#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Madrid Juru Kunci Pramusim
14 August 2019 12:31 WIB
MADRID – Sepekan sebelum La Liga 2019/20 resmi dibuka Jumat (16/8), semua tim peserta pun menyudahi tur pramusim mereka. Selama menjalani kegiatan musim panas ini, klub-klub besar memilih melakukan perjalanan jauh. Sementara tim-tim menengah memutuskan memainkan sebagian laga uji coba mereka di Spanyol guna menghindari kelelahan.

Kebanyakan dari mereka melakukan tujuh hingga delapan pertandingan persahabatan. Dan jika dibuat klasemen maka hasilnya Real Madrid keluar sebagai juru kunci. Ya, skuat asuhan Zinedine Zidane ini punya rapor merah terkait performa mereka di pramusim 2019. Mereka meraih poin dan nilai rata-rata terendah dibandingkan 19 tim lainnya.

Los Blancos –julukan Madrid– mendapat delapan poin dari tujuh pertandingan dengan rasio 1,14. Mereka hanya menang dua kali: melawan Fenerbahce SK (5-3) dan RB Salzburg (1-0). Lalu diimbangi 2-2 oleh Arsenal FC dan AS Roma (kalah adu penalti), plus kekalahan saat menghadapi FC Bayern Muenchen (1-3), Atletico Madrid (3-7), dan Tottenham Hotspur (0-1).


Baca Juga :
- Los Blancos Tumpul di Paris
- Courtois Meragukan, Terlihat Rapuh Menjaga Gawang Madrid

Hasil Madrid sengat kontras jika dibandingkan rival berat mereka: FC Barcelona dan Atletico Madrid. Klub Katalunya hanya menelan satu kekalahan (Chelsea FC) dalam lima laga dan sisanya berakhir dengan tiga poin. Mereka mengumpulkan 12 poin dengan rata-rata 2,40. Sementara Atletico meraih poin sempurna, tanpa kekalahan dari dalam enam pertandingan: 16 poin (2,67).

Atletico menempati peringkat kedua dalam klasemen pramusim tersebut, sementara di posisi ketujuh. Madrid bahkan dari tim guram, Real Valladolid. Klub milik Ronaldo Lima itu berada di posisi 19, hanya selisih 0,15 poin dari Madrid. Tim berjulukan Los Blanquivioletas itu mengumpulkan sembilan poin dari tujuh laga dengan rata-rata mencapai 1,29.

Tim promosi, Granada CF tampil mengejutkan dengan menduduki posisi pertama. Klub asal Andalusia ini meraup kemenangan dari tujuh laga uji coba. Mereka mengoleksi 21 poin dengan rata-rata 3,00. Tak hanya itu saja, Nazaríes –julukan Granada– hanya kemasukan dua gol.

Selain Granada, hanya Atletico, CD Leganes, dan RCD Espanyol juga tak terkalahkan di pramusim ini. Khusus untuk nama terakhir, sebagian laga pramusim mereka merupakan pertandingan resmi. Tim asal Katalunya memang memulai musim lebih awal lantaran bermain di kualifikasi Liga Europa. Bahkan mereka masih akan memainkan leg kedua putaran ketiga melawan FC Luzer pada 15 Agustus ini.

Kendati begitu, tidak adil rasanya jika menjadikan hasil pramusim sebagai rujukan. Mengingat jumlah pertandingan antara tim satu dengan lainnya berbeda. Beberapa juga tidak bisa memainkan pemain bintangnya setelah ikut andil di ajang internasional. Kesulitan yang dihadapi juga berbeda-beda dan sejumlah tim tak terlalu mementingkan hasilnya.

Namun, bisa disimpulkan bila persiapan yang dilakukan Madrid selama pramusim belum menunjukkan sinyal positif. Padahal klub telah mengeluarkan biaya hingga 303 juta untuk memperkuat skuat. Mereka bahkan harus kehilangan lima pemain karena cedera. Kondisi ini yang membuat sebagian suporter Los Blancos getir dengan kondisi tim kesayangannya mereka.*** DINI WULANDARI/CR5 DARI BERBAGAI SUMBER

 

 


Baca Juga :
- Debut Tak Terlupakan Herrera
- Juve ke Madrid, Emre Can Malah Pergi Liburan

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA