#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Deulofeu Lebih Produktif setelah Bermain di Posisi Baru
15 August 2019 12:14 WIB
WATFORD – Gerard Deulofeu telah berjalan jauh untuk mencapai kariernya sekarang: dari FC Barcelona ke Everton FC, lalu Sevilla FC, AC Milan, dan kembali ke Barcelona. Tetapi di klubnya saat ini, Watford FC, dia menghadapi perubahan paling signifikan dan pemain 25 tahun itu mengungkapkannya jelang duel melawan bekas klubnya, Everton, pada Sabtu (17/8).

Deulofeu menghabiskan seluruh kariernya sebagai penyerang sayap (winger), menyisir sisi lapangan dengan kecepatannya. Musim lalu, dia bermain sebagai striker dan itu transisi yang cerdas karena Deulofeu justru membukukan raihan gol terbaiknya sejak di Barcelona B  pada musim 2012/13, 12 gol di semua kompetisi, ditambah lima assist.

Sudah lama pemain asal Spanyol itu berharap memainkan peran sentral. Tidak dinyana pelatih Watford Javi Garcia memikirkan ide itu ketika Deulofeu datang ke Vicarage Road pada musim panas 2018. Dia mengutarakan rencananya itu kepada Deulofeu dan hasilnya sangat positif. The Hornets finis ke-11 dan statistik gol Deulofeu pun membaik.


Baca Juga :
- Tottenham Masih Suram
- Produsen VAR di Liga Primer Ajukan Permohonan Maaf Terkait Kesalahan Pertandingan Tottenham vs Watford

“Bertahun-tahun lalu saya selalu ingin bermain sebagai striker karena Anda akan lebih dekat ke gawang dan memiliki lebih banyak peluang untuk mencetak gol,” ujar Deulofeu kepada Sky Sports. “Performa kami cukup meningkat musim lalu, statistik gol saya juga meningkat. Saya senang dan berharap terus melanjutkan di posisi itu.”

Tak masalah meski Deulofeu harus menyesuaikan diri dengan gaya sepak bola Watford  sekaligus mencoba menyatu dengan permainan rekan-rekannya. Butuh waktu empat hingga lima bulan bagi Deulofeu untuk mempelajari cara bermain Troy Deeney dan kawan-kawan. Itu tantangan berat, namun setelahnya dia seakan tak terhentikan.

"Liga Primer berbeda dari kompetisi lain yang pernah saya mainkan. Saya sudah melihat sistem dan permainan di Everton, Barcelona, dan Milan. Di Watford, tentu berbeda. Di mana pun Anda pergi, Anda harus menempatkan diri dalam tim dan membantu rekan setim Anda untuk mencapai sesuatu yang istimewa.”

Ia melanjutkan, "Kami ingin melakukan seperti musim lalu, tapi dengan performa yang lebih baik. Kami harus meningkatkan kualitas permainan kami karena kami bisa masuk 10 besar dan bersaing dalam setiap pertandingan dengan yang terbaik. Kami punya banyak pemain bagus, banyak kualitas tetapi saat ini di sepak bola, Anda membutuhkan lebih dari itu."

Salah satu penampilan menonjol Deulofeu musim lalu adalah pada laga semifinal Piala FA melawan Wolverhampton Wanderers. Dia mencetak dua gol yang menginspirasi kebangkitan Watford dari ketinggalan 2-0 untuk selanjutnya memenangkan laga itu 3-2, yang mengirim mereka ke final Piala FA kedua dalam sejarah klub tersebut.

Memori Baik

Deulofeu baru 18 tahun ketika menjajal Liga Primer bersama Everton, pertama sebagai pemain pinjaman pada musim 2013/14 sebelum gabung secara permanen pada Juli 2015. Namun, 18 bulan setelah itu, dia dipinjamkan ke Milan sebelum dipanggil kembali ke Camp Nou. Toh, Deulofeu tetap menjalin relasi baik dengan publik Goodison Park.

"Tidak terlalu sulit (pindah ke Everton pada usia 18 tahun) karena saya telah bermain untuk Barca sejak berumur sembilan tahun jadi saya telah pergi ke banyak negara dan melakukan banyak perjalanan. Saya menyesuaikan diri di Liverpool, yang tidak mudah, tetapi saya merasa sangat nyaman di sana,” ujar Deulofeu soal hidup di Liverpool.

Di musim pertamanya, Deulofeu memang tak banyak dapat jatah bermain, yang diakui olehnya itu bukan momen terbaik dalam kariernya. Namun, bukan kenangan yang buruk.

"Saya mengalami saat-saat menyenangkan di Everton dan itu tertanam dalam hati saya. Setelah dari Milan, saya memilih kembali karena saya merasa senang di sana. Saya memiliki hubungan baik dengan penggemar Everton. Mereka cinta saya, saya juga cinta mereka. Saya bangga mereka selalu menyambut tiap saya datang ke Goodison Park."***NURUL IKA HIDAYATI

Statistik Gerard Deulofeu di Liga Primer

2019/20
Laga: 1
Menit main: 45
Gol: 0
Assist: 0

2018/19
Laga: 30
Menit main: 2.082
Gol: 10
Assist: 5

2017/18
Laga: 7
Menit main: 438
Gol: 1
Assist: 1

2016/17
Laga: 11
Menit main: 456
Gol: 0
Assist: 0


Baca Juga :
- Dramatis! Gol Cepat, Gol Telat dan Kesalahan VAR Warnai Hasil Imbang Tottenham vs Watford
- Susunan Pemain Tottenham Hotspur vs Watford

2015/16
Laga: 26
Menit main: 1.384
Gol: 2
Assist: 9

2013/14
Laga: 25
Menit main: 890
Gol: 3
Assist: 4

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA