#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Belanda Memiliki Pemain Spesialis Pertandingan Penting
09 September 2019 13:10 WIB
TALLINN - Tim-tim nasional negara-negara di dunia, khususnya Eropa, mungkin pantas iri terhadap Belanda. Tim Oranye teryata memiliki pemain spesialis pertandingan krusial dalam diri Georginio Wijnaldum. Jumat (6/9) lalu, gelandang tengah 28 tahun tersebut mencetak satu gol dan satu assist saat Belanda mengalahkan tuan rumah Jerman, 4-2, di Hamburg, pada pertandingan di Grup C kualifikasi Piala 2020.

Hasil tersebut memang membuat Belanda masih berada di peringkat ketiga. Namun, Belanda yang baru tiga kali bermain, memiliki satu pertandingan lebih dibanding Irlandia Utara dan Jerman, dua negara teratas di Grup C.

Senin (9/9) malam atau Selasa dini hari WIB, Belanda akan dijamu Estonia. Wijnaldum diyakini akan menjadi sorotan pada laga di pada di A. Le Coq Arena nanti.


Baca Juga :
- Prancis Kalahkan Belanda untuk Rebut Peringkat Ketiga Piala Dunia U-17 2019
- Update Negara yang Lolos ke Piala Eropa 2020, Total Sudah 16 Tim Melaju

Gol ke gawang Jerman menjadi gol ke-12 yang dibuat Wijnaldum dalam hanya 58 laga bersama Tim Oranye. Di Liverpool FC, Wijnaldum butuh 145 laga di seluruh kompetisi sejak 2016 untuk mencapai angka 13 gol.

Fakta yang bertolak belakang ini bisa berarti dua hal: Wijnaldum tampil lebih konsisten saat membela timnas atau dia ditempatkan lebih ke depan sehingga lebih banyak masuk ke kotak penalti lawan. Tapi, ada juga kemungkinan Wijnaldum memang menyukai laga-laga penting.

Asumsi tersebut didukung oleh fakta bahwa sebagian besar dari ke-13 gol Wijnaldum bersama Liverpool dibuat saat menghadapi tim-tim besar. Manchester City, Chelsea FC, Arsenal FC, AS Roma, Tottenham Hotspur, dan FC Barcelona, adalah tim-tim elite Eropa yang pernah dibobol Wijnaldum. Dia bahkan mencetak dua gol lawan Los Azulgrana pada leg kedua semifinal Liga Champions musim lalu di Anfield.

Pada akhir musim pertamanya bersama Liverpool (2016/17), Wijnaldum mencetak gol pembuka kemenangan 3-0 atas Middlesbrough FC di Liga Primer yang memastikan The Reds finis di peringkat keempat dan lolos ke Liga Champions. Ketika masih berseragam

Newcastle United, dia mencetak tujuh gol yang empat di antaranya dilesakkan ke gawang Chelsea, Liverpool, Manchester United, danTottenham.

Bersama timnas Belanda, Wijnaldum mencetak gol lawan tim-tim raksasa seperti Brasil, Prancis, dan Jerman (dua gol). Tapi, sebagian besar golnya dibuat lawan negara-negara kecil seperti Luksemburg, San Marino, Latvia, Kazakstan, dan Belarus. Meski begitu, gol-gol pada level internasional tetap punya arti yang sangat penting.

Di Liverpool, Wijnaldum biasanya bermain sebagai gelandang Nomor 8 yang bertugas membantu serangan dan pertahanan. Di pihak lain, saat memperkuat timnas Belanda dia sering kali beroperasi sebagai Nomor 10 dalam skema 4-2-3-1 atau 4-3-3 yang memakai format 2-1 di lini tengah, bukan 1-2 seperti yang dipakai The Reds.

Posisi yang lebih ke depan di timnas Belanda inilah yang membuat Wijnaldum lebih produktif mencetak gol. Fakta ini juga menunjukkan bahwa pria kelahiran Rotterdam ini lebih nyaman bermain sebagai Nomor 10 daripada Nomor 8 yang dijalaninya bersama Liverpool.

Tapi, pada performa terbaiknya, Wijnaldum adalah gelandang tengah yang sangat efektif dengan persentase operan sukses di Liga Primer mencapai 91 persen musim lalu. Dia juga bisa bermain efektif sebagai gelandang bertahan saat Fabinho absen.

Wijnaldum juga punya daya tahan yang istimewa. Ini diperlihatkannya dalam laga lawan Jerman saat dia berlari dari tengah lapangan ke kotak penalti untuk menyambut umpan silang Memphis Depay di menit ke-91. Keistimewaan ini pula yang membuatnya layak disejajarkan dengan gelandang-gelandang terbaik di dunia.

Tapi, timnas Belanda bukan hanya Wijnaldum. Masih ada sejumlah pemain lain yang tidak kalah istimewa termasuk muka baru Donyell Malen. Striker 20 tahun ini melakoni debutnya bersama Tim Oranye saat menggantikan Denzel Dumfries pada menit ke-58 lawan Jerman. Selang 21 menit kemudian dia mencetak gol pertamanya.

Dengan begitu, Malen menjadi pemain ke-92 yang berhasil membukukan gol dalam debut bersama timnas Belanda. Striker PSV Eindhoven mengikuti jejak para legenda seperti Piet Keizer (1962), Johan Cruijff (1966), Marc Overmars (1993), Clarence Seedorf (1994), dan Jean-Paul Van Gastel (1996).

Dengan debut impresifnya saat melawan Jerman, Malen berpeluang besar dipasang sebagai starter di lini depan lawan Estonia. Dia kemungkinan dioperasikan sebagai ujung tombak dengan dukungan Depay, Wijnaldum, dan Babel.

Dengan komposisi ofensif ini Tim Oranye diprediksi bisa dengan mudah merebut poin penuh dari Estonia. Apalagi, skuat Karel Voolaid ini boleh dibilang tim terlemah di Grup C. Mereka selalu kalah dalam keempat laga yang telah dimainkan termasuk dibantai Jerman delapan gol tanpa balas di Mainz 11 Juni. Estonia juga dipaksa menyerah 1-2 oleh Belarus di Tallinn, Jumat lalu.

Di pihak lain, Belanda menunjukkan grafik yang cukup meyakinkan sejak ditangani oleh pelatih Ronald Koeman. Tim Oranye lolos ke final Liga Negara-negara Eropa (LNE) 2018/19 sebelum kalah 0-1 dari tuan rumah Portugal. Kini, mereka menduduki peringkat ketiga Grup C dengan enam poin dari tiga laga.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Siaran Langsung MOLA TV
Selasa (10/9) Pukul 01.45 WIB

ESTONIA – BELANDA
Stadion: A. Le Coq Arena
Wasit: Serhiy Boiko
Prediksi TopSkor: 40-60

ESTONIA 4-3-3
Pelatih:
Karel Voolaid

1 Aksalu

2 Kams
5 Vihmann
15 Klavan
3 Pikk 

4 Kait
18 Mets         
6 Ainsalu

7 Liivak
9 Sorga
11 Ojamaa

Cadangan: 12 Lepmets, 16 Tamm, 23 Teniste, 20 Dmitrijev, 17 Sappinen, 8 Sinyavskiy, 10 Zenjov

BELANDA 4-2-3-1
Pelatih:
Ronald Koeman

1 Cillessen     

22 Dumfries
3 De Ligt
4 Van Dijk
17 Blind

6 Propper
21 F. De Jong

9 Babel
8 Wijnaldum
10 Depay

7 Malen


Baca Juga :
- Update Hasil dan Klasemen Kualifikasi Piala Eropa 2020, Minggu Dini Hari WIB
- Imbang Lawan Irlandia Utara, Timnas Belanda Lolos ke Piala Eropa 2020

Cadangan: 13 Zoet, 2 Veltman, 5 Ake, 16 Strootman, 20 Kluivert, 11 Promes, 19 L. De Jong

Pertemuan Terakhir:
06/09/13       Pra-Piala Dunia         Estonia 2-2 Belanda
22/03/13       Pra-Piala Dunia         Belanda 3-0 Estonia
 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA