#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Dianggap Konyol, Iklan Shopee dengan Ronaldo Mendadak Viral di Seluruh Dunia
21 August 2019 08:01 WIB
JAKARTA - Cristiano Ronaldo jadi bintang iklan, itu biasa. Sederet produk antre meminta penyerang Juventus itu membintanginya. Pemain asal Portugal itu memang punya magnet tersendiri.
 
Belakangan, Ronaldo diperkenalkan menjadi brand ambassador Shopee. Pengumuman terkait oleh raksasa e-commerce itu dilakukan pekan lalu.
 
"Saya bangga menjadi brand ambassador Shopee karena kami memiliki ambisi yang sama untuk menjadi yang terbaik di bidang masing-masing. Saya selalu meningkatkan permainan untuk penggemar dan tim, sama seperti Shopee yang terus berinovasi untuk memberikan manfaat bagi para penggemarnya," ujar Ronaldo.
 
Tetapi, kejutan yang paling besar ketika Ronaldo membintangi iklan terbaru Shopee dan melakukan Shopee dance, sebuah gerakan joget yang membuat brand e-commerce ini mendunia.
 
Aksi Ronaldo dalam iklan tersebut diawali dengan mencetak gol lewat tendangan bebas. Tapi, tak ada reaksi dari penonton. Mereka malah sibuk membuka aplikasi Shopee. Sejurus kemudian wasit memberikan kartu merah oranye berlogo Shopee.
 
Iklan yang diproduksi serentak di tujuh negara sejak 16 Agustus itu dihiasi dengan aksi Shopee dance yang terinspirasi dari lagu “Baby Shark”.
 
Video iklan ini menimbulkan reaksi beragam dari warganet. Banyak yang mem-bully Ronaldo lantaran aktingnya terlalu kaku dan dianggap ‘receh’.
 
Sebagai salah satu atlet internasional dengan bayaran terbesar di dunia, banyak yang menganggap kalau kemunculannya di iklan brand yang terkenal dengan kerecehannya ini mengejutkan.
 
Bukan hanya warganet Indonesia yang dikejutkan, tetapi netizen internasional pun ikut berkomentar, terutama pencinta sepak bola di seluruh dunia. Mereka turut menyumbangkan pendapatnya di kolom komentar YouTube, Twitter, dan bahkan membuat konten khusus untuk membahas iklan terbaru Shopee ini.
 
Celaan dan pujian dari seluruh penjuru dunia diarahkan bersamaan ke iklan Shopee ini, yang diluncurkan bersamaan dengan ulang tahun sang kompetitor, Tokopedia.
 
Tidak bisa dipungkiri lagi, iklan ini sukses menyita perhatian, bahkan menjadi bahan pembicaraan orang-orang di seluruh Indonesia dan juga belahan dunia lain. Di Twitter sendiri, tagar #ShopeeAdaRonaldo sempat menjadi trending topic, lho!
 
Ada juga perbincangan menarik di antara para netizen. Di kerumunan celaan itu, ada beberapa ‘ahli’ periklanan dan pemasaran yang menganggap iklan Shopee adalah langkah yang tepat untuk menarik perhatian publik.
 
Sementara beberapa ahli kreatif menganggap iklan Shopee ini seharusnya bisa dibikin lebih macho. Jika dilihat dari akun YouTube milik Shopee Indonesia, ternyata Shopee memang selalu membuat iklan tidak bisa diprediksi. Berbeda dari yang lain.
 
Semua iklan Shopee selalu menggunakan elemen kejutan yang tidak terduga, dari yang cuma nge-dance, hingga melibatkan orang yang mirip Presiden Jokowi, mendadak BLACKPINK, dan akhirnya giliran Cristiano Ronaldo tampil dengan aksi ‘receh’nya.


 
Seperti yang di-tweet oleh akun Twitter @GMS_Football di atas, iklan ini dianggap sebagai iklan terburuk yang melibatkan pemain sepak bola sepanjang masa.
 
Akun tersebut juga menyayangkan mengapa Ronaldo menyetujui konsep iklan yang seperti ini. Lain lagi dengan cuitan dari akun @manggalakurnia yang mengatakan bahwa iklan ini menghibur dan sukses menjadi viral karena telah berhasil membuat geger jagat sepak bola dunia.


Baca Juga :
- Ronaldo Berusaha Mencari Edna, Juru Selamatnya di Masa Perjuangan
- Intip Gestur Tubuh Ronaldo Terhadap Joao Felix


 
Sementara itu, di akun YouTube Shopee Indonesia, ada lebih dari 2.000 komentar yang datang dari netizen. Terlihat beragam pendapat menari-nari. Ada yang memuji keunikan CR7 saat bergoyang Shopee sampai membandingkan bintang iklan yang diproduksi antara Shopee dan perusahaan lain!


 
Tidak disangka, iklan ini juga mencuri perhatian dari berbagai media internasional. Buktinya, sekelas ESPN turut ikut berkomentar.
 
Reaksi di internet menunjukan bahwa iklan ini, bagaimanapun kamu membenci atau menyukainya, mendapatkan respons yang sangat besar. Seperti salah satu prinsip ilmu pemasaran atau periklanan, “all publicity is good publicity”, viral-nya iklan ini menunjukan betapa besar pengaruh Ronaldo, dan bagaimana Shopee menggunakannya dengan cara yang sangat mengejutkan. Lucunya, Ronaldo tampak menikmati goyangan-goyangannya! *

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA