#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Pengeluaran Gaji Barca Membengkak
11 September 2019 13:37 WIB
BARCELONA – Pembelian-pemebelian yang dilakukan FC Barcelona pada musim ini jelas menyedot anggaran belanja cukup banyak. Antoine Griezmann serta Frenkie de Jong menjadi dua pilar mahal yang didatangkan oleh manajemen Barcelona. Ini jelas menjadikan beban gaji yang harus dibayarkan oleh klub kepada para pekerjanya membengkak. Berdasarkan rilis batas gaji 20 klub LaLiga yang dikeluarkan Liga Spanyol, Barcelona menjadi klub dengan pengeluaran gaji tertinggi.

Banyaknya pemain-pemain kelas dunia yang berada di skuat Barcelona praktis membuat klub harus membayar gaji tahunan dengan jumlah yang tidak sedikit. Angkanya bahkan naik dari 632,97 juta euro menjadi 671,42 juta euro (Rp10,4 Triliun).

Jumlah itu mengalahkan beban gaji milik Real Madrid, yang mencapai 641,049 juta euro dan Atletico sebesar 348,500 juta. Meski kedua tim ibu kota ini juga mengalami kenaikan pengeluaran dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk Los Blancos naik sekitar 74,519 juta euro dari 566,530.


Baca Juga :
- Jika PSG Butuh Lepas Dua Pemain untuk Datangkan Eriksen, Real Madrid Butuh Tiga!
- Update Klasemen La Liga Spanyol, Senin Dini Hari WIB

Salah satu pemicunya jelas pembelian Eden Hazard dari Chelsea FC. Sementara Atletico bertambah 293 juta, atau 55 juta lebih banyak dari tahun lalu. Datangnya Joao Felix serta perpanjangan kontrak Jan Oblak menjadi faktor peningkatan ini.

Perbedaan antara Barcelona serta Madrid dan Atletico bisa dikatakan cukup jauh dengan tim-tim Spanyol lainnya. Di bawah Atletico ada Sevilla yang memiliki beban gaji sebesar 185,166 juta euro. Lalu diikuti oleh Valencia CF (170,673 juta), Villarreal CF (108,587), Athletic Bilbao (103,183), dan Real Betis (100,346). Fakta lain menunjukan bahwa tim-tim yang disebutkan diatas merupakan klub yang memiliki limit gaji hingga ratusan juta euro.

Limit ini mencakup sejumlah hal, khususnya: gaji pemain, pelatih pertama, kedua serta fisik. Selain itu ini juga meliputi departemen-departemen lain, semisal tim basket, bola tangan, hoki, dan atletik. Serta juga sudah termasuk pengeluaran untuk staf-staf yang bekerja di perusaahan dan anak perusahaan.

Jenis-jenis bayarannya pun beragam, ada gaji tetap dan variabel, jaminan sosial, premi kolektif, biaya perolehan (termasuk komisi untuk agen), dan amortisasi (beban jumlah pembelian pemain tiap tahun berdasarkan durasi kontrak). Seperti dijelaskan oleh media asal Spanyol, El Pais, setiap klub mengajukan limit yang perlu persetujuan dari Badan Validasi LaLiga.* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER


 

ANGKA

5

Ada lima klub di luar Barca, Madrid, dan Atletico yang pengeluarannya melebihi 100 juta euro. Mereka adalah Sevilla, Valencia, Villarreal, Bilbao dan Betis.

 


Baca Juga :
- ​​​​​​​Barca Superior, Valverde Lebih Baik dibanding Simeone dan Zidane
- Reaksi Zidane Usai Real Madrid Kalah dari Mallorca

SOROT

REAL Mallorca menjadi klub yang paling kecil pengeluaran gajinya yakni  hanya 29,968 juta euro. Lalu diikuti Valladolid dengan 32,032 juta euro dan Granada CF (35,461), dan Osasuna (38,6).

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA