#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Keuangan Tim Promosi La Liga di Bawah Liga Primer
10 September 2019 10:44 WIB
MADRID – Perbedaan finansial antara  Liga Primer dengan dengan liga-liga Eropa lainnya nampaknya masih sangat lebar. Itu juga bahkan terlihat pada klub-klub promosi, di mana kekuatan ekonomi mereka melampaui tim-tim di lima liga top Eropa lainnya. Berbekal dana melimpah, mereka pun bisa sesuka belanja pemain di jendela transfer.

Jika ditotal, biaya transfer tiga tim promosi Liga Inggris mencapai 200,27 juta euro (sekitar Rp3,1 triliun).  Aston Villa menjadi klub yang paling besar pengeluarannya yakni mencapai 148,6 juta, diikuti Sheffield United (47,5 juta), dan Norwich City (4,17 juta). Dari jumlah tersebut, mereka hanya mendapatkan 66,75 juta dari pelepasan pemain.

Wesley Moraes menjadi rekrutan termahal Aston Villa (25 juta). Sementara di Sheffield ada Oliver McBurnie (19 juta), dan Ralf Fahrmann (3 juta) di Norwich. Dari ketiga tim tersebut hanya Norwich saja yang telah mendapatkan pemasukan, yakni sebesar: 1,5 juta.


Baca Juga :
- Gol ke Gawang Liverpool Tandai Jejak Trezeguet di Liga Primer
- Liverpool Dilanda Dilema soal Fabinho

Dana tiga tim Inggris tersebut sangat kontras dengan aktivitas belanja anggota baru La Liga. RCD Mallorca, Granada CF, dan CA Osasuna hanya menghabiskan 27,7 juta euro untuk menambah kekuatan skuat di bursa transfer. Osasuna menjadi tim yang paling sibuk dengan biaya belanja mencapai 13,45 juta euro. Mereka berinvestasi dengan mendatangkan tujuh pemain: Ruben Garcia, Chimy Avila, dan Marc Cardona.

Di bawahnya ada Granada dengan 7,25 juta euro. Darwin Machis dan Domingos Duarte menjadi pemain termahal Granada, masing-masing dibeli seharga 3 juta euro. Mallorca menghabiskan 7 juta, itu digunakan untuk membeli Ante Budimir, Yannos Salibur, Martin Valjent, dan Igor Zlatanovic.

Kekuatan uang klub promosi tidak hanya kalah dari Liga Primer melainkan juga Seri A Italia. Tiga klub promosi Italia mengeluarkan 35,34 juta euro. Kendati begitu, Spanyol masih unggul atas Bundesliga dan Ligue 1 yang hanya mengeluarkan biaya 25,5 juta euro dan 15,5 juta euro musim panas ini.

Lebih dari itu, meski terbilang minim membelanjakan uangnya, tiga tim promosi LaLiga mampu mengawali musim dengan baik. Dari tiga pekan yang sudah dimaikan, Osasuna berhasil menempati posisi keenam dan Granada di peringkat 10. Hanya Mallorca yang berada di bawah 10 besar yakni 14.


Baca Juga :
- Menanti Kontribusi Lebih Firmino
- Wolves Rotasi, Cutrone Bakal Beri Bukti

Kondisi kontras dengan yang dialami Villa dan Norwich yang justru kesulitan mengawali musimnya di Liga Primer. Mereka berkubang di zona degradasi (posisi 18 dan 19) setelah empat kali bermain. Hanya Sheffied yang posisinya lebih baik, menempari peringkat 10.* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA