#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Vamos Kembali Terhenti di Perempat Final
15 August 2019 07:35 WIB
BANGKOK – Tim asal Indonesia, Vamos Mataram harus menyimpan impiannya menjadi juara AFC Futsal Club Championship 2019, setelah dikalahkan Nagoya Oceans Jepang di perempat final. Vamos kalah dengan skor 1-3 di Bangkok Arena, Thailand pada Rabu (14/8).

Gol pembuka tim Nagoya dalam laga ini dicetak pemain asal Brasil yaitu Pepita di menit ke-9, lalu digandakan oleh Neto Hirata menit ke-18, serta Ryuhei Ando menit ke-37. Satu menit berikutnya Vamos berhasil memperkecil keunggulan melalui Nandi Sukmawijaya lewat skema power play.

Kekalahan ini membuat Vamos kembali terhenti di perempat final, di mana pencapaian ini sama seperti yang diraihnya musim lalu. Walaupun demikian Vamos adalah salah merupakan satu-satunya tim asal Indonesia yang pernah meresakan tampil hingga putaran final.


Baca Juga :
- Timnas U-15 Siasati Jadwal Maraton dengan Program Injury Preventif
- ISEF 2019 Buka Mata Pelaku Bisnis Olahraga

Selain itu, memang kekuatan tim Nagoya Oceans masih menjadi momok bagi Vamos Mataram. Pada AFC Klub tahun lalu yang diadakan di Yogyakarta, keduanya sempat bertemu di fase grup, kala itu Vamos menelan kekalahan yang cukup telak 0-4.

Ditambah pada laga kemarin Vamos tidak diperkuat oleh pemain andalannya di posisi ala yaitu Ali Abedin yang terganjar akumulasi kartu, sehingga dirinya hanya dapat mendukung teman-temannya dari bangku penonton.

Kehilangan peran Ali di tim Vamos memang terlihat cukup terasa. Bagaimana tidak dirinya lah yang kerap menciptakan serta membangun serangan hingga peluang-peluang matang di depan mulut gawang lawan. Selain kepiawaiannya mengolah bola dengan kaki kidal, Ali juga mempunyai umpan-umpan yang akurat.

Dalam laga itu memang Nagoya lebih superior, Syahidansyah Lubis dan kawan-kawan dibuat tidak berkutik sejak babak pertama. Praktis peluang Vamos dalam menciptakan gol hanya berasal dari counter attack. Namun, serangan yang terorganisir dan pertahanan yang rapat ditunjukkan Nagoya membuat tim Vamos kesulitan mencetak gol sepanjang laga.

Kekalahan ini membuat Vamos  gagal menciptakan sejarah baru bagi futsal Indonesia menjadi tim pertama yang tembus semifinal. Nagoya sendiri memang lawan yang sangat berat, maklum saja mereka adalah juara tiga kali di AFC Futsal Club Championship ini. Terlebih dibabak grup mereka mampu mengalahkan juara bertahan Mes Sungun dari Iran.

Namun kekalahan ini ditanggapi positih oleh pelatih Vamos, Reza Fallah yang sebelumnya mengucapkan selamat kepada Nagoya atas kemenangan mereka. Reza juga memuji para pemainnya yang sudah tampil bagus dan menurutnya performa tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu.


Baca Juga :
- Kubu Iwan Bule Membantah Tuduhan
- Pemain Naturalisasi Penyeimbang Mental di Timnas Indonesia

“Di babak pertama sebenarnya peluang kami 50-50, tapi kesalahan yang kami buat menjadi gol buat mereka. Pada babak kedua, saya rasa pemain bermain lebih bagus dan saya senang dengan performa yang telah ditunjukan, mereka berkembang lebih baik dari tahun kemarin. Kami mengambil banyak pelajaran dan pengalaman ini akan kami gunakan di lain waktu,” ujar Reza.*NIZAR GALANG GANDHIMAR

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA