#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Porsi Skuat Inti Milan Ideal
11 September 2019 13:08 WIB
MILANMercato bagai pedang bermata dua buat AC Milan. Di satu sisi, ada banyak pemain bergabung untuk membantu pelatih Marco Giampaolo. Namun, di sisi lain juga ada problem untuk menyatukan para wajah baru ke dalam tim yang utuh dan kompak.

Terlihat dalam dua pekan pembuka Seri A bahwa skuat Milan masih kesulitan memahami filosofi Giampaolo. Imbasnya, allenatore 52 tahun itu terpaksa melakukan beberapa penyesuaian, termasuk mengubah pola 4-3-1-2 jadi 4-3-3. Selama jeda internasional, dia terus berusaha menemukan formula paling ideal untuk mengeluarkan potensi terbaik tim.

Ditambah amunisi baru dari mercato, Milan kini membentuk skuat inti yang dihuni 25 pemain—jumlah pas bagi tim yang hanya memainkan dua kompetisi (Piala Italia dimulai Januari mendatang).  Yang terpenting, allenatore itu sudah mencapai tujuannya memiliki dua talenta di setiap posisi (kecuali tiga kiper). Rinciannya, 10 pasang pemain lapangan, plus Fabio Borini yang fleksibel dan Matteo Gabbia yang terus berkembang.


Baca Juga :
- Derbi AC Milan Vs Inter Memasuki Era Baru
- Milan Belajar dari Slavia

Soal komposisi starter belum ada kepastian. Giampaolo bukan pelatih yang tunduk kepada nama besar, tapi mengedepankan performa dan kesiapan. Siapapun yang memperlihatkan prestasi dan kerja keras selama latihan akan mendapat ganjaran. Kondisi fisik dan kebugaran juga jadi pertimbangan karena dia selalu mengandalkan intensitas permainan.

Sulit menggantikan Gianluigi Donnarumma di bawah mistar, tapi bukan berarti Pepe Reina atau Antonio Donnarumma hanya duduk di bangku cadangan. Ada kalanya mereka akan diberi kesempatan unjuk gigi. Begitu juga di lini belakang. Alessio Romagnoli jadi acuan, tapi Mateo Musacchio dan Leo Duarte juga bisa bersaing. Belum lagi jika Mattia Caldara pulih dari cedera.

Mandat sebagai bek kiri saat ini digenggam Ricardo Rodriguez, namun tak lama lagi Theo Hernandez akan pulih dan coba naik di hierarki tim. Sementara di sisi kanan, Davide Calabria bakal ditantang Andrea Conti yang terus mengasah kebugaran pasca cedera panjang.


Baca Juga :
- Ketika Boban Sentil Giampaolo
- Milan Paling Muda di Seri A

Persaingan lini tengah juga menarik. Lucas Paqueta diyakini sosok mezzala inti pilihan Giampaolo, namun secara taktik, Giacomo Bonaventura bisa jadi solusi lebih baik. Lucas Biglia menawarkan pengalaman playmaker senior, tapi Ismael Bennacer juga punya kualitas meski masih belia. Franck Kessie dan Rade Krunic sama-sama memiliki kemampuan untuk bertarung dan merusak permainan lawan.

Jesus Suso sudah menguasai sayap kanan I Rossoneri dalam beberapa musim terakhir, namun Samu Castillejo juga kerap menampilkan aksi memukau. Ante Rebic tampaknya akan jadi winger kiri inti pasca bergabung dari Eintracht Frankfurt, tapi Hakan Calhanoglu lebih paham karakter tim dan sering mencetak gol pembeda. Sedangkan di posisi striker, Milan terus menantikan kebangkitan Krzysztof Piatek. Alternatifnya adalah Rafael Leao, bomber muda dan menjanjikan.* Dari berbagai sumber

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA