#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Anoeta Siap Intimidasi Tamunya
12 September 2019 16:10 WIB
SAN SEBASTIAN – Setelah pada tiga jornada pertama di La Liga 2019/20 harus terus berlaga sebagai tim tamu, Real Sociedad akan melakoni laga kandang pertamanya, akhir pekan ini. Stadion Anoeta sudah sepenuhnya selesai direnovasi. Setelah diperbaharui secara bertahap dari 2017, sekarang markas barunya itu siap mengintimidasi tamunya.

Stadion yang juga kerap disebut Coliseo Banquiazul itu sekarang telah memiliki empat stan, yang menambah keriuhan laga; kapasitas meningkat dari 32 ribu ke 39.500 penonton. Sekarang juga sudah tidak ada lagi lintasan atletik, sehingga fan yang hadir bisa lebih dekat untuk memberi dukungan atau tekanan ke pemain di atas lapangan.

Sejauh ini Sociedad baru mengumpulkan tiga dari sembilan poin yang mungkin diraihnya; dari masing-masing sekali menang, seri, dan kalah. Kembali main kandang jadi momentum untuk memperbaiki perolehan angkanya itu, dan mendongkrak posisi untuk bisa naik dari papan tengah menuju ke zona Eropa (target klub pada musim ini).


Baca Juga :
- ​​​​​​​Oblak di Ambang Rekor Reina
- Debut Tak Terlupakan Herrera

Tamu pertamanya di Anoeta yang baru adalah Atletico Madrid. Itu akan menjadi tantangan besar sebab tamunya itu adalah satu-satunya tim yang bisa memenangkan semua pertandingan La Liga musim ini. Kendati begitu, kesempatan besar tetap dimiliki Txurri-Urdin –julukan Sociedad– karena banyak hal terutama tentunya kondisi Anoeta.

Selain motivasi main di rumah dan intimidasi fan, mereka pun juga bermodal rapor baik di pertemuan-pertemuan sebelumnya saat menjamu Atletico. Meski di laga terkini harus menyerah 0-2 di kandang sendiri, di lima perjamuan terakhir (termasuk kekalahan itu) Sociedad mampu tiga kali meraih kemenangan; dua sisanya kalah.

Lebih detail sejak La Liga 2014/15 tuan rumah telah menciptakan tujuh gol dan tamunya membalas dengan lima gol. Juanmi Lopez, Willian Jose, Carlos Vela, mencetak dua gol untuk Sociedad dan Alvaro Morata bagi Atletico. Satu dicatat Imanol Agirretxe (Sociedad), Antoine Griezmann, Yannick Carrasco, dan Mario Mandzukic (Atletico).

Secara keseluruhan di La Liga, Txurri-Urdin telah memenangkan 34 petandingan dari 67 kesempatan menjamu tim ibu kota itu. Sisanya ada 14 hasil seri dan 19 menjadi milik sang tamu; perolehan gol 102 berbanding 75. Di lintas kompetisi Sociedad 36 kali menang, 14 imbang, dan 20 kalah dari 70 kali menjamu Atletico (108 banding 79 gol).

Namun ada kenangan buruk di masa lalu, sebab tamunya itu bisa menang empat kali beruntun pasca tuan rumah meresmikan stadion barunya itu. Tepatnya 17 tahun silam yakni sejak 1993 hingga 2007. Catatan serupa di Anoeta juga sempat kembali bisa diulangi Los Rojiblancos –julukan Atletico– pada rangkaian waktu 2010 sampai 2014.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER


Baca Juga :
- Juve ke Madrid, Emre Can Malah Pergi Liburan
- Update Klasemen Liga Champions, Kamis Dini Hari WIB

 

FAKTA MENARIK
Miguel Angel Moya yang menjadi kiper andalan Real Sociedad musim ini adalah penjaga gawang buangan Atletico Madrid yang dilepas secara gratis pada 2017/18.

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA