#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Barca Tawarkan Kontrak Seumur Hidup untuk Messi
09 September 2019 13:21 WIB
BARCELONA – Kabar yang beredar akhir pekan lalu terkait kontrak Lionel Messi telah memicu kekhawatiran di antara suporter FC Barcelona. Bagaimana tidak, diberitakan media massa Spanyol, sang megabintang Argentina bisa pergi kapan saja saat kompetisi berakhir. Ini klausul yang ternyata ada dalam kontrak Messi. 

Berita tersebut bahkan dibenarkan Josep Maria Bartomeu, Presiden Los Azulgrana –julukan Barca. Kendati begitu, kubu klub asal Katalunya ini merasa tidak cemas. Mereka tidak pernah meragukan komitmen Messi bersama Barca. Mulai presiden hingga rekan kerja La Pulga yakin akan kelanjutan masa depan sang pemain di Camp Nou.

“Ini (perjanjian memutus kontrak secara sepihak) seperti yang dimiliki (Andres) Iniesta atau Xavi (Hernandez),” ujar Gerard Pique, bek Barcelona di New York, saat ditanyakan isu masa depan Messi. Menurut salah satu kapten Los Azulgrana itu, semua orang di klub sudah tahu mengenai klausul tersebut sehingga dirinya tak khawatir.


Baca Juga :
- Mencari Pendamping Paling Pas untuk Messi-Suarez
- Pekerjaan Rumah Valverde

Terungkapnya klausul tersebut pun dipercaya tidak akan mempengaruhi rencana dari masa depan Barca terhadap bintangnya itu. Mereka sudah menyiapkan proposal kontrak baru untuk Messi, yang berbeda dari pembaruan masa kerja sebelumnya. Idenya adalah Messi Forever (Messi selamanya) di Barca dengan menyodorkan kontrak seumur hidup.

Gagasan ini sebenarnya bukan hal baru karena sudah lama diungkapkan Bartomeu. Bahkan, Grascar Grau, Direktur Umum Barca, sudah mengutarakan secara terang-terangan di konferensi pers dan Majelis Komite Barca. Klub pun tidak merasa perlu buru-buru memaksa Messi menandatangani proposal ini mengingat loyalitas yang telah diperlihatkan sang bintang selama ini.

Hubungan Bartomeu dengan Jorge, ayah sekaligus agen Messi pun sangat harmonis. Keduanya menyadari niatan klub tapi tak mau terburu-buru. Adalah hal yang normal pembicaraan pembaruan ini akan dimulai beberapa bulan kemudian. Messi akan menjadi orang yang menentukan masa depannya dan hanya dia yang tahu berapa lama dia ingin terus bermain. Kontrak lama Messi sendiri akan berakhir pada 2021.

Di klub, ada keyakinan pemain 32 tahun ini akan tetap aktif setidaknya hingga 2022, untuk bisa mencapai Piala Dunia Qatar. Messi masih ingin membantu tim nasional Argentina dalam kondisi terbaik. Setelah ajang itu, Messi yang akan berusia 35 tahun dapat mulai memikirkan ujung kariernya. 

La Pulga sendiri selalu menyatakan bahwa sebelum pensiun dia ingin bermain di Newell's Old Boys, klub tanah kelahirannya di Rosario. Setelah itu mungkin mencoba rumput Liga Amerika (MLS), seperti yang banyak dilakukan para mantan bintang, kemudian kembali ke Barca untuk mengisi posisi yang diinginkan. Semua itu bisa dirasakan Messi jika menandatangani kontrak seumur hidup bersama Los Azulgrana.

Yang pasti, saat Messi menanggalkan kostum merah-biru, itu akan menjadi perubahan luar biasa mengingat hampir dua dekade berada di Barca pada 2001. Selama itu, dia telah mengemas 419 gol dalam 452 penampilan dalam 15 tahun di skuat utama. Musim ini, Messi belum bisa beraksi di kompetisi domestik setelah ikut berpartisipasi bersama Argentina di Piala Amerika 2019.

Messi mengalami cedera betis saat latihan pramusim dan melewatkan tiga pertandingan La Liga timnya. Namun, dia dijadwalkan kembali beraksi di jornada 4 saat Barcelona menjamu Valencia CF di Camp Nou, akhir pekan ini. Saat itu, Luis Suarez, rekannya di lini depan juga diprediksi bisa tampil.*** DINI WULANDARI DARI BERBAGAI SUMBER

 

 

SOROT

KONTRAK Seumur hidup merupakan hal biasa yang ditawarkan klub-klub Spanyol. Namun, Real Madrid lah yang pertama kali memperkenalkannya. Itu diberikan kepada Raul Gonzalez dan Iker Casillas yang menghabiskan 16 tahun bersama Los Blancos, dan menandatangani kontrak semacam ini pada 2008.

Meski tidak secara harfiah, maksud dari kontrak ini adalah kedua pemain bisa tetap berada di klub selama yang mereka inginkan asalkan masih mampu menjadi pemain kunci di skuat. Minimum bisa tampil 30 pertandingan maka kontraknya akan diperpanjang setahun lagi. Namun, keduanya akhirnya pergi, Casillas bergabung ke FC Porto, sementara Raul berkelana ke ?Schalke 04, Al Sadd, dan New York Cosmos hingga akhirnya pensiun.


Baca Juga :
- Barca Buru Pesaing Suarez
- Permintaan Griezmann pada Barca: Percayalah!

Di Barca, Iniesta menjadi pemain pertama yang mendapat kontrak ini pada 2017. Namun 12 bulan kemudian, dia memutuskan pergi ke Vissel Kobe.*

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA