#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Dortmund Pantas Optimistis
17 September 2019 13:11 WIB
DORTMUND – Grup F Liga Champions 2019/20 merupakan grup neraka. Di sana ada FC Barcelona, Borussia Dortmund, FC Internazionale Milano, dan Slavia Praha. Dua nama terdepan sudah harus bentrok di matchday pertama dengan klub asal Jerman bertindak sebagai tuan rumah. Kendati berat, mereka punya banyak faktor untuk optimistis, berikut analisisnya:

           

Jadon Sancho On Fire


Baca Juga :
- Perubahan Radikal Nasib Rakitic
- Dortmund Butuh Winger Muda Inggris Ini

Salah satu senjata andalan Dortmund saat ini adalah Jadon Sancho. Winger asal Inggris itu telah mencetak dua gol dan empat assist dalam empat pertandingan awal di Bundesliga. Selain itu, Sancho juga mencetak dua gol untuk negaranya ketika Inggris berhadapan dengan Kosovo (10/9) di ajang kualifikasi Piala Eropa 2020. Pelatih Dortmund, Lucien Favre jelas akan bertumpu padanya ketika bertemu Barcelona nanti.

 

Kemungkinan Messi Tidak Main

Keberadaan Lionel Messi di Barcelona memang membuat semua lawan, termasuk Dortmund waswas. Favre tidak bisa mengindahkan bahwa bahwa strategi yang ia jalankan pastinya akan fokus menjaga pergerakan pemain berjulukan si Kutu itu. Meski sudah 32 tahun, kehebatan Messi belum juga luntur. Musim lalu dia membukukan 12 gol di Liga Champions. Torehan totalnya adalah 120 gol dari 144 pertandingan.

Namun, cedera betis di pramusim ini menghambat Messi sehingga belum beraksi musim ini. Dia sudah bergabung dalam latihan tim dan diikutsertakan ke Dortmund. Tuan rumah sendiri berharap sang bintang tidak dimainkan mengingat baru pulih.

 

Paco Alcacer, Mantan Barca

Paco Alcacer resmi dipermanenkan oleh Dortmund pada musim panas ini setelah berstatus sebagai pemain pinjaman dari Barcelona selama satu musim. Selama membela Barcelona, penyerang asal Spanyol ini tak mendapatkan tempat di skuat utama karena harus bersaing dengan Messi, Neymar Junior, dan Luis Suarez. Namun, situasinya berbeda di Dortmund, ia bisa tampil subur dalam skema yang diterapkan oleh Favre.

Mantan pemain Valencia tersebut musim ini mencatatkan statistik gemilang dengan mencetak gol di tiap pertandingan yang ia mainkan bersama Dortmund dan Spanyol. Jika ditotal, ada sepuluh gol yang sudah ia sarangkan dalam delapan laga. Alcacer mencetak tiga gol dari dua laga di Kualifikasi Piala Eropa 2020 bersama Spanyol, serta dengan Dortmund ia membukukan lima gol di Bundesliga, dan masing-masing satu di DFB-Pokal dan DFL-Supercup.

 

Keangkeran Signal Iduna Park

“Dortmund memiliki sesuatu yang magis dari para penggemarnya dan Sudtribune (suporter di tribune selatan),” ujar Alcacer. Ya, Signal Iduna Park menjadi pemain ke-12 ketika tim berjulukan Die Borussen ini menerima tamunya. Pada penyisihan grup Liga Champions 2018/19, tak ada satu pun tim (Atletico Madrid, AS Monaco, dan Club Brugge) yang bisa mencetak gol di sana.

 

Bukan Tempat untuk Tim Spanyol

Klub-klub Spanyol tak ada yang menyukai bermain di Dortmund. Atletico, yang merupakan tim Spanyol terakhir yang menjadi pengunjung, dibantai habis dengan empat gol tanpa balas. Dalam 15 pertandingan kandang di kancah Eropa melawan tim Spanyol, Dortmund hanya kalah tiga kali. Sementara lima dari tujuh laga terakhir berhasil mereka menangkan, sisanya berakhir dengan satu kekalahan dan imbang.* GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER


Baca Juga :
- Lawan Inter, Barca Rotasi Besar-besaran
- Momen Penentuan Inter

 

                     

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA