#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Winger Anyar MU Samai Rekor Solskjaer
15 August 2019 14:55 WIB
MANCHESTER – Gol pertama Daniel James untuk Manchester United (MU) di laga kompetitif, Minggu (11/8) lalu, menjadi rekor tersendiri. MU berhasil melumat Chelsea FC, 4-0, pada pertandingan pertama Liga Primer dan James menjadi pencetak gol terakhir pada pertandingan itu.

James masuk ke lapangan pada menit ke-74 untuk menggantikan Andreas Pereira. Hebatnya, gelandang serang yang musim lalu masih berseragam Swansea City AFC itu hanya butuh tujuh menit untuk mencetak gol perdana pada debutnya untuk Setan Merah.

Gol James itu tidak hanya membawa namanya sebagai pencetak gol tercepat MU dalam laga debut liga. James, 21 tahun, ternyata menjadi pemain dengan kecepatan lari paling tinggi dalam pertandingan melawan Chelsea tersebut. Kecepatan berlari tertinggi James mencapai 33,51 km/jam.


Baca Juga :
- EA Sports dan Jesse Lingard Luncurkan FIFA 20 Edisi Spesial ‘JLingz’
- Nemanja Matic Frustrasi Bersama Manchester United

Pelari tercepat MU berikutnya adalah Anthony Martial. Striker pencetak gol kedua MU di Old Trafford lalu itu mampu berlari dengan kecepatan hingga 33,41 km/jam. Bek kiri Luke Shaw menggenapi tiga besar pelari tercepat MU saat melawan The Blues.

Terkait rekor pencetak gol debut tercepat untuk MU di laga kompetitif, James kini sejajar dengan Ole Gunnar Solksjaer yang tidak lain pelatihnya di Setan Merah. Sepanjang 11 tahun kariernya sebagai penyerang MU (1996-2007), Solskjaer dikeal sebagai pengganti super alias super-sub.

Dari 91 golnya di Liga Primer, 17 dibuat saat ia dimainkan dari cadangan. Pada Agustus 1996, Solskjaer masuk menggantikan David May saat MU tertinggal 1-2 dari Blackburn Rovers. Tujuh menit setelah dimasukkan, Solskjaer mencetak gol penyeimbang yang menghindarkan MU dari kekalahan.

Di bawah James dan Solskjaer, ada Nick Powell yang mencetak gol pertamanya dalam tempo 11 menit. Tepatnya saat MU melawan Wigan Athletic pada September 2012. Saat itu, usia Powell baru 18 tahun. Ia menggantikan Ryan Giggs, yang kala itu 20 tahun, pada menit ke-71.

Josh Harrop ada di peringkat ketiga. Ia hanya butuh 15 menit untuk mencetak gol pertamanya di laga debut, saat menjebol gawang Crystal Palace FC pada Mei 2017.

Louis Saha yang direkrut MU dari Fulham FC pada transfer musim dingin 2004, perlu waktu 18 menit untuk membuat gol pertamanya buat Setan Merah. Saat melawan Southampton FC pada Januari 2004, Saha berhasil memanfaatkan bola muntah yang mengenai Kevin Phillips untuk mencetak gol. Setelah itu, Saha membuat assist untuk gol Paul Scholes yang membuat skor akhir 3-2 untuk MU. Saha behasil mencetak tujuh gol untuk Setan Merah hanya dalam 12 pertandingan Liga Primer 2003/04.             

Sejak 1936, tidak ada pemain MU yang mampu mencetak gol di liga pada laga debut melawan rival terberat, Liverpool FC. Rekor itu baru pecah saat Martial melakukannya pada September 2015.

Turun sebagai sayap kanan, Martial menerima umpan silang dari sisi kiri. Setelah mengecoh Martin Skrtel, Martial yang saat itu baru 19 tahun mencungkil bola yang tidak bisa ditahyan kiper Simon Mignolet. Itulah gol ketiga MU – dua lainnya dibuat Daley Blind dan Ander Herrera – dalam kemenangan 3-1 atas The Reds.*TRI CAHYO NUGROHO

SOROT
KEVIN
Phillips menjadi pemain dengan gol terbanyak pada musim perdananya di Liga Primer. Sebanyak 30 gol dibuatnya pada Liga Primer 1999/2000 untuk Sunderland.

 


Baca Juga :
- Kiper Atletico Jadi Pilihan Utama MU Jika De Gea Pergi
- Teken Kontrak Baru, De Gea Digaji Rp 238 Miliar, Tertinggi di Manchester United

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA