#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Aqsa Terbaik di Kelas Tertinggi Kejuaraan P1 Aquacross
11 September 2019 13:45 WIB
FLORIDA - Atlet jet ski andalan Indonesia, Aqsa Sutan Aswar, naik podium utama dalam ajang P1 Aquacross putaran ke-4 di Pensacola Beach, Florida, Amerika Serikat, akhir pekan lalu. Hebatnya, gelar kali ini diraih Aqsa di kelas tertinggi, Pro Endurance 300.

Dalam ajang ini, Aqsa turun bersama sang kakak, Aero Sutan Aswar, di bawah bendera Tim Jetski Indonesia PP IJBA. Mereka bersaing sebanyak empat moto bersama atlet jet ski kelas dunia lainnya. Persaingan pun berlangsung ketat. Namun, Aqsa mampu berada di urutan teratas (hole shoot) sejak moto pertama.

Sejak awal, ia memimpin atlet dunia lainnya seperti, Chris Macclugage, Aero Aswar, Brian Baldwin, dan Eric Francis. Aqsa meraup poin tertinggi pada moto pertama dengan 25 poin. Ia mengalahkan Eric Francis yang mendulang 20 poin. Kemudian pada moto kedua, Aqsa hanya mampu menempati posisi tiga dengan meraih 17 poin. Ia kalah dari Baldwin yang menempati urutan pertama dengan 25 poin.


Baca Juga :
- Salut! Cedera Tak Halangi Aero dan Aqsa untuk Tampil Cemerlang di Amerika Serikat
- Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Aero-Aqsa Saling Doakan yang Terbaik

Namun pada moto ketiga, Aqsa bangkit dengan kembali meraih poin penuh 25. Sayang, pria 21 mengalami kendala mesin pada moto keempat atau moto terakhir. Situasi tersebut membuatnya gagal finis. Sedangkan, Chris Macclugage menjadi atlet yang meraih poin maksimal.

Meski demikian, poin Aqsa dari moto sebelumnya tidak mampu terkejar pesaing. Aqsa menjadi juara setelah secara keseluruhan mengumpulkan 67 poin. Ia menang atas Brian Baldwin dan Chris Macclugage yang sama-sama mengantongi 65 poin. Eric Francis menyelesaikan ajang ini di posisi empat dengan 56 poin.

Sementara itu, Aero Aswar hanya mampu finis di urutan sembilan. Pada moto pertama, ia hanya mampu meraih 12 poin. Kemudian, hasil kurang apik juga terjadi pada moto selanjutnya dengan 2 poin. Sedangkan pada moto ketiga dan keempat, atlet jet ski 24 tahun itu masing-masing 12 dan 13 poin. Secara keseluruhan, Aero mengumpulkan 39 poin.

Hasil ini pun menjadi modal penting bagi Aqsa dan Aero untuk menghadapi World Finals 2019 di Havasu City, Arizona, AS, Oktober mendatang. “Saya menjadi nomor satu. Saya harus mengakui ini adalah balapan yang sulit, tetapi kami berhasil melewatinya,” kata Aqsa dalam akun Instagram terverifikasi miliknya.

Ketua Umum Pengurus Pusat Indonesia Jetsport Boating Association (PP IJBA) Syaiful “Fully” Ihsan mengaku cukup puas dengan performa Aqsa dan Aero. Sebab, meski tidak memiliki waktu istirahat setibanya di AS, keduanya tetap memberikan penampilan terbaik. Ia berharap, Aqsa dan Aero dapat terus berprestasi.


Baca Juga :
- Kendala Mesin Bikin Aero Hanya Finis Posisi 3 dan Aqsa 4
- Jadi Tuan Rumah, Aero dan Aqsa Siap Persembahkan yang Terbaik untuk Indonesia

 “Mereka juga  tidak lagi melakukan proses aklimatisasi suhu mau pun setting jet ski setibanya di AS atau dengan kata lain, ketika tiba mereka langsung mengikuti balapan tanpa penyesuaian. Tetapi mampu memenangi  pertandingan di antara pembalap dunia lainnya," ujar Fully dalam seperti rilis yang diterima TopSkor, kemarin.MUHAMMAD RAMDAN DARI BERBAGAI SUMBER

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA