#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Kostum Pendulang Uang
23 August 2019 06:13 WIB
MILAN – Kostum tim sepak bola sekarang mirip seperti patchwork (kombinasi jahitan kain perca). Hal ini mungkin membuat Teofilo Sanson tersenyum. Sekira empat dasawarsa lalu, dia mencoba mendobrak aturan dengan memasang logo es krim di celana skuat Udinese Calcio. Kebetulan selain jadi bos di perusahaan es krim, dia juga mengepalai skuat Le Zebrette.

Baru pada 1981, Lega Calcio membuat terobosan. Mereka mengizinkan penempatan simbol sponsor di kostum. Sejak saat itu, transformasi tidak bisa dibendung. Di musim 20104/05, logo kedua diperbolehkan dipasang di bagian depan. Sekira 10 tahun berikutnya, logo sponsor di bagian belakang diperkenalkan.  Kemudian pada musim 2018/19, bagian lengan kiri jadi sasaran pengiklan. Sekarang siap timbul logo keempat di kotum tim.

Bisa dipahami kenapa Lega memberi lampu hijau. Konon kostum bisa jadi salah satu pendulang uang. Pemasukan yang didapat dari logo sponsor di kostum musim 2019/20 bisa mencapai 116 juta euro (sekira Rp1,8 triliun), lebih banyak dua juta euro ketimbang musim lalu. Namun angka tersebut hanya 25 persen dari yang didulang Liga Primer.


Baca Juga :
- Verona Membangun Bungker Kuat di Seri A
- Skuat Napoli Akhirnya Setuju Melakukan Pemusatan Latihan

Sejauh ini ada 50 markah yang terpasang di jersey berbagai klub Seri A. Sebanyak 15 tim memastikan kehadiran sponsor utama. Ada 4 skuat tanpa sponsor primer: Genoa CFC, SS Lazio, UC Sampdoria dan SPAL. I Biancocelesti harus melepaskan 7 juta euro dari Marathonbet, disebabkan pelarangan publikasi untuk perusahaan judi.

Menariknya pendapatan tertinggi dari penaja tidak didapatkan tim raksasa. US Sassuolo yang merajai kategori ini berkat kontrak jangka panjang dengan Mapei, 18 juta euro. Setelah itu baru ada klub besar: Juventus FC (17 juta euro), AC Milan dan AS Roma (14), FC Internazionale (10,5) dan SSC Napoli (9).

Si Nyonya Besar ingin mengulang kerja sama dengan Adidas berkat dampak Cristiano Ronaldo. Merek mengupayakan  pembaruan komitmen dengan Jeep yang memberikan 17 juta euro pasti ditambah bonus 1 juta euro untuk Scudetto, 1 juta euro untuk masuknya tim ke Liga Champions dan 1 juta euro untuk perempat final. Pirelli dapat menjamin bonus tinggi tapi Inter menginginkan lebih. Sementara Roma telah berhasil menyusul Milan (dengan kontrak yang akan jatuh tempo dengan Emirates) dengan Qatar Airways-Hyundai.


Baca Juga :
- Misi Membajak Donnarumma
- Milan Berencana Melepas Tiga Pemain untuk Mendanai Operasi Mercato Ibra

Jersey ACF Fiorentina memiliki nilai 6,5 juta euro, menempati peringkat ketujuh di Seri A. Atalanta BC dan Torino FC mengekor dengan 5 juta euro, sedangkan Cagliari Calcio mengumpulkan 4 juta euro. Ketiga klub terakhir telah mengisi semua spot yang disediakan.

Skuat promosi US Lecce menggandeng sponsor utama sementara Brescia Calcio mendapat 2 juta euro dari dua partner. Tim gurem mengincar sponsor di lengan. ‘Kue’ ini diabaikan tim besar.* Dari berbagai sumber

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA