#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS
Zidane Belum Juga Menemukan Formula Pakem di Madrid
04 September 2019 14:44 WIB
MADRID – Pertanyaan besar sedang diarahkan kepada Zinedine Zidane. Pelatih Real Madrid ini belum membuat timnya tampil meyakinkan setelah La Liga bergulir tiga jornada. Zidane bahkan terkesan tidak jelas dan membuat para pemainnya bingung dengan formasi yang berganti-ganti setiap pekannya. Sangat terlihat bahwa juru taktik asal Prancis ini kesulitan menemukan formula pakem untuk timnya.

Sejauh ini, Zidane telah mengunakan tiga skema berbeda dengan tiga tim berbeda pula. Dia tidak mengulang starting 11 yang sama dan telah memainkan 17 pemain starter berbeda. Badai cedera yang menghantam skuatnya bahkan tidak bisa membantunya menentukan 11 pemain inti. Akibanya, penampilan tim berjulukan Los Blancos ini pun makin memprihatinkan.

Zidane memulai musim dengan skema 4-3-3 saat menang 3-1 atas Celta Vigo di Stadion Municipal de Balaidos. Di laga itu, Alvaro Odriozola mengisi kanan pertahanan yang ditinggalkan Dani Carvajal lantaran sanksi. Bersamanya ada Raphael Varane, Sergio Ramos, dan Marcelo Vieira. Mereka tidak kesulitan meraih kemenangan meski bermain dengan 10 pemain selama 1,5 jam akibat Luka Modric dikeluarkan wasit.


Baca Juga :
- Casemiro-Valverde Tak Terhancurkan di Lini Tengah Madrid
- Odegaard Tatap Laga di Bernabeu

Meskipun mendapatkan hasil positif, Zidane tetap bereksperimen saat melawan Real Valladolid. Pelatih kelahiran Marseille itu mencoba formasi 4-2-3-1. Absenya Modric mendorong James Rodriguez tampil perdana. Bersama Isco Alarcon, mereka didapuk sebagai pengontrol permainan, disokong dengan Kroos dan Casemiro.

Formula tersebut berjalan dengan baik, khususnya dalam sisi permainan, tetapi Madrid kesulitan melakukan hentakan di babak pertama. Masalah fisik yang diderita Isco dan James memaksa Zidane melakukan dua perubahan dan mengganti skema menjadi  4-4-2, dengan memasukan Luka Jovic dan Benzema di depan, serta Vinicius Junior dan Bale di sayap. Hasilnya, Madrid kehilangan kendali hingga Valladolid menyamakan kedudukan yang membuat laga berakhir imbang (1-1).

Perubahan sistem tersebut meninggalkan rasa jengkel di kalangan suporter Madrid, Dan cederanya Isco serta James membuat Zidane kembali memasang 4-4-2 ketika melawan Villarreal CF. Dengan formasi tersebut, pelatih yang akrab disapa Zizou tersebut menempatkan Casemiro dan Kroos di poros ganda serta Lucas Vazquez dan Bale di sisi samping. Sementara di depan ada Jovic dan Benzema.

Perjudian yang dilakukan ini sangat beresiko dan hasilnya pun tak berhasil (2-2). Madrid tak bisa menguasai pertandingan dan pertahanan mereka terbilang lemah. Satu-satunya hal positif yang terlihat adalah keberadaan Ferland Mendy di sisi bek kiri yang mampu mengunci pergeraakan Samuel Chukwueze.

Tujuh Tak Tersentuh

Zidane melakukan perubahan secara konstan dalam tiga laga awal La Liga. Tetapi ada tujuh pemain yang posisinya tak tersentuh, mereka adalah Thibaut Courtois, Ramos, Varane, Casemiro, Kroos, Bale, dan Benzema. Tujuh pemain tersebut diturunkan sebagai starter dalam tiga pertandingan terakhir.


Baca Juga :
- Karimdependence
- Cazorla Pengatur Serangan La Roja

Untuk para rekrutan baru, Jovic dan Mendy dimainkan ketika melawan Villarreal. Sementara Eder Militao, Rodrygo Goes, dan Eden Hazard, belum diturunkan. Militao hanya dicadangkan saja, sedangkan Rodrygo dan Hazard sedang mengalami cedera.* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER
 
 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA