#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Fokus Internal Gim, Timnas Pindah ke Jakarta
30 August 2019 13:38 WIB
BOGOR - Sepekan lebih timnas senior Indonesia menjalani pemusatan latihan di Stadion Pakansari, Bogor untuk persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Banyak perkembangan yang dirasakan tim kepelatihan dari skuatnya jelang menghadapi laga Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada 5 September mendatang.

Dalam TC di Bogor, timnas juga sudah melakoni dua laga uji coba. Uji coba perdana Evan Dimas dan kawan-kawan berhasil menggasak klub dari liga 3, Persika dengan skor 4-0 dan Rabu (28/8) kemarin, kembali timnas berhasil memenangkan laga melawan Bhayangkara FC dengan skor 2-0.

Namun, pelatih timnas Simon McMenemy harus mengatur jadwal latihan dan uji coba dengan baik. Pasalnya, para pemain timnas hadir dalam kondisi kelelahan menjalani kompetisi di Liga 1 dengan jadwal yang sangat padat.


Baca Juga :
- Timnas U-16 Akan Menggelar Trofeo di Solo
- Dua Pemain Muda Indonesia Direkrut Tim Spanyol

“Saya mengerti pemain juga butuh penyeimbangan dalam kondisi fisik yang bagus karena mereka selama putaran pertama sudah lelah dengan jadwal Liga 1 yang padat. Mereka juga harus mempunyai pikiran yang bersih dengan istirahat yang cukup untuk menjalani TC ini dengan baik,” ujar Simon.

Simon juga mengaku selama TC di Bogor semua berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Menurutnya tanggung jawab sebagai pelatih timnas juga tidak hanya sekadar menciptakan tim yang solid, namun juga menjaga kondisi pemainnya dengan baik, karena pada dasarnya semua pemain yang dipanggil dalam TC ini akan kembali ke klub masing-masing. Jadi sebisa mungkin ketika ia memanggil pemain dengan keadaan baik, memulangkan pemain ke klub juga harus dalam keadaan yang baik.

“Dalam TC di Bogor ini saya selalu mengingatkan pemain untuk komunikasi dengan baik oleh tim pelatih, mereka harus selalu sharing mengenai perkembangan kondisi fisiknya selama menjalani TC. Artinya saya tidak ingin memaksakan pemain, seperti Otavio Dutra yang pada laga uji coba kemarin merasa kurang enak badan, saya tidak memaksakan memainkan dia, karena kebugaran fisik pemain penting untuk menjalani laga sebenarnya nanti,” ujar Simon.

Setelah menjalani uji coba melawan Bhayangkara FC dengan kondisi fisik yang cukup terkuras karena bermain dengan keadaan hujan. Hari ini (kemarin) timnas senior menutup pemusatan latihan di Bogor dengan hanya melakukan recovery pemain.


Baca Juga :
- Adik Ipar Iwan Bule Bakal Jadi Wakil Sekjen PSSI
- Prestasi Shin Taeyong, Investasi Miliaran Dolar Korea, dan Perluasan Pasar K-League 2020

Ke depan Simon dan para pemainnya berencana kembali berlatih di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan. Pada TC di Senayan ini, Stefano Lilipaly dan Andik Vermansah dipastikan akan bergabung bersama tim.

“Hari ini (kemarin) semua pemain akan kembali ke Jakarta, saya rasa tidak ada lagi uji coba yang akan dilakukan. Saya hanya menunggu semua pemain berkumpul dan nanti di sana kami hanya akan melakukan internal gim saja. Saya tidak ingin terlalu banyak melibatkan pemain dalam situasi pertandingan karena mereka juga sudah banyak bertanding di liga,” ujar Simon.***NIZAR GALANG GANDHIMAR

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA