#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Menguji Ceballos
30 August 2019 12:02 WIB
LONDON – Dani Ceballos memang memberikan warna baru bagi kekuatan Arsenal pada 2019/20. Bintang asal Spanyol ini selalu tampil dalam laga Liga Primer yang sejauh ini sudah tiga pertandingan berjalan. Kehadiran Ceballos memberikan ancaman bagi dua pemain yang memiliki karakter sebagai playmaker: Mesut Oezil dan Henrikh Mkhitaryan. Kehadirannya pun mulai mendapat tempat di hati pendukung The Gunners.

Seorang fan The Gunners, contohnya, memperlihatkan kekagumannya ketika mengenakan kaus Arsenal dengan nama gelandang 23 tahun tersebut. Namun, nama yang tertulis di punggung fan tersebut salah pengejaannya. Bukan Ceballos yang terbaca melainkan yang tertulis adalah “Cabellos”. Momen itu pun tidak luput dari perhatian penyerang Arsenal, Alexandre Lacazette, yang langsung menyebarkan foto sang fan melalui media sosial pribadinya dengan  komentar: “Cabellos, New Player”, disertai dengan emoji tertawa.

Unggahan Lacazette kemudian mendapat respons dari Ceballos sendiri dengan memperlihatkan foto dirinya yang menutup kedua mata dengan tangannya. Ya, itulah satu dari cukup banyak momen terkait mantan pemain Real Madrid tersebut dalam kariernya di tim asuhan Unai Emery. Faktanya, Ceballos kini sudah memiliki fan di Arsenal. Dan, tentu jika dia terus bermain mengesankan dalam laga selanjutnya, akan semakin banyak pendukung Arsenal yang akan memburu kaus dengan nama di punggungnya di Arsenal Store.


Baca Juga :
- Liga Inggris Dominasi, Barcelona 9, Madrid 8 Pemain
- Fenomena Kata Kunci Streaming Liga Inggris di Mesin Pencari

Ceballos, memang menjadi salah satu back bone dari kekuatan baru The Gunners musim ini. Setidaknya, demikianlah dari tiga laga terakhir yang telah dilalui klub asal London Utara ini. Emery selalu menurunkan Ceballos. Yang pertama tampil sebagai pemain pengganti pada pekan pertama ketika Arsenal mengalahkan Newcastle United, 1-0. Sedangkan pada laga kedua lawan Burnley, Ceballos tampil sebagai starter.

Pada laga tersebut tampaknya yang membuat pendukung Arsenal menyukai pemain timnas Spanyol ini. Pasalnya, dalam kemenangan 2-1 tersebut, Ceballos yang memberikan assist untuk gol Arsenal yang masing-masing diciptakan Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang. “Saya sangat senang dapat berperan untuk tim saya. Saya berharap bisa selalu bermain bagus dalam setiap pertandingan,” kata Ceballos, terkait penampilannya dalam dua laga awal tersebut, setelah mengalahkan Burnley.

Namun, tidak semua keinginan sesuai harapan. Momentum dua kemenangan yang diraih Arsenal gagal ketika menghadapi Liverpool, pekan lalu. Bahkan, Arsenal sempat kemasukan tiga gol sebelum mereka memperkecil ketertinggalan lewat gol Lucas Torreira. Kekalahan tersebut pun membuat Ceballos tidak luput dari kritik. Dalam pertandingan tersebut, Ceballos tidak memperlihatkan permainan terbaiknya bahkan ditarik keluar pada menit ke-61.

Karena itulah, laga selanjutnya, menghadapi Tottenham Hotspur yang akan digelar di Stadion Emirates, Minggu (1/9), akan memberikan tantangan bagi Ceballos. Pertandingan bertajuk Derbi London Utara ini menjadi laga yang harus dimenangkan. Selain dibalut gengsi, Emery harus segera mengembalikan kembali timnya ke jalur kemenangan.

Karena kekalahan dari Liverpool itulah, ada kemungkinan Emery akan merombak lini tengah timnya. Dan, tidak menutup kemungkinan Ceballos akan terkena dampaknya. Dalam hal ini, pemilik nomor 8 di Arsenal ini bisa jadi akan kembali ke bangku cadangan. Namun demikian, kemungkinan Emery tetap memberikan kepercayaan kepada Ceballos pun sangat besar.

“Jika Ceballos memang diturunkan, dia akan menjadi ancaman besar bagi Tottenham. Pertahanan Spurs harus mewaspadai pergerakan pemain ini,” kata mantan pemain Tottenham, Mohamed Ali Amar atau yang dikenal dengan Nayim. Pria yang bermain dalam 144 laga Liga Primer dan menorehkan 18 gol (1988-1993) ini menilai Ceballos merupakan pemain yang pintar, mampu mengatur permainan, dan juga memiliki inisiatif dalam membantu tim ketika kehilangan bola.


Baca Juga :
- Derbi Krusial
- El Mago City

Emery memang melakukan perubahan pada musim ini khususnya dari segi pola. Dengan 4-3-1-2, Emery menempatkan Ceballos sebagai pemain di belakang duet lini depan Aubameyang dan Lacazette. Pola yang sama pun digunakan Emery saat lawan Liverpool. Perbedaannya di lini depan, Emery menurunkan Nicolas Pepe dan mencadangkan Lacazette.

Kini, tidak menutup kemungkinan bahwa Emery akan menurunkan trio di lini depan: Pepe, Lacazette, dan Aubameyang sedangkan di tengah, Ceballos akan mendapatkan dukungan dari Torreira dan Granit Xhaka. Pilihan lainnya jika Ceballos di tempatkan sebagai cadangan, Emery tentu akan memilih Joe Willock tapi dengan pola 4-2-3-1.* Irfan Sudrajat
 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA