#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Ada Masanya Newcastle Ungguli Liverpool
14 September 2019 13:38 WIB
LIVERPOOL FC dan Newcastle United FC ibarat langit dan Bumi. Terlalu jomplang untuk dibandingkan. Faktanya, musim lalu, Liverpool jadi runner-up Liga Primer dan sukses menjuarai Liga Champions yang jadi gelar keenam di kompetisi tersebut.

Di sisi lain, Newcastle hanya finis di urutan 13. Jangankan ke Eropa, untuk menghindar dari zona degradasi pun, mereka sempat kesulitan.

Namun, seperti roda, demikian perjalanan nasib kedua tim. Dalam sepak bola, tidak ada yang pasti. Pada dekade 1990-an, justru Newcastle yang sering mengungguli Liverpool. Termasuk, pada 1995/96 ketika finis di urutan kedua di bawah Manchester United FC. Newcastle yang mengoleksi 78 poin hanya tertinggal empat angka dari The Red Devils (82 poin).


Baca Juga :
- Klopp Tak Peduli soal Kemenangan Ke-100 di Liga Primer
- Mantan Striker Liverpool Jadi Sosok Kunci Kebangkitan The Saints

Bagaimana dengan Liverpool? Ketika itu, masih berada di urutan tiga yang terpaut tujuh angka dari Newcastle.

Musim itu, sangat dikenal bagi segenap fan The Magpies. Sebab, mereka nyaris juara. Namun peluang untuk merengkuh gelar perdana di Liga Primer sirna. Penyebabnya, kekalahan 3-4 dari Liverpool di Anfield pada pekan ke-33 yang membuat Newcastle kian tertinggal dari Man. United yang akhirnya juara.

Sejarah mencatat, duel tersebut sebagai salah satu yang paling legendaris di Liga Primer. Meski, itu tidak mengubah keadaan. Sebab, Newcastle gagal juara. Pun demikian dengan Liverpool yang harus menyaksikan rival abadinya, Man. United berpesta.

Sisi positifnya, The Reds mampu mempertahankan rekor tak terkalahkan di Anfield dengan Newcastle. Bahkan, berlangsung hingga kini sejak kali terakhir takluk pada 1994 yang berarti sudah 25 tahun. Termasuk, musim lalu ketika Mohamed Salah dan kawan-kawan pesta empat gol tanpa balas.

Padahal, ada Rafael Benitez yang jadi arsitek Newcastle. Sekaligus, pahlawan Liverpool saat juara Liga Champions 2004/05. Kini, pria asal Spanyol itu sudah hengkang. Memilih bergabung dengan klub Cina, Dalian Yifang sejak 2 Juli lalu. Pada saat yang sama, Steve Bruce dipercaya sebagak nakhoda Newcastle.

Pelatih 58 tahun ini punya beban berat untuk menghentikan hegemoni Liverpool atas klubnya di Anfield. Maklum, Newcastle kerap inferior jika menyatroni kandang The Reds tersebut. Pasalnya, The Magpies baru 10 kali menang dari 46 pertemuan dengan rasio mencapai 21,7 persen.


Baca Juga :
- Wolverhampton Merangsek ke Papan Atas
- Man. United Siap Lanjutkan di Derbi

Meski, dalam sepak bola, apa pun bisa terjadi. Termasuk, jika mereka mampu mengalahkan Tottenham Hotspur FC 1-0 di kandanganya pada 24 Agustus lalu. Pun demikian yang akan dicoba Bruce saat menghadapi Liverpool di Anfield.*CHOIRUL HUDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA