#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Pilihan Sulit Indra Sjafri, Antara Eks Indonesia U-19 atau Striker Tajam
29 August 2019 11:28 WIB
YOGYAKARTA – Dalam regulasi SEA Games 2019 di Filipina, untuk cabang olahraga sepak bola, setiap kontestan diperkanankan mendaftarkan dua pemain yang usianya di atas 23 tahun. Pelatih timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri, mengaku sudah memantau sejumlah pemain senior untuk memperkaut tim asuhannya.

Untuk fase awal, Indra akan mendaftarkan lima nama pemain senior dalam daftar entry by name SEA Games 2019. Namun, Indra mengatakan, saat ini dirinya punya 10 nama yang sudah masuk dalam radar. Dari 10 nama tersebut semuanya punya kans sama, namun ia menolak membeberkan nama-nama yang dimaksud.

Akan tetapi, beredar kabar, nama lima pemain yang akan didaftarkan adalah bek Persebaya Hansamu Yama Pranata, gelandang serang Barito Putera Evan Dimas Darmono, striker Madura United Alberto “Beto” Goncalves, pemain serba bisa Bali United Stefano Lilipaly, dan striker PS Tira Persikabo Osas Saha.


Baca Juga :
- Hasil Semifinal Liga 1 Putri Belum Jelas, Tira Persikabo Kartini Hentikan Program Latihan
- Target Awal Bintang Timur Surabaya Tercapai

Hal tersebut dibenarkan Manajer timnas Indonesia U-23 AKBP Sumardji. Menurut pria yang juga menjabat sebagai manajer tim Bhayangkara FC itu, Evan Dimas dan Hansamu Yama jadi yang terdepan karena keduanya sudah dikenal dengan baik oleh Indra. Satu nama lainnya, kemungkinan besar merupakan sosok striker.

“Yang sudah kami pantau bersama-sama dengan tim pelatih, ada Evan Dimas, belakang ada Hansamu Yama, terus depan ada Osas (Saha), Beto (Goncalves), dan Lilipaly (Stefano). Dari nama-nama itu sampai saat ini kami bersama dengan coach Indra Sjafri selalu memonitor,” kata Sumardji kepada TopSkor, kemarin.

Sumardji menambahkan, skuat Garuda Muda membutuhkan pemain senior sebagai penyeimbang tim. Pemain-pemain tersebut diharapkan bisa memberikan suntikan motivasi. Adapun opsi yang kini mengemuka adalah bakal memanggil ke tiga pemain dengan komposisi geladang-striker, bek-striker, atau striker seluruhnya.

“Pastinya itu yang kami butuhkan adalah striker dan playmaker. Kan kami memang benar-benar membutuhkan seorang striker yang bisa membobol gawang lawan sebanyak-banyaknya. Kalau kami lihat duet antara Nurhidayat dan Andy Setyo sudah cukup bagus, tapi kami akan melihat perkembagannya seperti apa,” ucap Sumardji.

Siapkan Kejutan

Sementara itu, pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-23 di Lapangan Yogyakarta International School, berlangsung semakin intensif. Indra bahkan mengaku sudah  bisa melakukan penilaian siapa saja pemain yang dianggap cocok dengan karakter permainan yang akan ia kembangkan.

“Dari 26 pemain pada TC kali ini, sudah ada gambaran siapa yang masuk dalam 40 pemain untuk didaftarkan dalam entry by name SEA Games 2019. Kami akan lihat hingga hari terakhir," kata Indra, Rabu (28/8). Pria asal Padang itu menambahkan, pada hari terakhir TC, akan ada internal game untuk menakar pemahaman taktikal pemain.


Baca Juga :
- Dua Pemain Timnas U-22 Indonesia Sudah Bergabung dalam Latihan Persebaya
- Ditarik Juara Liga Malaysia, Eks Pelatih Fisik Timnas U-19 Tidak Sulit Beradaptasi di Kota Sabah

Pemahaman yang dimaksud adalah bagaimana pemain mengaplikasikan format team defending dan team attacking dalam pertandingan sesungguhnya. “Kami akan instruksikan pemain untuk mengimplementasikan apa yang sduah saya sampaikan pada pertandingan internal,” eks pelatih Bali United itu menjelaskan. 

Selanjutnya pada Minggu (1/9) mendatang, Indra sudah akan memanggil 30 pemain terbaik dari seluruh hasil seleksi sejak beberapa bulan lalu. Menurutnya, dalam daftar tersebut ada sejumlah kejutan. Kemungkinan kejutannya adalah ada nama-nama yang sebelumnya tak diperhitungkan malah masuk proyeksi.*** Sumargo Pangestu/Sri Nugroho

loading...

BERITA TERKAIT

news
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA