#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ketat! Begini Kalkulasi Perebutan Tiket 8 Besar Liga 2 Wilayah Barat
10 September 2019 15:12 WIB
PALEMBANG – Pertarungan menuju empat besar Wilayah Barat Liga 2 2019 terus memanas, posisi tim empat besar saat ini masih bisa berubah. Namun dengan skenario tertentu, Perserang Serang berptensi terlempar dari empat besar jika terpeleset dalam laga kandang.

Saat ini semua tim Wilayah Barat menyisakan tujuh laga dengan jumlah laga kandang dan tandang berbeda. Ada yang tiga dan ada yang empat.

Namun, jika semua tim skenarionya memenangi semua laga kandang sisa dan kalah di semua laga tandang sisa, maka ada empat tim yang berhak lolos ke empat besar. Yaitu Sriwijaya FC (SFC), Persiraja Aceh, Persita Tangerang, dan PSCS Cilacap.


Baca Juga :
- Taklukkan Babel United, PSCS Makin Mantap di Puncak Klasemen
-

Hitung-hitungan detailnya, saat ini SFC berada pada posisi teratas dengan 31 poin. Jika menang dalam sisa kandang dan kalah tiga tandang sisa, total poin SFC jadi 43. Persiraja yang berada pada posisi kedua dengan 27 poin saat ini, jika memenangi sisa kandang dan  kalah dalam sisa tandang akan meraih total poin 39.

Nah, begitu juga dengan Perserang saat ini berada pada posisi tiga dengan 26 poin. Total poin Perserang akan menjadi 35 poin  jika menang dalam sisa kandang dan kalah sisa tandang.  Jumlah total poin Perserang ini akan disalip Persita Tangerang yang saat ini ada di  posisi kelima dengan 25 poin.

Jika menang sisa laga kandang dan kalah dalam sisa tandang, total poin Persita menjadi 37. Otomatis Perserang kalah poin dari Pendekar Cisadane. Sementara PSCS Cilacap yang berada di posisi empat dengan 26 poin,  jika menang dalam sisa laga kandang dan kalah dalam sisa tandang total poinnya akan menjadi 38.

Artinya Perserang akan mengoleksi  jumlah poin tersedikit di lima besar dan berpotensi terdepak.  Sekali lagi, skenario ini tidak baku dan akan berubah jika ada tim lima besar tersebut yang tercuri poin di kandang.

"Saya tekankan kepada semua pemain untuk tetap konsentrasi, menjaga kondisi dan tetap konsisten dalam bertanding," kata Jaya Hartono, pelatih Perserang, Senin (9/9) menanggapi kans timnya. Jaya berharap timnya all out dalam laga sisa. "Jangan merasa besar kepala, bermainlah habis-habisan," ucap dia.

Jelang laga terdekat melawan Persibat Batang Kamis (12/9) dalam laga tandang, Perserang memperbaiki kelemahan-kelemahan yang masih terlihat dalam laga terakhir lawan PSMS Medan. "Komunikasi antar pemain kurang, dan kurang agresif untuk menghalau bola. Saya berharap, kesalahan ini tidak terjadi lagi untuk laga selanjutnya," kata Jaya.

Sementara itu, Pelatih Persita Widodo Cahyono Putro hanya berpesan untuk anak asuhnya agar tetap semangat dan berusaha keras menyelesaikan tujuh laga sisa. “Tidak ada yang tidak mungkin di sepak bola. Tim bisa saling mengalahkan dan dikalahkan, jadi kami harus tetap yakin," ucap Widodo.

Sedangkan pelatih SFC, Kas Hartadi tidak mau menganggap timnya sudah pasti lolos ke delapan besar. "Saya tidak ingin pemain jadi over confidence (terlalu percaya diri), karena kami tidak bisa memprediksi setiap pertandingan," kata Kas.

Namun jika Laskar Wong Kito sapu bersih dalam laga kandang, kemungkinan SFC lolos ke delapan besar memang terbuka. "Yang pasti saya ingin pemain tetap konsentrasi setiap pertandingan agar menang di kandang dan curi poin saat tandang," ucapnya.*Agustian Pratama

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA