#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Cerita Beckham Putra Nugraha saat Membela Merah Putih Kali Pertama, Ada Tangisan
23 August 2019 15:05 WIB
BANDUNG – Beckham Putra Nugraha sudah kembali berlatih bersama Persib Bandung, Kamis (22/8) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api setelah memeperkuat timnas U-18. Gelandang muda ini tampak begitu bersemangat selama menjalani latihan.

Maklum, namanya disebut-sebut oleh pelatih Robert Rene Alberts sebagai salah satu dari 18 pemain yang akan di bawa ke Lampung. Sesuai jadwal, Maung Bandung akan bertandang ke Stadion Sumpah Pemuda Bandar Lampung, Minggu (25/8), dalam lanjutan Liga 1 2019 melawan Perseru Badak Lampung.

“Saya siap diturunkan lawan Perseru jika dipercaya oleh pelatih. Saya dalam kondisi fit,” kata Beckham, usai latihan. Gelandang serang 17 tahun ini mengaku sudah melupakan kegagalan timnas U-18 menjuarai Piala AFF U-18 2019 setelah ditekuk Malaysia di semifinal, dan kini fokus membela Persib.  


Baca Juga :
- Persib Maksimalkan Persiapan untuk Jadwal Padat
- Pemain Persib Hormati Djanur yang Sekarang di Barito Putera

Ia menceritakan suasana ketika Indonesia takluk 3-4 dari Malaysia pada masa perpanjangan waktu. Sebagai manusia biasa, Etam, sapaan akrab Beckham, mengaku sempat terpukul. Tikaman timnas Malaysia menusuk ulu hatinya. Tangis dan air matanya sempat tertumpah.

"Tapi setelah kecewa mulai reda, saya berpikir, ini semua proses menuju pendewasaan. Jalannya sudah on the track. Hanya dramanya yang berbeda. Saya dan teman-teman, tidak bisa mengelak," kata pencetak gol terbanyak Liga 1 U19 2018 lalu.

"Lagipula, yang namanya sepak bola, ada menang dan kalah. Menangis dan kecewa tidak mengubah apa pun. Hanya optimisme yang tinggi yang bisa mengembalikan kejayaan kita. Toh saya masih muda. Masih banyak kesempatan mengisi masa depan," ujar jebolan Diklat Persib itu.

Soal kenangan lain yang paling membekas di ajang itu, Etam menyebut dua gelar pemain terbaik di semifinal dan perebutan tempat ketiga yang didapatkannya. Tapi, ia tidak pernah memprioritaskan gelar pribadi. Kepentingan tim yang utama dan segalanya.


Baca Juga :
- Djadjang Nurdjaman Penjinak Maung Bandung, Robert Rene Alberts Tidak Peduli
- Skuat Persib Akan Merotasi Pemain

"Jatuh bangun bersama. Senang sedih barengan. Itu lebih nikmat ketimbang tertawa sendiri. Apalagi gelar itu cuma hiburan. Bukan yang dituju. Tapi, penghargaan itu harus jadi spirit untuk ke depan. Bahwa awal yang baik, niscaya akan berakhir dengan kegembiraan yang luar biasa," ujar pemuda kelahiran Bandung, 29 Oktober 2001, itu.

Timnas U-18 akhirnya hanya meraih posisi ketiga. Tapi buat Beckham pribadi, prestasi itu sudah luar biasa. Pertama kali berseragam Merah Putih, langsung bisa naik podium. "Maunya sih juara. Tapi rezekinya baru peringkat tiga. Disyukuri aja pemberian Tuhan,” katanya.*Dani Wihara

loading...

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA