#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Makna 17-Agustusan di Denpasar Berbeda, Gowes Nusantara Berdayakan UMKM
18 August 2019 11:58 WIB
DENPASAR - Makna 17-Agustusan benar-benar terasa di Denpasar, Bali. Gowes Nusantara 2019 etape Gajahmada Heritage melengkapi perayaan hari Kemerdekaan RI ke-74.

Pasar Rakyat "Pasar Badung" yang terletak ditengah kota Denpasar, Bali, Minggu (18/8/2019), menjadi titik start sekaligus finish. Lebih dari 4.000 peserta ikuti kegiatan program Kemenpora itu dibawah payung Ayo Olahraga.

Bertagline Bergeraklah, Dimana Saja, Kapan Saja, Bersama Siapa Saja, para menempuh jarak 10 Km. Berawal dari jalan Veteran, Suli, Gatot Subroto, Dr. Sutomo kembali ke Pasar Badung setelah melewati Puri Gerenceng.


Baca Juga :
- Menaker Hanif Dhakiri Ditunjuk Sebagai Plt Menpora
- Menpora Imam Nahrawi Mundur, Acara Pamitan Sudah Digelar

Tak hanya bergowes berkeliling kota. Masyarakat Pulau Dewata pun berolahraga jalan sehat yang mengambil tema Denpasar Heritage Zone. Mereka menyusuri sungai Tukad Badung. Sungai tersebut dihias rapi dan senyaman mungkin agar warga dapat berekreasi sekaligus aktivitas berolahraga.

Hal unik terjadi pada Gowes etape Gajahmada Heritage ini. Pasalnya panitia tidak menyediakan konsumsi di area start maupun finish. Tapi dengan melibatkan UMKM, para peserta dari berbagai kalangan dan kominitas. Salah satunya KOSTI Bali, bisa menukarkan kupon yang diberikan oleh panitia untuk menikmati aneka macam kuliner di berbagai warung.

Tentu saja, kebijakan ini seolah menjadi jawaban dari arahan Presiden RI Joko Widodo yang mencanangkan Indonesia bersih dari sampah pada tahun 2020.

"Kita menyambut antusias program Presiden Joko Widodo yaitu bagaimana Indonesia bebas sampah dalam waktu dekat, sehingga melalui kegiatan ini kita coba mengimplementasikannya," kata I Gusti Putu Raka Pariana, Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda Kemenpora.

Sementara itu, walikota Denpasar menyebut antusias masyarakat Pulau Dewata akan ajang ini sangat luar biasa. Terlebih berbarengan dengan hari jadi kemerdekaan Indonesia.


Baca Juga :
- KPK Tetapkan Menpora Imam Nahrawi Sebagai Tersangka
- Kemenpora dan PB FORKI Diminta Tidak Berpihak Soal Sengketa Lemkari

"Ini acara yang sangat luar biasa dalam momentum hari Kemerdekaan RI. Kami gelorakan olahraga dengan menyentuh seluruh segmen dan lapisan masyarakat. Tak hanya gowes bersepeda, juga ada fun walk yang menyusuri sudut-sudut kota Denpasar melalui sungai Tukad Badung," tutur Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

*
 

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA