#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Legenda Inggris Menyebut Kepindahan ke Newcastle sebagai Kesalahan Terbesar
04 September 2019 14:38 WIB
MICHAEL Owen mengungkapkan bahwa kepindahannya dari Real Madrid CF ke Newcastle United FC adalah salah satu penyesalan terbesar dalam kariernya. Tak disukai di Santiago Bernabeu, dia ingin kembali ke Liverpool FC. Tetapi Newcastle satu-satunya tawaran yang diterima Los Blancos. Dia pun memutuskan untuk bergabung dengan pasukan Graeme Souness.

Di buku barunya, Reboot, yang ditulis serial oleh Mirror, Owen merefleksikan “langkah kemunduran” yang dia rasa telah diambilnya dan mengapa, dengan melihat lagi ke belakang, dia menyesali keputusannya tersebut.

“Pindah ke Newcastle adalah hal yang sangat saya sesali. Saya harusnya tetap mengikuti insting saya sejak awal. Saya tidak ingin pergi ke sana, hati saya masih ingin kembali ke Liverpool," kata Owen. “Namun Liverpool tak bisa menandingi tawaran Newcastle. Dari perspektif karier saya, pindah ke Timur Laut itu seperti berjalan mundur ke belakang.”


Baca Juga :
- Resmi, Juergen Klopp Perpanjang Kontrak di Liverpool Hingga 2024
- Faktor Ini Membuat Keita Bermain Taktis

Toh, pada waktu itu Owen menjadi pemain termahal Newcastle seusai menandatangani kontrak dengan gaji 120 ribu paun per pekan ketika pindah ke St James 'Park pada 2005. Sekitar 20 ribu fan menyambutnya bak pahlawan. Tapi relasi itu tak tahan lama. Owen mengaku sakit hati oleh tingkah laku fan The Magpies saat dia cedera di lapangan.

“Ketika saya sampai di rumah, saya menyalakan Match Of The Day untuk menonton laga hari itu dan saya mendengar penggemar Newcastle, penggemar saya, menyanyikan' ‘Sungguh buang-buang uang!’ saat saya ditandu keluar lapangan,” Owen melanjutkan.

“Saya tak bisa menyangkal tindakan mereka hari itu mengubah situasi untuk saya. Saya bahkan tidak lagi berusaha untuk mengambil hati para penggemar. Sebagai gantinya, saya membalikkannya dengan cara yang sedikit lebih kecam. Bahwa saya tidak perlu membenarkan diri saya kepada penggemar Newcastle!”

Newcastle, di bawah Glenn Roeder, beralih dari kandidat degradasi ke Piala UEFA pada akhir musim pertama Owen pada 2005/06. Tapi cedera saat memperkuat timnas Inggris di Piala Dunia musim panas itu membuat Owen absen dari aksi klub hingga April 2007. Ironisnya, belakangan justru sikap manajemen klub yang membuat Owen kecewa.

Kepada Chronicle, Owen mengungkapkan bagaimana pihak Newcastle tidak ingin dia bermain karena hal itu akan membuat pembayaran polis asuransi, berhenti. Owen bahkan berselisih dengan Ketua klub Freddy Shepherd yang melarangnya berlatih saat ada kamera-kamera TV yang merekam sesi itu. Dia bahkan disuruh sembunyi di toilet.

Owen marah dan berbalik mengusir Shepherd karena dia ingin berlatih setelah bekerja keras untuk mendapatkan kembali kebugarannya. Owen juga menjelaskan dalam bukunya yang akan rilis bahwa dia merasa masalah dengan perusahaan asuransi tidak secara hukum dan etis.

Newcastle telah berjuang untuk mendapatkan nama bintang dari klub-klub seperti Real Madrid dalam beberapa tahun terakhir dan Owen merasa klub itu hanya 'klub besar' karena ukuran basis pendukung mereka - daripada hasil di lapangan. “Mereka secara historis tidak pernah sekalipun berhasil di luar lapangan.”

Owen hanya bertahan semusim di Santiago Bernabeu sebelum pulang ke Inggris setelah mengikuti jejak rekan setimnya di timnas Inggris David Beckham, sejumlah ikonik galacticos seperti Zinedine Zidane, Raul, Roberto Carlos dan Luis Figo. Meski begitu dia berhasil mencetak 16 gol dalam 45 laga kompetitif untuk klub dan empat assist.*NURUL IKA HIDAYATI


Baca Juga :
- Gol Keren Moh Salah Bikin Crouch dan Owen Gelengkan Kepala
- Benitez Beberkan Cara Mengalahkan Liverpool

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA