#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ada Sentuhan NBA di Real Mallorca, dari Papan Tengah Segunda B ke La Liga dalam Tiga Musim
20 August 2019 18:42 WIB
NAMA Real Mallorca pernah sangat dikenal di kancah tertinggi sepak bola Spanyol. Jadi kontestan La Liga sudah pasti. Pada 2003, Mallorca menjuarai ajang Piala Raja. Mereka mengalahkan Real Madrid di final. Saat itu, Mallorca masih diperkuat oleh Samuel Eto’o dan Ivan Campo yang sama-sama mencetak gol.

Mallorca sejak 1997-2013 berada di La Liga dengan segala cerita naik-turunnya. Namun, perjalanan mereka di kasta tertinggi sepak bola Spanyol terhenti pada akhir musim 2012/13. Mallorca terdegradasi setelah finis di posisi ke-18. Di Divisi Segunda, Mallorca tetap menderita.

Ada di papan bawah dan terdegradasi lagi ke Segunda B pada 2017/18. Di situ pun masih payah dan sempat berada di papan tengah Segunda B. Namun, saat itu Mallorca sudah dimiliki oleh Robert Saver, pemilik klub NBA Phoenix Suns. Bahkan, Saver sempat melihat Mallorca bertanding di lapangan sementara.


Baca Juga :
- Posisi Bagus! Ada Tiga Ganda Putra Indonesia di Perempat Final, Ada Siaran Langsungnya
- Masih Ada Ginting, Kalahkan Orang India tapi Ketemu India Lagi di Perempat Final

Jika bola keluar jauh, maka akan masuk ke kolam renang di dekat situ. CEO Mallorca, Maheta Molango mengisahkan bahwa Saver bilang Mallorca ini seperti tim sepak bola kampus di Amerika Serikat. Keraguan fan Mallorca terhadap Saver pun muncul. Soalnya, Saver tak paham soal sepak bola dan Mallorca berada di posisi yang sangat rendah.

Namun, Saver membuktikan dia punya sentuhan ajaib. NBA memang beda dengan sepak bola tapi setidaknya pengaruh itu ada. Selain keinginan kuat, Saver pun menggandeng Graeme Le Saux, eks pemain Chelsea sebagai penasihat klub hingga sekarang. Mulailah Mallorca bangkit.

Di musim itu pula, Mallorca peringkat satu di Segunda B dan promosi ke Divisi Segunda untuk musim  2018/19. Finis di peringkat kelima, Mallorca pun berjuang lewat jalur play-off dan akhirnya lolos. Promosilah mereka ke La Liga. Dari Segunda B ke La Liga hanya dalam waktu tiga musim.


Baca Juga :
- Animo Tinggi! Ada 25 Provinsi Ramaikan Cabor Panjat Tebing
- Susah Payah! Markus/Kevin Lewati Tiga Set Ketat demi Lolos ke Perempat Final

Kini, Mallorca sudah bersanding kembali dengan Real Madrid, Atletico Madrid, dan FC Barcelona di La Liga. Lazimnya tim promosi, Mallorca mungkin hanya memasang target bisa bertahan saja di La Liga. Optimisme itu pun membubung tinggi lantaran di laga pekan pertama La Liga, mereka menang lawan Eibar.

Menarik menantikan bagaimana perjuangan Mallorca di La Liga. Sejauh apa mereka melangkah dan bagaimana hasilnya di musim 2019/20 ini.*

BERITA TERKAIT

D
BarC4!
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA