#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS
De Bruyne Kunci Sukses Belgia
11 September 2019 14:15 WIB
STOCKHOLM – Menit ke-9 assist untuk Romelu Lukaku, menit ke-24 assist kepada Thomas Vermaelen, dan menit ke-32, assist bagi terciptanya gol Toby Alderweireld. Ya, kurang dari 32 menit, Kevin De Bruyne memberikan tiga assist. Pencapaian tersebut pun disempurnakan dengan gol yang diciptakan gelandang 28 tahun tersebut setelah memanfaatkan assist Lukaku.

 

Senin (9/9) atau Selasa dini hari WIB, De Bruyne hampir mengambil semua peran dari kemenangan timnya, Belgia atas Skotlandia, 4-0, dalam pertandingan di Stadion Hampden Park. Bintang Manchester City ini menjadi sutradara, eksekutor sekaligus finisher, hingga merancang hampir setiap serangan The Red Devils ke pertahanan Tartan Army. Semua kemampuannya diberikan untuk Belgia dalam laga kualifikasi Grup I tersebut.


Baca Juga :
- De Bruyne Peringatkan Liverpool, Musim Lalu Man-City Juga Tertinggal tapi Akhirnya Juara
- Ronaldo sang Penakluk

 

“Sayakah pemain terbaik dunia? Sayang sekali, bukan sayalah yang menilainya,” kata De Bruyne, tersenyum, setelah pertandingan tersebut.  Performa De Bruyne yang tampil sebagai kapten tim pada pertandingan ini memang menjadi perhatian terbesar dari laga kualifikasi Piala Eropa 2020 dua hari lalu itu. Sejumlah pujian didukung dengan statistik penampilannya pada pertandingan ini membuat KDB—julukannya—diyakini sebagai salah satu pemain terbaik masa kini.

Statistik tersebut di antaranya bahwa De Bruyne sepanjang laga itu telah melakukan 70 kali menyentuh bola, memberikan 52 operan dengan 42 di antaranya operan sukses. De Bruyne terlibat dalam tujuh peluang menorehkan gol, melepaskan empat tembakan dengan satu di antaranya berhasil menjadi gol. Dan, tentu saja, memberikan tiga assist bagi terciptanya tiga dari empat gol pasukan Roberto Martinez ini.

“Playmaker terbaik dunia,” kata Martinez, terkait performa De Bruyne dalam pertandingan ini. “Dia sangat, sangat hebat dan saya kira dia memang berada dalam momen terbaik dalam kariernya,” pelatih asal Spanyol tersebut menambahkan pujiannya. Menurut pelatih 46 tahun tersebut, De Bruyne bermain cemerlang, mampu memberikan sensasi.

“Tidak ada gelandang yang dapat menciptakan ruang, playmaker yang bisa melepaskan umpan seperti yang dilakukannya,” mantan pelatih Everton tersebut menegaskan. Saat ini memang menjadi momen terbaik dalam karier De Bruyne. Performa bersama Belgia hanya meneruskan pencapaiannya belakangan ini bersama The Citizens.

Ya, dalam empat laga awal Liga Primer 2019/20, mantan pemain Chelsea ini telah memberikan lima assist pula dan menorehkan satu gol untuk timnya. Dengan rapor itu pula, De Bruyne memiliki peluang untuk menyamai rekor Thierry Henry di Liga Primer. Saat ini, Henry, mantan bintang Arsenal, menjadi satu-satunya pemain yang mampu memberikan assist dalam lima laga Liga Primer. Dan, De Bruyne bisa menyamai rekor tersebut ketika City menghadapi Norwich, akhir pekan ini.

De Bruyne juga bisa menyamai atau mematahkan rekor Henry lainnya dalam soal assist, yaitu assist terbanyak dalam lima laga awal Liga Primer. Henry menorehkan rekor tujuh assist dari lima laga tersebut pada 2004/05. Dengan demikian, De Bruyne setidaknya harus memberikan dua assist saat lawan Norwich, nanti.


Baca Juga :
- Lukaku Dinamit Inter
- Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020, Belanda dan Belgia 4-0, Jerman Bangkit

Apalagi, dua kemenangan terakhir Belgia pun diraih tanpa kehadiran bintang mereka, Eden Hazard, yang absen karena kondisinya tidak fit. Sebelumnya, Belgia juga menang dengan skor yang sama ketika memukul San Marino, 6 September lalu. The Reds Devil kini menjadi salah satu tim yang berhasil meraih poin sempurna sepanjang kualifikasi.

Dari enam laga yang telah dimainkan, mereka memenangkan semuanya. Mereka memimpin klasemen sementara dengan 18 poin dengan rapor produktivitas yang mengagumkan: Menorehkan 19 gol dan hanya kemasukan satu gol. Ya, dari enam pertandingan kualifikasi Grup I, lima laga terakhir mereka lalui dengan clean sheets.***

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA