#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Ansu Fati, The New Messi
16 September 2019 11:10 WIB
BARCELONA – Pesta gol terjadi pada bigmatch yang terjadi di jornada keempat La Liga 2019/20. FC Barcelona berhasil kembali ke jalur kemenangan (usai ditahan imbang CA Osasuna) dengan menang telah 5-2 atas tamunya Valencia CF, Sabtu (14/9) atau Minggu dini hari WIB. Pertandingan di Stadion Camp Nou itu menjadi panggung tersendiri bagi Ansu Fati.

Semakin jelas bahwa bintang baru telah lahir di Los Azulgrana, julukan Barca. Lebih dari itu, Fati yang telah menjadi fenomena di musim ini menjelma sebagai new (Lionel) Messi, atau Messi baru. Pada duel sebesar kemarin, winger 16 tahun ini sukses mengambil sorotan utama yang biasanya tentu mengarah ke megabintang klubnya itu.

La Pulga (si Kutu) –julukan Messi– yang masih hanya harus berada di tribune akibat cederanya bisa tersenyum lebar melihat Fati di lapangan, di usianya yang kini tak lagi muda (32 tahun). Fati yang seharusnya bermain di antara anak muda lainnya malah bisa berada di tengah pemain senior yang lebih matang darinya, dan di sana ia tetap bisa bersinar.


Baca Juga :
- Messi Unstoppable, Suarez Cedera
- Malapetaka 7 Menit di Ciutat de Valencia, Tandang Momok Barca

Sinar winger asal Guinea-Bissau ini bahkan tak hanya menyita perhatian seisi stadion. Ledakannya pun seolah menutupi “hal besar” lainnya seraya Eden Hazard yang menjalani laga resmi pertama di Real Madrid, atau kekalahan Atletico Madrid dari Real Sociedad, yang tak lain jadi yang perdana setelah selalu menang di tiga jornada La Liga sebelumnya.

Di Camp Nou, Fati yang diberi kesempatan pertamanya tampil starter menambah derita Valencia yang terus berada dalam krisis. Saat laga baru memasuki menit kedua, ia sudah mencatatkan namanya di papan skor. Assist pun dicetak selang enam menit, dan membuatnya jadi pemain termuda yang mencetak gol dan assist di satu laga La Liga; 16 tahun 318 hari.

Itu golnya yang kedua, usai sebelumnya jadi pencetak gol termuda Barca di liga saat lawan Osasuna; 16 tahun 304 hari. Kemarin, golnya tercipta setelah menyambar umpan silang mendatar Frenkie De Jong. Ia pun lekas membalas budi sebab assist-nya diberi ke De Jong dengan umpan cutback usai berakselarasi di kiri serangan melewati satu lawan.

Terlepas dari produktivitasnya itu, winger yang langsung promosi dari Barca U-19 ke senior (tanpa melalui Barca B) sukses melakukan semua yang diminta pelatih Ernesto Valverde. Ia tampil ngotot, menebar bahaya, tak segan membantu pertahanan; merebut bola atau jauh turun ke bawah, sebelum mendapat standing ovation saat keluar menit 60.

“Apa yang Ansu lakukan hari ini adalah hal yang tidak normal,” kata Valverde, usai laga. “Ia adalah pemain yang punya sesuatu yang istimewa. Bagi pemain seusianya ia tampak lebih dewasa. Apa yang kita lihat di lapangan adalah apa yang ditunjukkannya saat latihan. Ansu telah memberi kami banyak hal, tapi ia masih 16 tahun sehingga kami harus tenang”.


Baca Juga :
- De Jong, Semedo, dan Suarez Kemungkinan Besar Dirotasi
- Valladolid Melengkapi Koleksi Korban Suarez

Lebih lanjut pelatih 55 tahun itu mengakui bahwa pergantian dilakukan sebab Fati terlihat mengalami kelebihan beban saat istirahat. “Ia harus terus belajar untuk mengetahui kondisi tubuhnya. Di kategorinya, ia dalam tahap pertumbuhan. Ia fokus dan sangat baik jadi saya tak khawatir soal sorotan media. Ia akan jadi sangat besar,” ucapnya.*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA