#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Saatnya TopSkor Indonesia Menembus Tradisi
15 August 2019 06:40 WIB
QINGDAO - Tim TopSkor Indonesia (TSI) U-14 sukses melanjutkan tradisi. Yakni selalu lolos minimal hingga fase semifinal kejuaraan sepak bola muda usia muda Gothia Cup. Sejak 2016, tim elite hasil kompetisi Liga TopSkor ini, memang selalu berhasil menginjakkan kaki di babak empat besar.

Terbaru pada edisi Gothia Cup Cina 2019, tradisi ini berhasil dilanjutkan oleh Muhammad Farhan dan kawan-kawan. Kepastian itu didapat setelah TSI menang mutlak atas wakil Meksiko CF Inter Monterrey, skor 4-0 di Qingdao, Cina, kemarin.

Strategi yang diterapkan pelatih TSI Yunus Muchtar untuk menekan lawan sejak peluit pertama dibunyikan terbukti tepat. Mendapat pressing luar biasa, tak banyak yang bisa dilakukan lawan selain bermain long ball.


Baca Juga :
- TopSkor Indonesia Meraih Double Winner dalam Turnamen Internasional KIFC
- Maudy Koesnaedi Bantu sang Anak Gagalkan Penalti Lawan

Meskipun terlihat mencolok dari sisi skor, sejatinya TSI cukup dibuat kerepotan membongkar pertahanan lawan setidaknya di babak pertama. Gol pembuka bahkan baru lahir dari eksekusi penalti yang sempurna dilakukan striker Adrian Irfansyah setelah winger lincah Bani Satriani dilanggar di kotak terlarang.

Unggul 1-0 di babak pertama, tak membuat TSI puas. Justru intensitas serangan ditingkatkan. Hasilnya, tiga gol tambahan sukses dibukukkan oleh Raychan Adji, juga dari titik putih, Donny Pamungkas, dan ditutup Muhammad Rizaldi Putra.

“Semakin ke sini anak-anak semakin mulai menemukan kenyamanan bermain. Mereka jauh lebih tenang dan disiplin,” kata Yunus. “Namun perjuangan belum berakhir, mari kita tuntaskan dengan mencapai final terlebih dahulu setelah itu angkat piala.”

Di empat besar, TSI akan menghadapi salah satu tim kuat tuan rumah, Huanghai FC. Berada di grup berat pada babak penyisihan bersama tim asal Afrika Selatan, Singapura, dan Australia, mereka berhasil keluar sebagai juara grup dengan raihan poin sempurna (12).

Untuk urusan gol, Huanghai juga cukup produktif dengan melesakkan 11 gol berbanding satu yang masuk ke gawang mereka. Di perempat final, Huanghai sukses menyingkirkan wakil Korea Selatan Gimpo Citizen's FC, skor 2-0.

Ini menjadi perhatian Yunus dan tim pelatih Imral Usman dan Oky Rukino. Kendati sejauh ini, lini pertahanan masih sangat kokoh dengan belum sekali pun kebobolan, ia terus mengingatkan pasukannya untuk konsentrasi penuh.

“Jika bisa mengatasi tekanan dalam diri sendiri dan tampil pede, saya percaya mereka bisa memenangkan semifinal dengan permainan terbaik mereka,” ucap Yunus.

Nada optimistis juga dilontarkan para pemain. Salah satunya dari gelandang serang Doni Pamungkas, yang sejak fase grup selalu dipercaya sebagai starter. Menurut Doni, rekan-rekannya sudah sangat siap bahkan untuk menembus tradisi mencapai final U-14 untuk pertama kali.


Baca Juga :
- Profil Pemain Terbaik Liga TopSkor U-12: Fauzan Ingin seperti Sani Rizki
- Tumbangkan Persib U-16, TopSkor Indonesia Juara Super Muda Menpora

“Kami sudah buktikan bisa meladeni tim-tim yang secara permainan bermain keras dan provokatif. Tinggal nanti kami berjuang lagi, lebih gigih, siapapun lawannya yang kami hadapi,” kata Dony yang merupakan adik kandung pesepak bola bola nasional Joko Sasongko.*FURQON AL FAUZI

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA