#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Fakhri Akan Mencari Pemain Baru untuk Timnas U-18
20 August 2019 10:43 WIB
HO CHI MINH – Sempat tertekan pada 10 menit awal babak pertama, timnas Indonesia U-18 tampil menggila pada 15 menit terakhir. Tak tanggung-tanggung, lima gol dilesakkan tim asuhan Fakhri Husaini tersebut saat bentrok dengan Myanmar dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Senin (19/8) sore.

Sayangnya, pada babak kedua, tak ada lagi gol tercipta. Adapun lima gol Garuda Muda dilesakkan Beckham Putra Nugraha pada menit ke-36 dan 44, serta trigol Mochamad Supriadi pada menit ke-38, 40, dan 45+2. Dengan lima gol ini, Indonesia menjadi tim terproduktif dengan koleksi 28 gol dari tujuh laga.

Adapun jumlah kebobolan Indonesia cukup besar, yakni delapan kali kebobolan. Empat kebobolan tercipta pada babak grup, dan empat lainnya saat berhadapa dengan Malaysia. Dari delapan kali kebobolan itu, antisipasi bola mati atau set piece jadi titik terlemah. Persoalan inil akan diperbaiki sebelum tampil dalam Pra Piala Asia U-19 2020.


Baca Juga :
- Timnas Futsal Bertolak ke Jepang, 2 Oktober
- Timnas U-16 Tak Boleh Lengah Saat hadapi Brunei, Malam Ini

“Kalau kami tidak dapat posisi pertama, kami harus dapat posisi ketiga, dan itu perlihatkan pemain. Semua gol yang terjadi juga sama-sama tercipta lewat proses yang baik. Hanya saja pada babak kedua, setelah mengganti beberapa pemain, pemain ingin mengamankan skor saja. Tapi apapun itu, buat saya ini capaian bagus buat kami,” kata Fakhri.

Sebelum tampil dalam Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 yang akan berlangsung di Jakarta pada Oktober mendatang, Fakhri akan mencari tambahan pemain. Menurutnya, komposisi utama tim ini tidak akan mengalami perubahan, namun perlu tambahan pemain pelapis setara, sehingga jika ada rotasi kualitas permainan tak mengkhawatirkan.

“Tentu saya masih akan membuka kesempatan kepada pemain-pemain potensial yang ada di Indonesia dari Sabang sampai ke Marauke. Kami akan berkoordinasi dengan pelatih-pelatih, memasang mata, memasang telinga juga. Kalau perlu kami akan lihat Elite Pro Academy yang sedang berlangsung,” Fakhri menjelaskan.

Adapun posisi yang dibutuhkan Fakhri merata dari belakang hingga depan. Paling utama, Fakri membutuhkan sosok kiper berkualitas sebagai pesaing Ernando Ari Sutaryadi. Posisi bek tengah juga masih kekurangan kualitas andal, sama halnya dengan posisi bek kiri, yang dinilai belum sesuai ekspektasi.  

“Seperti penjaga gawang, kami hanya punya tiga penjaga gawang untuk seleksi. Ini tentu kurang kompetitif untuk penjaga gawang. Kami akan cari tambahan lagi. Kemudian di posisi belakang, kami butuh pelapis. Di tengah meskipun sudah cukup tangguh, saya masih butuh pemain lain. Kemudian lini depan juga masih kami perlukan,” kata Fakhri.

Skuat Indonesia akan kembali pulang ke Indonesia pada Selasa (20/8) pagi ini. Tim akan mulai berkumpul kembali pada awal September, karena akan menjajal kekuatan timnas Iran U-19 pada 4 dan 7 September. Adapun pemusatan latihan tim untuk Pra Piala Asia baru akan dilangsungkan pada pekan ketiga September.*ABDUL SUSILA

 

 


Baca Juga :
- Kenapa Suporter Filipina Memuji Indonesia sebagai Tuan Rumah Pra-Piala Asia U-16?
- PSSI Tidak Pernah Sedekat Ini dengan FIFA

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA