#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Penyerang Newcastle Siap Menapaki Jalan Sukses Firmino
12 September 2019 16:06 WIB
NEWCASTLE – Penyerang yang lahir di sebelah timur Brasil yang mendapat terobosan besar dengan Hoffenheim sebelum akhirnya pindah ke Liga Primer. Terdengar akrab? Nah, ada banyak persamaan antara Joelinton dan Roberto Firmino yang akan saling beradu pada Sabtu (14/9), ketika Newcastle United FC menantang tuan rumah Liverpool FC di Stadion Anfield dalam lanjutan Liga Primer 2019/20.

ChronicleLive memiliki lima persamaan itu. Keduanya tipikal penyerang tengah modern, tidak menurut tradisi. Baik Joelinton dan Firmino diwakili oleh agen Rogon, yang lama menjalin relasi dengan klub Bundesliga Jerman, TSG 1899 Hoffenheim. Sama-sama merasakan kesulitan pada awalnya, namun pada akhirnya mereka mampu beradaptasi dengan kehidupan baru di Eropa.

Berikutnya, kedua pemain hijrah ke Bundesliga, kemudian ke Liga Primer pada kisaran usia yang sama, 23 tahun. Mereka juga diketahui meminta bayaran yang sama ketika menginjakkan kaki untuk kali pertama di Inggris. Terakhir, yang lebih menakjubkan, dua pemain asal Brasil ini bahkan juga mencetak tiga gol pertama mereka di kompetisi Bundesliga dengan kaki kiri, kaki kanan, dan kepala.


Baca Juga :
- Klopp Cocok Latih Timnas Inggris
- Duel Jilid Dua Chelsea versus Liverpool Bakal Lebih Panas

Yannick Obenauer, mantan pelatih fisik dan pengkondisian di Hoffenheim, adalah salah satu yang pernah bekerja dengan Joelinton dan Firmino. Ia melihat kesamaan fisik dan mental di antara mereka. “Ketika bekerja dengan karet resisten, Joelinton sangat kuat. Saat dia berlari, saya memegang resistance band di belakangnya dengan kuat, Jika tidak saya bisa terpelanting!” kata Obenauer kepada ChronicleLive.

“Joelinton tak hanya memiliki fisik yang kuat, namun juga mental. Dia menggabungkan unsur-unsur sepak bola Brasil dengan ketekunan serta kerja keras. Dalam hal itu, dia banyak mengingatkan saya ketika bekerja dengan Bobby (Firmino),” ujar Obenauer melanjutkan.

Sementara Joelinton melihat Firmino sebagai inspirasi –secara teratur mereka bertukar pesan via Whatsapp–, penyerang The Magpies tersebut tidak lantas menanggapi komparasinya dengan rekan senegaranya tersebut. Pemain kelahiran 14 Agustus 1996 di Aliaca, Brasil itu hanya ingin mengukir jalannya sendiri di sepak bola dan sangat mudah untuk melihat alasannya.

“Mereka telah membuat perbandingan itu sejak saya tiba di Hoffenheim,” kata Joelinton di St James’ Park. “Ketika Bobby meninggalkan Hoffenheim ke Liverpool, saya baru tiba dari Brasil. Dia datang di usia yang sangat muda juga, jadi beberapa fan di sana membuat komparasi di antara kami. Yang pasti, itu tidak akan mempengaruhi mental saya.”

Menurutnya, Firmino memiliki kualitas sebagai pemain hebat dan hal tersebut telah dibuktikannya di Anfield. “Dia inspirasi bagi saya dengan apa yang telah diraihnya bersama Liverpool, seorang juara Liga Champions. Tetapi di dalam lapangan, kami pemain yang berbeda. Saya menjalani kisah saya, begitu pula Bobby. Saya tidak suka dibandingkan karena itu tak mengubah apa pun dari permainan saya."

Sejak pertama kali tiba ke Eropa, pada 2015, Joelinton selalu ditanya soal Firmino, yang sudah menjadi bagian dari skuat senior timnas Brasil. Itu menciptakan banyak sorotan dan tekanan ketika Joelinton, yang ketika itu baru 19 tahun, harus beradaptasi dengan budaya dan iklim baru di Eropa. Maka, awal kehidupannya di Jerman pun dirasanya cukup sulit.

Hanya ketika ia harus pergi sebagai pemain pinjaman, ke Rapid Vienna, pemain bernama komplet Joelintin Cassio Apolinario de Lira tersebut mulai menemukan karakternya. Selama dua tahun dia mati-matian belajar bahasa Jerman hingga menghabiskan waktu di ruang analisis video untuk mencari tahu jenis-jenis permainan yang diperlukannya.

Joelinton kembali ke Hoffenheim sebagai pemain yang jauh berbeda dan segera menarik perhatian tim rekrutmen Newcastle. Dan, akhir pekan ini, dia akan berhadapan dengan Firmino, yang selama ini menjadi inspiratornya. Sementara keduanya memiliki banyak kesamaan, mereka tetaplah dua pemain dan karakter yang sangat berbeda.***NURUL IKA HIDAYATI

Rapor Karier Joelinton

Sport Recife (Brasil)
Periode: 2014-2015
Laga: 39
Gol: 7
Assist: 4

Hoffenheim (Jerman)
Periode: 2015-2019
Laga: 36
Gol: 11
Assist: 9

Rapid Vienna (Austria)*
Periode: 2016-2018
Laga: 79
Gol: 21
Assist: 9


Baca Juga :
- Jadwal Liga Inggris Pekan 6, Sabtu-Minggu 21-22 September 2019
- Barkley Tidak Akan Kapok Mengeksekusi Penalti

Newcastle (Inggris)
Periode: 2019-...
Laga: 4
Gol: 1
Assist: 0

*Pinjaman.
 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA