#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Everton Tim Pengoleksi Kartu Terbanyak di Era Liga Primer
11 September 2019 14:25 WIB
LIVERPOOL - Generasi milenial yang lahir pada 2000-an mungkin tidak mengetahui sulit dan beratnya tugas wasit-wasit di Liga Primer era 1990-an. Generasi milenial pencinta Liga Primer tentu tidak bisa membayangkan berapa kartu kuning atau merah yang diterima Roy Keane (Manchester United FC) dan Patrick Vieira (Arsenal FC) bila kedua gelandang top namun gemar bermain kasar itu hidup di 2019 dengan Video Assistant Referee (VAR)?

Keane dan Vieira sudah gantung sepatu sekitar 15 tahun lalu. Sejak saat itu, Liga Primer perlahan jauh lebih tenang. Namun, bukan berarti pemain seperti James Milner (Liverpool FC) dan Fernandinho (Manchester City FC) lantas bermain lebih “halus”. Hingga memasuki musim ke-27, kartu kuning dan merah masih sering terlihat menghiasi sejumlah pertandingan di Liga Primer.

Hingga pertandingan pekan keempat Liga Primer musim ini, Leicester City FC menjadi tim yang paling “santun” karena baru menerima satu kartu kuning. Liverpool ada di posisi kedua dengan hanya mendapatkan dua kartu kuning. Arsenal, Man. United, dan Crystal Palace menjadi tiga tim yang paling mendapat teguran wasit karena masing-masing sudah menerima sembilan kartu kuning.


Baca Juga :
- Torreira Akan Dapat Tugas Baru di Arsenal
- Lagi, Pep Harus Memilih antara Aguero atau Jesus

Tetapi, yang paling hebat mungkin Everton FC. Rival sekota Liverpool itu memang baru mendapat enam kartu kuning. Tetapi, tambahan satu kartu merah membuat poin fair play Everton menjadi 9 (makin tinggi poin, makin buruk fair play tim tersebut). Hingga empat laga awal Liga Primer musim ini, The Toffees menempati peringkat kedua tim terkotor, di bawah Wolverhampton Wanderers yang sudah mengoleksi 10 poin, hasil tujuh kartu kuning dan satu kartu merah.

Melihat kondisi di awal musim ini, bukan mustahil cap sebagai tim paling kotor di Liga Primer akan sulit lepas dari Everton. Dalam statistik yang dikeluarkan Transfermarkt, Everton menjadi tim paling kasar sepanjang sejarah Liga Primer. Selama 27 musim, sejak dimulai pada 1992/93, The Toffees menerima 1.520 kartu kuning dan 94  kali diusir wasit, yang 49 di antaranya adalah kartu merah langsung.

Meskipun begitu, Chelsea dan Arsenal sepertinya juga berpeluang menggeser Everton sebagai tim paling kasar di Liga Primer. Poin mereka hanya terpaut 10 dan 30 dari The Toffees. West Ham United ternyata juga masuk daftar tim sangat kotor meskipun lebih dari sekali terdegradasi dari Liga Primer.*TRI CAHYO NUGROHO


Baca Juga :
- Leicester Penasaran Selalu Kalah di Tiga Duel Terakhir melawan Spurs
- Lindeloef Ikuti Jejak De Gea

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA