#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Rossi Bertekad Rebut Podium di GP Inggris
22 August 2019 13:10 WIB
SILVERSTONE - Valentino Rossi menjadi pembalap yang memiliki rekor kemenangan terbanyak di Grand Prix (GP) Inggris, dengan delapan podium tertinggi di semua kelas. Tetapi, ia baru satu kali merasakan kemenangan di Sirkuit Silverstone, sejak MotoGP beralih dari Sirkuit Donington Park, pada 2010.

Sirkuit Silverstone memiliki karakter cepat dengan banyaknya tikungan panjang yang cocok dengan karakter motor Yamaha, YZR-M1. Rossi sendiri menegaskan bahwa itu menjadi salah satu trek favoritnya. Untuk itu, pembalap Tim Monster Energy Yamaha MotoGP akan berusaha meraih podium di sana pada perlombaan yang bakal digelar, Minggu (25/8).

“Saya mencintai Silverstone, itu merupakan salah satu dari lima trek terfavorit. Saya sangat menyukainya, karena trek memiliki karakter yang lawas. Sirkuit cukup panjang, jadi berlomba di sana seperti Anda sedang berpergian. Tapi juga cukup berteknik. Ketika Anda dapat melaju cepat, maka itu hal yang benar-benar bagus,” kata Rossi.


Baca Juga :
- Penggemar Rossi Cemooh Marc Marquez di Podium San Marino, tapi Pembalap Spanyol Itu Cuek
- Hasil Lengkap MotoGP San Marino: Marquez Ladeni Quartararo Sampai Lap Terakhir!

Tahun lalu, perlombaan di Sirkuit Silverstone harus dibatalkan karena kondisi cuaca dan trek yang tidak memungkinkan. Rossi pun berharap tahun ini cuaca bisa bersahabat dan lomba berlangsung dengan kondisi kering. Pasalnya, trek memiliki aspal baru yang belum pernah dicoba oleh seluruh pembalap MotoGP.

“Saya memiliki kenangan manis di sana, tapi semua bergantung pada cuaca. Berkendara di Silverstone pada kondisi cuaca yang buruk cukup menyeramkan. Karena Anda berkendara dengan kecepatan yang tinggi. Jadi, kami berharap memiliki cuaca yang sama seperti 2017, yang mana cuaca akhir pekan pada saat itu benar-benar bagus,” kata Rossi.

Aspal baru Sirkuit Silverstone digadang-gadang memiliki sistem drainase yang lebih baik dari tahun lalu. “Sepertinya mereka melakukan pekerjaan yang cukup baik pada aspal baru, dengan daya cengkeram lebih baik dan lebih sedikit gelombang. Jadi, saya cukup penasaran untuk mencobanya,” kata Rossi.

Rekan setim Rossi, Maverick Vinales mengatakan bahwa dirinya bakal memanfaatkan aspal bari Sirkuit Silverstone untuk memperbaiki kinerja YZR-M1. Pasalnya, motor Yamaha memiliki masalah pada daya cengkeram, terutama ban belakang. Vinales pun berharap masalah itu dapat teratasi di GP Inggris.

“Saya rasa ini trek yang sangat mendukung motor kami, dan kami dapat tampil kompetitif karena aspal yang baru. Kami mengharapkan daya cengkeram yang lebih baik dan pastinya itu sesuatu yang akan memberikan kami keuntungan. Kami juga berharap kondisi cuaca akhir pekan ini lebih baik,” kata Vinales.

Pembalap tim satelit Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo percaya diri dapat tampil baik di Sirkuit Silverstone. Pria asal Prancis itu menjadi pendatang baru yang kinerjanya diperhitungkan oleh banyak rival. Pasalnya, dalam lima putaran terakhir ia menjadi satu-satunya rider Yamaha yang konsisten bersaing di barisan terdepan.


Baca Juga :
- Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP San Marino: Tak Ada Marquez di Barisan Terdepan!
- Momen Valentino Rossi Naik Motor MotoGP dari Kampung Halaman ke Sirkut Misano

“Perlombaan di Silverstone akan bagus bagi kami karena trek yang benar-benar cocok dengan motor Yamaha, YZR-M1. Kami tak bisa tiba di sini dengan situasi lebih baik lagi setelah finis di podium di GP Austria. Tapi menyenangkan bisa memiliki sedikit waktu untuk istirahat dan berlatih sejak perlombaan terakhir,” kata Quartararo.

Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli berharap gelombang yang dibuat oleh mobil-mobil Formula 1 (F1) akibat efek downforce di Sirkuit Silverstone benar-benar hilang. “Mari kita lihat apakah aspal baru memiliki daya cengkeram yang lebih baik dan apakah gelombang yang ada sudah diperbaiki. Pasalnya F1 lebih dulu berlomba di sirkuit ini pada awal tahun,” kata Meregalli.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA