#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Alisson Dikhawatirkan Bernasib Seperti Karius
22 August 2019 14:10 WIB
LIVERPOOL – Ini musim yang aneh bagi Alisson Becker di Liverpool FC. Hanya beberapa menit dari aksi perdananya setelah kembali dari latihan pramusim, kiper The Reds tersebut langsung gagal mengantisipasi umpan silang pemain-pemain Olympique Lyon dalam laga uji coba dan kebobolan gol penalti adalah konsekuensinya.

Selang beberapa hari, Alisson tampil starter dalam laga perdana Liga Primer 2019/20 di kandang Norwich City FC, Carrow Road. Sialnya, penjaga gawang asal Brasil itu terpaksa ditarik keluar sebelum jeda lantaran cedera betis. Hasil pemeriksaan tim medis memastikan dia harus istirahat selama empat hingga delapan pekan.

Yang kemudian menjadi sorotan adalah kedua insiden tersebut terjadi setelah Alisson mengubah nomor punggungnya, dari 13 menjadi 1. Kebetulan? Entah. Tetapi melalui penelusurannya, Liverpool Echo justru menunjukkan setiap pengguna jersey No. 1 di Liverpool selalu dibayangi kutukan selama beberapa dekade terakhir.


Baca Juga :
- Penggemar The Reds asal Timur Tengah Bisa Tenang Menonton Piala Dunia Klub 2019
- Wijnaldum Respons Rasialisme dengan Hattrick

Alisson mengambil alih “angka keramat” itu dari Loris Karius, yang kini menjalani tahun kedua masa pinjamannya di Besiktas JK. Kiper asal Jerman ini pindah ke Turki untuk membangun kembali kariernya menyusul dua blunder yang dibuatnya di final Liga Champions lawan Real Madrid CF di Kiev pada Mei 2018, membuat The Reds kalah 1-3.

Perlu diketahui bahwa jersey No. 1 tidak dikenakan oleh siapa pun selama setahun sebelum Karius bergabung ke Anfield pada musim panas 2016. Simon Mignolet, yang menjadi kiper reguler Liverpool dari 2013 hingga Karius tiba, lebih memilih nomor 22 sepanjang enam tahun pengabdiannya untuk klub Merseyside tersebut.

Brad Jones adalah pemilik seragam No. 1 Liverpool sebelumnya, mengenakannya antara periode 2010 dan 2014. Namun pada saat itu pun, kiper asal Australia tersebut hanya membuat 27 penampilan. Yang paling diingat adalah kemenangan di semifinal FA Cup atas Everton FC di Wembley pada 2012 dengan Pepe Reina dan Alexander Doni diskors.

Ada sosok Diego Cavalieri, kiper asal Brasil ketiga di Anfield, yang selama kurang lebih dua tahun menjalani peran sebagai kiper pelapis Reina. Pada awal kedatangannya, dia sempat mengenakan angka keramat itu, yang terakhir dikenakan oleh Jerzy Dudek. Namun, Cavalieri, yang tak pernah dimainkan lagi, itu menggantinya dengan nomor 25.

Dibanding Cavalieri, pelatih Liverpool saat itu, Roy Hodgson lebih menyukai Reina. Ia didatangkan sebagai pengganti Dudek yang mengenakan jersey No. 1 Liverpool antara 2002 dan 2007. Dengan nomor keramat itu, Dudek mampu memenangi Piala Liga dan Liga Champions 2004/05 sebelum bergabung ke Real Madrid CF.

Penampilan paling banyak Dudek dalam semusim terjadi pada 2001/02, yakni 49 laga di semua kompetisi. Saat itu kiper berkebangsaan Polandia itu memakai jersey No. 12 setelah bergabung di hari yang sama dengan Chris Kirkland, yang didatangkan dari Coventry City FC pada Oktober 2001.

Yang menarik, manajemen Liverpool merekrut Dudek dan Kirland setelah Sander Westerveld, kiper No. 1 mereka sejak tahun 1999, melakukan blunder fatal saat kalah di Bolton Wanderers. Walaupun telah memenangi treble musim sebelumnya, kiper asal Belanda tersebut pun harus angkat kaki dari Anfield.

David James, di awal kariernya yang panjang, dan Bruce Grobbelaar, yang akan segera menggantung sarung tangannya – merupakan satu-satunya penjaga gawang No. 1 Liverpool lainnya sejak diperkenalkannya nomor punggung pemain pada 1994 silam.


Baca Juga :
- Firmino Masih Punya Ambisi Besar untuk Liverpool
- Diincar Napoli, Gelandang Muda Genk Ini Malah Lebih Tertarik Gabung Liverpool

Performa brilian Alisson sepanjang musim lalu membantu Liverpool memenangi Liga Champions keenamnya, tak pelak menunjukkan bahwa dia menambah sejarah panjang klub tentang kiper fantastis. Namun, pemilihan jersey No. 1 tampaknya mengundang beberapa konsekuensi yang tak menyenangkan bagi para kiper itu.***NURUL IKA HIDAYATI

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA