#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Rafinha Selalu Bisa Bangkit
20 August 2019 15:47 WIB
BARCELONA – FC Barcelona boleh saja merasakan hasil negatif pada pekan perdananya di La Liga 2019/20. Namun poin positif juga dicatatkan pada kekalahan 0-1 dari Athletic Bilbao, yakni pada penampilan Rafinha Alcantara. Sekali lagi, gelandang 26 tahun serba bisa itu membuktikan bahwa ia selalu bisa bangkit dari cedera parah yang menimpanya.

Ia sudah merasakan bagian paling pahit dalam sepak bola. Berbagai masalah fisik dialami dan tiga di antaranya adalah cedera parah: ligamen lutut anterior (2015/16 absen 44 laga dan 2018/19 absen 41), meniskus robek (2016/17, 38 duel). Akan tetapi hebatnya terus berhasil balik ke momen manis, seraya yang baru terjadi pada jornada 1.

Di kandang lawan, Stadion San Mames, Rafinha sejatinya bukan pilihan utama pelatih Ernesto Valverde. Cedera yang diterima Luis Suarez membuatnya mendapat peluang main, tepatnya sejak menit ke-37. Di atas lapangan, ia menunjukkan karakter, kualitas, dan ambisi, untuk memaksimalkan kesempatan yang ada.


Baca Juga :
- Messi Terima Sepatu Emas Keenam
- Rakitic Siap Angkat Koper

Ada empat tembakan yang dilepaskan dan salah satunya membentur tiang. Tiga umpan kunci dicatatnya, dari 48 operan yang dilakukan. Akurasi umpan 91,7 persen. Gelandang berdarah Brasil-Spanyol ini melakukan dua kali menggiring bola dan dua kali dilanggar. Sementara saat bertahan ada satu takel dan sekali melanggar lawannya.

Selain masalah cedera, faktanya adik dari Thiago Alcantara (Bayer Muenchen) ini memang selalu bisa bangkit dari masa sulit seperti saat harus “terbuang”. Dua kali masa peminjaman dirasakannya, dan dilakoni dengan sangat baik sehingga Barca tak pikir panjang untuk memulangkannya: Celta Vigo (2013/14), FC Internazionale Milano (2017/18).

Meski begitu, masa depan Rafinha di Los Azulgrana –julukan Barca– masih tidak jelas. Sepanjang bursa transfer musim panas ini, namanya memang santer dikabarkan ada dalam daftar jual klub. Namun hingga kini kepindahannya urung terjadi, meski telah banyak ketertarikan yang datang, teranyar sudah sangat dekat dengan Valencia CF.

Pasar Spanyol sendiri memang masih dibuka hingga 2 September nanti, atau segalanya masih bisa terjadi. Gelandang berkaki kidal ini hanya menyisakan kontrak semusim lagi (habis 30 Juni 2020), atau sudah bebas bernego dengan klub luar pada musim dingin nanti, dan bisa keluar secara gratis di musim panas mendatang.


Baca Juga :
- Zidane Pusing Dipusingkan Virus FIFA
- Fabian Krusial di Spanyol

Karenanya muncul pula spekulasi adanya perpanjangan kontrak untuknya di musim ini, sehingg tim asal Katalan “tak kecolongan” soal transfernya. Ada pula opsi kembali meminjamkannya. Namun melihat apa yang terus ditunjukkannya, Valverde pun kini terbuka untuk memertahankannya dalam skuat.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA