#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Lorenzo Siap Kembali di Inggris
21 August 2019 13:45 WIB
MADRID - Pembalap Tim Repsol Honda, Jorge Lorenzo, bakal kembali mengaspal pada putaran ke-12 MotoGP 2019, di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (25/8).  Ini bakal menjadi penampilan pertama pria asal Spanyol itu  setelah mengalami kecelakaan yang membuatnya mengalami cedera retak tulang belakang ketika melakoni sesi latihan bebas di Sirkuit Assen, Belanda, 28 Juni lalu.

Akibat insiden tersebut, Lorenzo harus absen pada empat putaran. Selain GP Belanda, ia juga harus melawatkan GP Jerman (7 Juli), Ceko (4 Agustus), dan Austria (11 Agustus). Peristiwa tersebut juga membuat pembalap 32 tahun itu semakin terpuruk. Sejauh ini, Lorenzo memang masih kesulitan beradaptasi dengan tunggangannya, Honda RC213V.

Dari tujuh penampiannya sepanjang musim ini, Lorenzo belum pernah finis di posisi 10 besar. Pencapaian terbaiknya hanya finis di urutan 11. Ini terjadi ketika ia tampil pada GP Prancis, 19 Mei lalu. Pada penampilan terakhir, GP Katalunya, 16 Juni lalu sempat menunjukkan penampilan agresif dengan sempat berada di posisi tiga besar pada lap pertama.


Baca Juga :
- MotoGP Italia 2019 Bukan Zona Nyaman Marc Marquez
- Dovizioso Beruntung Bisa Turun di GP San Marino

Namun hal tersebut tak berlangsung lama. Pada lap kedua, Lorenzo mengalami kecelakaan yang membuat tiga pembalap lainnya, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi gagal finis. Dengan rangkaian insiden tersebut, Lorenzo kini telah siap untuk kembali mengaspal. Ia mengaku kondisinya telah pulih.

“Sangat bagus bisa kembali bersama Repsol Honda, sudah lama sekali sejak Assen. Saya ingin sekali tampil lebih cepat. Tetapi akibat cedera ini saya butuh waktu lebih lama. Saat jauh dari lintasan, saya bekerja keras agar segera pulih untuk Silverstone. Tapi, saya tahu butuh waktu untuk mengembalikan kecepatan,” kata Lorenzo, juara dunia MotoGP tiga kali (2010, 2012, 2015), Selasa (20/8).

Comeback Lorenzo di GP Inggris sangat dinantikan. Sebelumnya, pembalap yang lahir pada 4 Mai 1987 pernah memiliki kenangan manis di Sirkuit Silverstone. Tepatnya pada 2013 lalu, ketika ia sukses menjadi yang terdepan mengalahkan Marc Marquez setelah pertarungan sengit pada lap terakhir.

Namun setelah kemenangan tersebut, Lorezo belum pernah kembali menjadi yang terdepan di Sirkuit Silverstone. Pada 2014, ia hanya mampu menjadi runner-up usai kalah dari Marquez. Kemudian, ia belum lagi mampu naik podium. Kali terakhir, ia tampil di Silverstone pada 2017 lalu.

Ketika itu, ia menyelesaikan lomba di posisi lima. Adapun tahun lalu, GP Inggris dibatalkan karena cuaca buruk. “Saya siap kembali ke tim. Jadi kami bisa tetap membuat kemajuan dan meraih hasil yang kami tahu bisa diraih,” kata mantan pembalap tim pabrikan Yamaha dan Ducati itu.


Baca Juga :
- Inilah Penyebab Marquez Susah Dikejar
- Oliveira Bikin Tech3 Pusing

Adapun dengan serangkaian insiden yang terjadi musim ini, Lorenzo kini berada di urutan 19 klasemen sementara MotoGP dengan baru mengantongi 19 poin. Ia tertinggal jauh dari pemuncak klasemen yang juga rekan satu timnya, Marquez, yang telah mengoleksi 230 poin.*MUHAMMAD RAMDAN DARI BERBAGAI SUMBER

Hasil Finis Jorge Lorenzo di 11 Lomba MotoGP 2019
GP Qatar                    13
GP Argentina              12
GP Amerika Serikat   TIdak finis
GP Spanyol                12
GP Prancis                 11
GP Italia                     13
GP Katalunya             Tidak finis
GP Belanda                Absen
GP Jerman                 Absen
GP Republik Ceko      Absen
GP Austria                  Absen

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA