#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS
Krisis Pemain, Persib Hanya Andalkan Esteban Vizcarra di Depan saat Tandang ke Lampung
23 August 2019 13:51 WIB
BANDUNG – Di atas kertas Persib Bandung sebenarnya lebih unggul dibanding Perseru Badak Lampung FC. Tapi, apa boleh buat, kondisi Persib justru lebih merana dibanding calon lawan yang akan dihadapinya itu Minggu (25/8). Saat melawat ke Bandar Lampung, tim asuhan Robert Rene Alberts akan kehilangan lima pemain penting.

Empat di antaranya sudah diketahui sejak pekan lalu yakni Ezechiel N'Douassel, Febri Hariyadi, Gian Zola, dan Frets Butuan. Kemudian satu lagi baru menyusul yakni gelandang senior Hariono, yang mendapat sanksi tambahan dari Komisi Disiplin PSSI dalam rilisnya Kamis (22/8).

Hariono dinilai bertindak tidak sportif saat Maung Bandung menjamu Borneo FC di Stadion Si Jalak Harupat, 14 Agustus lalu. Pemain yang absen belum termasuk dua pemain asing, Rene Mihelic dan Artur Gevorkyan yang tidak mungkin bermain karena sudah tercoret. Sedangkan di lini serang, praktis hanya Esteban Vizarra yang paling mumpuni.


Baca Juga :
- Alasan Robert Alberts Masukkan Ezechiel N'Douassel hingga Persib Seri
- Gagal Membela Persib Musim Ini, Masih Ada Kesempatan untuk Fabiano Musim Depan

Selain itu, secara kondisi Persib juga kurang beruntung karena baru saja menjalani perjalanan jauh dibanding Perseru. Artinya, menjadi tugas berat bagi pelatih Robert Rene Alberts untuk menyiasati krisis pemain ini.

"Pertama yang harus kami lakukan adalah membuat skenario agar semua kekurangan itu bisa diatasi. Kami masih ada beberapa pemain lain, dan  saya yakin mereka bisa menggantikan dengan baik peranan pemain-pemain inti yang absen," ucap Robert, Kamis (22/8) di sela latihan tim di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

"Kami juga harus waspada karena Perseru sedang bangkit, jadi selain membuat skenario baru, kami juga harus meningkatkan mental tanding pemain. Sebab ini merupakan laga penting bagi kami maupun lawan. Tapi saya tetap optimistis karena saya punya banyak pilihan pemain," ujar pelatih asal Belanda itu.

Bagi Persib memang wajib menang untuk memperbaiki posisi sekaligus mengakhiri paceklik kemenangan. Namun terpenting kata Robert, timnya harus  bisa keluar dari kondisi sekarang.

"Situasinya memang sulit, tapi apa pun itu kami harus bangkit. Kami harus tunjukkan bahwa kami bisa membangun tim lagi karena sepak bola butuh perjuangan, " pelatih 64 tahun itu menambahkan.

Soal skenario dan siapa saja yang jadi pemain pengganti, Robert menegaskan,  itu akan terlihat dari persiapan terakhir Jumat ini sebelum bertolak ke Lampung. "Saya sudah siapkan 18 nama yang siap tampil di Lampung, di antaranya Beckham Putra Nugraha. Lengkapnya kita lihat saja nanti," ujar Robert.

Menariknya, mantan pelatih PSM Makassar itu juga akan mengajak tiga pemain asing barunya yakni Nick Kuipers, Kevin Van Kippersluis, dan Omid Nazari ke Lampung. “Tapi ketiganya tidak bermain. Mereka hanya akan menyaksikan pertandingan kami lawan Perseru,” kata Robert. Bek asing Bojan Malisic juga dibawa dan akan diturunkan untuk kali terakhir.

Menghadapi Perseru merupakan satu dari dua pertandingan sisa Persib sebelum mengakhiri putaran pertama Liga 1 2019. Supardi Nasir dan kawan kawan akan menutup putaran pertama dengan menjamu PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, 30 Agustus.*Arief Nugraha K

Skuat Persib ke Lampung

Kiper: I Made Wirawan, M Aqil Savik

Belakang: Indra Mustafa, Achmad Jufriyanto, Bojan Malisic, Supardi Nasir, Ardi Idrus, Henhen Herdiana, Zalnando


Baca Juga :
- Mental Tanding Buruk, Penyebab Persib Gagal Taklukkan Semen Padang
- Persib Ditahan Semen Padang 1-1

Tengah: Abdul Aziz Luthfi, Kim Jeffrey Kurniawan, Erwin Ramdani, Dedi Kusnandar, Ghozali Muharram Siregar, Beckham Putra Nugraha, Agung Mulyadi

Depan: Esteban Vizcarra, M Wildan Ramdani

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA