#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
​​​​​​​Polemik Posisi De Jong
12 September 2019 16:18 WIB
BARCELONA – Penampilan yang ditunjukan oleh Frenkie de Jong ketika pramusim bersama FC Barcelona bisa dibilang cukup mengesankan. Publik tidak terkejut dengan kegemilangannya dalam beradaptasi dengan cepat di sistem yang diterapkan Ernesto Valverde (pelatih Barcelona). Namun saat menjalani pertandingan resmi di LaLiga, De Jong tidak menampilkan performa seperti ketika di pramusim.

Tidak ada yang meragukan kualitas De Jong. Gelandang kelahiran Arkel, Belanda ini diproyeksikan sebagai pemain penting Barcelona di masa depan. Tetapi saat ini, ia mulai dipertanyakan. Padahal, bersama tim nasional negaranya ia tampil begitu impresif dengan menjadi jendral di lini tengah. Ia bahkan mencetak gol ketika Belanda menghadapi Jerman dalam kualifikasi Piala Eropa Grup C pada Sabtu (6/9) lalu.

Publik heran mengapa performanya di Barcelona dan Belanda sangat berbeda. Namun banyak yang menilai bila masalah penempatan menjadi penyebab mengapa De Jong tak tampil sebaik di Belanda. Jika melihat posisinya di timnas, ia diplot sebagai gelandang box to box. Sementara di Barcelona dipasang di area yang bisa dihuni oleh Sergio Busquets, alias gelandang bertahan.


Baca Juga :
- MSG Belum Panas, Gagal Menciptakan Peluang Berbahaya di Dortmund
- Fati Bisa Mengancam Posisi Dembele

Keputusan Valverde yang menjadikan De Jong sebagai gelandang bertahan pun dipertanyakan oleh legenda Belanda dan Barcelona, Frank de Boer. “Saya menyaksikan pertandingan Barcelona dan Frenkie bermain hampir sebagai pengangkut. Itu bukan lah posisinya. Dia perlu bermain di tengah atau sebagai pengontrol. Saya tak mengerti apa yang diinginkan oleh Valverde,” kata De Boer.

Sependapat dengan De Boer, mantan juru taktik Barcelona, Louis van Gaal juga mempertanyakan tentang penempatan De Jong di skema Valverde. Ia mengatakan bahwa Los Azulgranas tak mendapatkan kinerja yang semestinya dari pemain berusia 22 tahun tersebut. “Dia bermain di posisi yang lebih maju daripada di (AFC) Ajax. Itu harus diubah, tetapi dia memiliki kualitas untuk bisa mencapai sesuatu,” katanya.

Kendati menimbulkan banyak kebingungan, Busquets tak terlalu mempermasalahkan itu. Baginya ini hanya lah masalah waktu sebelum De Jong bisa tampil mengejutkan. “ Frenkie harus beradaptasi dengan gaya yang berbeda, lebih terposisi dari tim sebelumnya. Tetapi dengan kualitas yang ia miliki, ia akan melakukan hal yang menakjubkan,” ujar Busquets.* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER


Baca Juga :
- Dortmund Pantas Optimistis
- Ansu Fati, The New Messi

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA