#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS
Akibat Tur Komersial Barca di Pramusim
22 August 2019 14:18 WIB
BARCELONA – Untuk pertama kalinya selama satu dekade terakhir, FC Barcelona mengawali La Liga dengan kekalahan. Mereka takluk di San Mames, kandang Athletic Bilbao. Hasil pahit seperti ini pernah dialami pada 2008/09, saat tim asuhan Josep Guardiola dikalahkan CD Numancia. Setelah itu, Barca selalu memulai kompetisi dengan kemenangan.

Start pahit ini pun memunculkan banyak spekulasi. Apalagi disusul dengan tumbangnya para pemain kunci. Mulai Lionel Messi, Norbeto Neto, Luis Suarez, dan teranyar Ousmane Dembele. Banyak yang meyakini kondisi ini merupakan efek pramusim aneh yang dilakoni Barca musim panas ini.  

Ya, dalam 25 hari, Ernesto Valverde dan anak buahnya harus melakukan perjalanan ke tiga benua (Asia, Amerika, dan Eropa). Mereka melakoni enam laga uji coba (empat kemenangan dan dua kekalahan), hingga akhirnya ada empat kasus cedera. Inilah konsekuensi komitmen komersial yang harus dilakukan klub untuk memperluas brand Barca.


Baca Juga :
- Sterling Calon Penerus Hegemoni Messi dan Ronaldo
- Badai Cedera Terburuk Barca dalam Lima Tahun

Agenda pramusim ini sebenarnya sudah pernah dikeluhkan Valverde 10 sebelumnya saat berada di Amerika Serikat (AS). “Kami harus beradaptasi dengan pramusim semacam ini,” ujarnya dengan jengkel sambil memperingatkan bahwa Bilbao akan lebih siap dibandingkan timnya di laga pembuka La Liga. 

Dan prediksi pelatih berjulukan Txingurri benar-benar terjadi. Barca kesulitan menjejakan langkahnya dan menerima akibatnya. Mereka kehilangan tiga poin karena gol spektakuler Aritz Aduriz.

Valverde bukan satu-satunya pelatih yang mengeluhkan tur komersial yang terpaksa dijalani timnya di pramusim. Pelatih Barca sebelumnya, Guardiola dan Luis Enrique juga juru taktik klub-klub elite Eropa lainnya sudah sering bersilang pendapat dengan klub terkait soal ini.

Memang benar cedera tidak dapat dikaitkan secara langsung akibat perjalanan jauh. Namun keletihan akibat terlalu lama menghabiskan waktu di pesawat jelas mempengaruhi fisik pemain. Persiapan singkat tidak baik bagi seorang pemain. Ini bisa dilihat dari kasus cedera Messi. Sang pemain menghabiskan waktu libur panjang di Ibiza dan begitu melakukan latihan pertama, otot betisnya langsung bermasalah. Hingga pekan ini, bintang Argentina itu masih berlatih terpisah.

 

Tiga Hari Libur

Untuk Neto, kiper anyar Barca ini mengalami retak tulang jari tangan. Suarez juga bermasalah dengan otot betis setelah bermain setengah jam melawan Bilbao dan absen tiga pekan. Penyerang Uruguay itu terlihat berlibur ke Tangier, Maroko, bersama istrinya yang menimbulkan banyak pertanyaan.


Baca Juga :
- MSG Belum Panas, Gagal Menciptakan Peluang Berbahaya di Dortmund
- Fati Bisa Mengancam Posisi Dembele

Dembele yang paling istimewa. Penyerang Prancis ini sudah mengalami nyeri di paha kirinya setelah laga di San Mames. Namun, dia mangkir tes medis dan menghabiskan akhirnya pekannya – ada yang menyebutkan di Prancis dan Senegal– tapi dibantah agennya. Pada latihan Senin, nyeri di hamstring kian terasa dan diapun menepi selama lima pekan. Valverde sendiri mengonformasi bahwa dirinya yang memberi libur tiga hari kepada para pemainnya setelah kekalahan dari Bilbao.*** DINI WULANDARI/CR5 DARI BERBAGAI

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA