#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ada Tujuh Pekerjaan Rumah Valverde di Barca
11 September 2019 15:04 WIB
BARCELONA – Pelatih FC Barcelona, Ernesto Valverde punya banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan sebelum dua laga berat terdekat timnya. Tugas pertama adalah menentukan starting 11 melawan Valencia CF (15/9) di jornada 4 La Liga dan saat tandang ke Borussia Dortmund (18/9) di Liga Champions. Sementara secara menyeluruh, pelatih bersapaan Txingurri harus memulihkan mental pemain seperti Ivan Rakitic atau Arthur Melo, dan menemukan tempat untuk Frenkie de Jong. Sebagai tambahan, dia juga harus mencocokan tridente serangannya: Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann, serta mengatur jam main bintang muda, Ansu Fati.

1. Starting 11 vs Valencia dan Dortmund

Valverde harus bisa memilih secara spesifik starting 11 dan meneruskannya di tiga hari ke depan, atau melakukan perubahan. Dan untuk itu, Txingurri harus memperhatikan kondisi Messi dan Suarez yang masih dalam masa pemulihan, setelah absen dalam tiga laga sebelumnya. Juga efek kelelahan pemain yang baru kembali dari timnas. Dalam kasus ini Dembele tidak bisa diandalkan karena masih bergelut dengan cedera.


Baca Juga :
- Putus Rapor Buruk Tandang, Trisula MSG Bisa Dimainkan Sejak Menit Pertama
- Badai Cedera Terburuk Barca dalam Lima Tahun

2. Mencocokkan Trisula Serangan

Staf kepelatihan Barcelona telah berupaya memulihkan Messi dan Suarez. Keduanya sangat diharapkan bisa bermain, karena Valverde ingin memasang mereka bersama Griezmann di depan untuk laga melawan Valencia maupun Dortmund. Pelatih punya waktu sedikit untuk mencocokkan ketiganya. Jika tak bisa sembuh tepat waktu, maka Valverde harus mencari opsi lain. Salah satu yang bisa diambil adalah dengan menggunakan jasa pemain muda di depan, semisal Carlez Perez dan Ansu Fati.

3. Mengembalikan Dembele ke Versi Terbaiknya

Sepeninggal Neymar Junior, kehadiran Ousmane Dembele diharapkan bisa menggantikannya. Namun, dalam dua tahun terakhir, persoalan cedera dan kemalasan winger Prancis ini terus menjadi persoalan. Butuh perhatian lebih untuk bisa mengembalikan Dembele ke versi terbaiknya seperti saat memperkuat Dortmund. Mulai memperbanyak istirahat, pola makan sehat, pemanasan, juga latihan antisipasi cedera.

4. Memulihkan Psikis Rakitic

Jendela transfer telah ditutup, dan Valverde sudah dapat mengandalkan Rakitic dengan tenang tanpa adanya ancaman sang pemain akan dilepas. Gelandang Kroasia ini “dipaksa” menepi dalam tiga laga awal timnya karena dimasukan dalam operasi transfer Neymar. Klub bahkan menyodorkannya ke Juventus FC tapi semua ditolak Rakitic. Situasi ini secara emosional bisa mempengaruhi kondisi psikis sang pemain. Valverde dituntut memulihkan mental Rakitic, pemain yang jadi kepercayaannya dalam dua tahun terakhir.
5. Perjelas Peran Arthur

Valverde nampaknya harus memperjelas peran Arthur. Gelandang Brasil itu tak bermain secara teratur sehingga menyulitkannya bermain maksimal. Staf kepelatihan perlu bekerja keras untuk mengoptimalkan potensi salah satu gelandang berprospek cerah ini. Begitu juga dengan sang pemain yang menginginkan kepastian.

6. Menentukan Posisi De Jong

Pusat lapangan menjadi salah satu sektor yang perlu difokuskan oleh Valverde. Ia memiliki enam gelandang dalam posisi ini. De Jong menjadi pemain yang nampaknya wajib dimainkan, meski penampilannya belum sebagus ketika di AFC Ajax. Valverde harus bisa  menentukan di mana De Jong layak diposisikan. Di Ajax maupun timnas Belanda, ia dijadikan sebagai gelandang box to box. Namun di Barca, ia diplot sebagai gelandang bertahan, atau di tempat yang biasa diisi oleh Sergio Busquets.

7.  Mengatur Jam Main Ansu Fati


Baca Juga :
- Dua Wajah Barca: Superior di Kandang, Kesulitan di Tandang
- Pub Tempat Lahirnya Dortmund Jadi Restoran Cepat Saji

Tanpa Messi atau Suarez, membuat Valverde mesti mengandalkan stok penyerang yang ada. Ansu Fati telah dicoba dan hasilnya cukup memuaskan. Namun untuk dimainkan secara reguler nampaknya masih sulit. Untuk itu tugas Valverde di sini adalah mengasah Fati agar bisa memberikan dampak lebih kepada tim.*** GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER
 

                                

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA