#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Timnas Indonesia U-16 Makin Memahami Filosofi
10 September 2019 10:20 WIB
BEKASI - Sepekan jelang tampil di Pra-Piala Asia (PPA) U-16 2020, tim nasional (timnas) Indonesia U-16 semakin memperlihatkan performa positif. Itu diungkapkan pelatih timnas U-16 Bima Sakti usai melakoni uji coba terakhir di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (9/9) pagi.

Timnas menjalani dua uji coba sekaligus. Pada laga pertama timnas menang telak atas juara Askot Bekasi U-15 dengan skor 11-1. Pada laga kedua timnas mendapat lawan yang sedikit lebih tangguh yakni tim Patriot Candrabagha Bekasi U-17. Sempat kesulitan menembus pertahanan lawan, Muhammad Valeron dan kawan-kawan akhirnya menang dengan skor 2-0.

Bukan  hasil akhir yang dicari tim pelatih. Terpenting kata Bima, pemain semakin memahami filosofi permainan yang tengah dibangun. “Artinya, progres anak-anak selalu ada setelah di AFF serta dua turnamen di Myanmar dan Qatar,” kata Bima.


Baca Juga :
- Jadwal Pertandingan Sepak Bola SEA Games 2019, Timnas U-22 Indonesia Grup B
- Piala AFF Futsal 2019, Vietnam Vs Indonesia Berakhir Imbang

Singkatnya, Diandra Diaz Dewari dan kawan-kawan mampu menjalankan apa yang memang sudah diberikan tim pelatih selama fase latihan. Mulai bagaimana cara bertahan yang solid, menyerang terstruktur, serta transisi positif dan negatif yang semakin kuat di antarlini.

Itu semua dikatakan Bima mampu dipraktekkan dengan baik dalam uji coba kemarin. Meski begitu, Bima tak ingin pasukannya terlena dan harus tetap bekerja keras dan fokus. Sebab, ujian sesungguhnya akan mereka hadapi pekan depan.

Konsistensi dan keinginan kuat untuk selalu memberikan yang terbaik harus terus dijaga. Bima berharap pemain juga terus bersaing secara sehat dan ia akan sangat senang jika tim pelatih dibuat kesulitan untuk menentukan siapa saja pemain yang akan didaftarkan untuk PPA U-16.

“Semakin mereka menunjukkan kualitas terbaiknya, tentunya ini jadi sebuah hal positif di dalam tim. Masih ada beberapa hari dan saya harap pemain fokus dan bekerja keras," kata Bima.

Indonesia akan memulai petualangan di PPA sebagai tuan rumah Grup G dengan menghadapi Filipina U-16, Senin (16/9) mendatang. Setelah itu, beruntun pasukan Garuda Muda bertemu Kepulauan Mariana Utara, Brunei Darussalam, dan terakhir melawan Cina.


Baca Juga :
- Komentar Pelatih Timnas Futsal Indonesia Usai Menang Atas Malaysia
- Timnas Futsal Indonesia Libas Malaysia 3-2

Tim Negeri Tirai Bambu, Cina, dianggap sebagai penantang terkuat Indonesia dalam merebut tiket menuju Piala Asia U-16 2020 mendatang. Namun, Bima tak menyebut hanya Cina sebagai pesaing terkuat. Meski sudah mengamati setiap calon lawan, bukan berarti tim selain Cina bisa dianggap sebelah mata.

“Kami sudah pernah bertemu Filipina, saya menekankan kepada pemain semua tidak ada yang boleh menganggap remeh, kami harus fight siapapun lawannya,” ucap Bima. “Dan yang pasti juga harus fokus dalam setiap pertandingan. Jadi semuanya saya sampaikan adalah lawan yang penting. Semuanya ibarat final. Jadi kami enggak boleh menganggap Cina yang paling kuat. Terpenting kami harus terus menunjukkan progres dan fokus.”*FURQON AL FAUZI

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA