#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Arema dan Persib Kesulitan Cari Pemain Putri
11 September 2019 08:42 WIB
MALANG – Asosiasi PSSI Kota (Askot) Malang dalam hal ini tim Persema Malang Putri melepas 23 pemainnya untuk diborong Arema FC berlaga pada Kompetisi Liga 1 Putri 2019 yang mulai digelar 10 Oktober. Maklum, Singo Edan sebelum ini secara khusus tidak memiliki wadah pembinaan atau tim putri tersendiri.

“Ini kehormatan bagi kami Askot PSSI Kota Malang, ada banyak pemain putri kami gabung Arema FC Putri. Mereka merupakan pemain-pemain putri berpengalaman baik di Timnas Indonesia maupun timnas futsal Indonesia,” kata Ketua Umum Askot PSSI Kota Malang, Haris Thofly, Selasa (10/9).

“Kami selain memutar kompetisi sepak bola putra dalam empat divisi, juga ada kompetisi sepak bola wanita. Beberapa klub binaan Askot PSSI Kota Malang, seperti Banteng Muda Malang, IKIP Budi Utomo, juga Persema Malang Putri beberapa kali juara level Jawa Timur,” Haris menambahkan.


Baca Juga :
- Penalti Gagal, Persib Ditahan Imbang Semen Padang
- Update Klasemen Liga 1 2019, Rabu Malam

Menariknya di antara 23 pemain bahkan lebih nantinya, 16 merupakan langganan timnas Indonesia putri berbagal level usia. Juga pernah bermain di Kompetisi Liga Pro Wanita dan Piala Bude Karwo Jatim. Seperti Regina Tiofanny Herdiyanta dan Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo, anggota timnas putri Piala AFF Wanita 2019 di Thailand.

Tak ketinggalan pula Ceysa Salsabila Diani dan Tugiyati. Termasuk sederet nama skuat timnas futsal putri dari Banteng Muda Malang yang malang melintang di Women Pro Futsal League, kiper Windi Ayu Puspitasari dan Jesella Arifya Sari.

Dari Bandung, bukan perkara gampang mengelola sepak bola putri. Apalagi dalam waktu yang cepat karena tidak semua tim mengelola tim putri dalam kesehariannya. Ditambah lagi, terjun ke sepak bola putri karena ingin membantu PSSI.

"Memang tidak ada paksaan untuk mengikuti kompetisi sepak bola putri. Kami terjun di sana karena ingin membantu PSSI yang harus menyiapkan tim putri sesuai anjuran AFC dan FIFA," kata Teddy Tjahjono, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, pengelola Persib.

Teddy mengakui banyak kendala untuk mempersiapkan tim putri karena materi pemainnya terbatas. "Program jangka panjang kompetisi sepak bola putri itu juga harus jelas. Ke depannya mau apa. Apa kejuaraan yang diikuti. Ini penting karena sekali terjun, kani ingin maksimal. Target pasti juara," kata Teddy di 1933 Kedai & Kopi, Selasa (10/9).

Alasannya, klub tidak ingin merugi karena membina sepak bola pria saja susahnya minta ampun. Tambah lagi harus mengelola sepak bola putri. "Kalau jelas ke depannya, bukan tidak mungkin kami akan membentuk akademi untuk putri. Makanya semuanya harus jelas dulu," Teddy menuturkan.

Jalan tengahnya, Persib bakal menggandeng tim sepak bola putri PON Jawa Barat untuk tampil di Liga 1 Putri. "Dalam dua minggu ini akan kami matangkan rencana bekerja sama dengan Asprov PSSI Jabar untuk menggunakan tim sepak bola PON Jabar di Liga 1. Tunggu saja hasilnya," kata Teddy. Soal tempat pertandingan, Persib berencana menggunakan Lapangan Lodaya.*Noval Luthfianto/Dani Wihara

Pembagian Grup

Grup A: Persija Jakarta, PS TIRA Persikabo, PSS Sleman, PSIS Semarang, Persib Bandung


Baca Juga :
- Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2019, Rabu 18 September
- Robert Alberts Kecewa Proses Naturalisasi Fabiano Beltrame Belum Selesai

Grup B: PSM Makassar, Persipura Jayapura, Arema FC, Bali United, Persebaya Surabaya

 

BERITA TERKAIT

news
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA