRUI Didik Mukrianto mengaku bangga dengan semangat dan perjuangan timnas rugby Indonesia. Menurut Didik ini jadi modal kuat untuk tampil di SEA Games Filipina, 30 November hingga 11 Desember 2019. 

"Tim putra dan putri layak berangkat ke SEA Games Filipina. Mereka bermain jauh lebih baik dari edisi sebelumnya. Anda bisa lihat sendiri bagaimana mereka bermain," ujar Didik yang juga anggota dewan Komisi X DPR RI. 

Didik berharap Komite Olimpiade Indonesia (KOI) melihat perjuangan timnas rugby putra dan putri. Event ini diikuti 16 negara Asia, dan 6 di antaranya dari Asia Tenggara, seperti Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Filipina, Laos dan Malaysia.


Baca Juga :
- Daftar Pemain Timnas Indonesia Berubah
- U-16 Four Nations Tournament Diikuti Qatar, Indonesia, Maladewa, dan Yordania

"Jadi kita bisa mengukur sejauh mana kekuatan tim kita maupun lawan. Keseluruhan tim kita mampu bersaing dengan negara Asia Tenggara. Saya yakin rugby bisa menyumbang medali di SEA Games nanti," papar Didik.
 
Didik berharap raihan di kejuaraan Asia Rugby Sevens Trophy ini akan memberikan tiket bagi Indonesia ke SEA Games Filipina. "Kami berharap KOI memberi restu. Kalau Menpora saat ini sudah memberikan lampu hijau untuk berangkat," ujar Didik. 

"Tentu kami juga berharap KOI sebagai induk kami, karena kami kan olahraga olympic sebenarnya. Mudah-mudahan KOI juga membuka hatinya untuk mempermudah keberangkatan kami ke SEA Games."*Suryansyah

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA