#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ada Kemungkinan Wakil eSports SEA Games Tidak Semuanya Berangkat, Begini Tanggapan IeSPA
24 August 2019 15:55 WIB
JAKARTA – SEA Games 2019 akan menjadi tonggak sejarah bagi para pecinta serta penggiat eSports. Pasalnya, kompetisi profesional video game ini untuk pertama kalinya akan dipertandingkan sebagai cabang olahraga yang memperebutkan medali.

Walaupun di Asian Games 2018 lalu, eSports sudah dipertandingkan, status mereka hanya sebatas olahraga eksibisi. Para atlet yang berlaga memang mendapatkan medali, namun medali tersebut tidak masuk ke hitungan perolehan medali.

Di SEA Games yang akan berlangsung November mendatang, aka nada 6 gim yang dipertandingkan. Gim tersebut adalah Dota 2, Starcraft 2, Hearthstone, Mobile Legends, Arena of Valor dan Tekken 7.


Baca Juga :
- Eksebisi Esports di POMNAS 2019 Diikuti 6 Provinsi, Gim yang Dimainkan FIFA 19
- EA Sports dan Jesse Lingard Luncurkan FIFA 20 Edisi Spesial ‘JLingz’

Indonesia pun sudah bersiap untuk berlaga di ajang eSports SEA Games 2019. Rangkaian pelatnas pun sudah dijalankan, demi memenuhi target di SEA Games.

Namun, beredar kabar bahwa Indonesia tidak akan bisa memberangkatkan semua wakil eSports untukk SEA Games 2019. Iitu karena keputusan untuk memberangkatkan atlet sepenuhnya berada di tangan Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

“KOI sebagai lembaga resmi yang bisa memberangkatkan atlet untuk menjajal turnamen multievent seperti ini, mereka pasti memiliki pertimbangan-pertimbangan,” ucap William Cahyadi, wakil ketua umum Indonesia eSports Association (IeSPA).

“Mereka tentu akan memetakan kekuatan eSports kita, kita tuh kuat di mana. Jika misalkan kita rata nih, kita memberangkatkan keenam wakil tapi semua menjadi lemah, performanya tidak maksimal, itu kan percuma kalau memberangkatkan keenamnya.”


Baca Juga :
- Ini Pemain-pemain Muda yang Mendapatkan Peningkatan Rating Terbesar di FIFA 20
- Menristekdikti Manfaatkan POMNAS untuk Populerkan eSport

“Lain halnya kalau misalkan kita kuat di 4 gim saja, tentu mereka akan fokus di 4 gim itu, itu yang kita tangkap dari pembicaraan dengan mereka kemarin-kemarin sih,” jelas William.

eSports di SEA Games 2019 sendiri dijadwalkan akan dipertandingkan di pekan terakhir pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut. ***

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA