#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Oyarzabal Algojo Mestalla
19 August 2019 11:21 WIB
VALENCIA – Drama terjadi di Stadion Mestalla saat Valencia CF bermain imbang 1-1 menjamu Real Sociedad, Sabtu (17/8) atau Minggu dini hari WIB. Pada duel jornada pertama itu, kemenangan tuan rumah yang sudah di depan mata harus kandas di menit terakhir, yang mencapai 100 menit lebih, melalui eksekusi penalti Mikel Oyarzabal.

Oyarzabal benar-benar jadi algojo untuk Valencia, lebih khususnya di Mestalla. Faktanya klub berlogo kelelawar itu telah menjadi mangsa favorit si winger 22 tahun. Kemarin merupakan gol kelima yang diciptakan dari tujuh pertandingan yang dilakoni. Empat gol di antaranya terjadi kala main markas lawannya, hanya dari lima kunjungan.

Sejak pertama kali membela Sociedad (dipromosikan dari tim muda) berlaga di Mestalla pada 2015/16, produk asli jebolan akademi ini hanya absen mencetak gol pada edisi musim lalu. Saat itu kedua tim pun bermain seri tanpa gol. Sedang di tiga duel lain (selain bentrokan teranyar) Valencia dua kali merasakan kekalahan (satu menang).


Baca Juga :
- Sama-sama Krisis, Barca Punya Rapor Lebih Baik ketimbang Valencia
- Lim Lima Tahun Berkuasa

Gol di pertandingan teranyar adalah yang pertama dicatatkan Oyarzabal lewat eksekusi penalti. Selain menjadi algojo yang memberi mimpi buruk publik Mestalla, ia kini telah berkembang menjadi algojo tendangan titik putih yang hebat. Pada momen krusial seraya kemarin, penyerang berkaki kidal ini tetap dingin melepas tembakan.

Musim lalu saat tampil produktif untuk Txurri-Urdin –julukan Sociedad– lewat 14 gol, hanya tiga yang tercipta lewat penalti. Oyarzabal harus berbagai dengan William Jose sebagai eksekutor. Sedang kini, Jose di belakangnya. Striker asal Brasil itu sendiri yang membuat tim dapat penalti; tendangan bebasnya kena tangan Francis Coquelin.

“Mereka (lawan) tampil dengan tekad meraih tiga poin. Tetapi kami memiliki keyakinan, dan memaksimalkan kesempatan untuk mengambil poin. Saya akui, opsi yang kami punya tak lepas dari kegagalan demi kegagalan yang mereka alami. Saya puas dengan hasil ini dan penampilan semua pemain,” kata pelatih Sociedad, Imanol Alguacil.

Sementara itu di sisi Valencia, hasil ini menunjukkan bahwa kembali bermasalah dengan laga kandangnya pada periode awal musim. Musim lalu meski finis di zona Liga Champions, tim berjuluk Los Che ini sempat terseong terutama di paruh pertama akibat tak mampu memaksimalkan duel di Mestalla; Tiga poin baru diraih di laga ketujuhnya.

Pada enam pertandingan kandang pertamanya, tim asuhan Marcelino Garcia Toral ini hanya meraup lima poin dari lima kali seri (ada satu kalah). Kendati begitu, di lawan Sociedad ini mereka punya pembelaan; transisi tim buruk tanpa kapten Dani Parejo, dan Kevin Gameiro gagal mengeksekusi penalti yang bisa membuat tim unggul 2-0.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 


Baca Juga :
- Anoeta Siap Intimidasi Tamunya
- Marcelino Dipecat, Valencia Diasuh Pelatih Minim Pengalaman

ANGKA

6: Sepanjang kariernya Oyarzabal telah enam kali menjadi eksekutor penalti dan semua berhasil menjadi gol; empat di Sociedad (senior) dan dua di timnas Spanyol U21.

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA