#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS
Begini Rencana Timnas U-16 untuk hadapi Mariana Utara, Malam Nanti
18 September 2019 11:23 WIB
JAKARTA - Kepercayaan diri skuat timnas Indonesia U-16 tengah melambung tinggi. Pada laga pembuka Pra-Piala Asia (PPA) U-16 2020 Grup G, timnas U-16 berhasil melumat Filipina dengan skor 4-0 di Stadion Madya, Senayan, Senin (16/9) lalu. Namun, pelatih skuat Garuda Muda, Bima Sakti Tukiman meminta skuatnya tidak cepat puas.

Ia meminta kepada skuatnya untuk meningkatkan performa saat menghadapi Kepulauan Mariana Utara dalam laga kedua di Stadion Madya, Senayan, Rabu (18/9) atau malam hari ini. Tim yang akan menjadi lawan Marcell Januar Putra dan kawan-kawan memang belum meraih kemenangan dalam dua laga yang telah dilakoni. Dua kali main, tim asuhan pelatih Mita Michiteru itu kebobolan 12 gol, masing-masing kalah dengan skor 0-7 dari Filipina dan takluk 1-5 dari Brunei Darussalam. Tapi, Bima tak ingin skuatnya menganggap remeh Mariana Utara.

“Yang pasti kami akan melakukan beberapa rotasi karena kemarin ada yang main 90 menit dan mereka sudah tampil maksimal.  Dan saya selalu tekankan kepada anak-anak jangan anggap remeh dan ada rotasi untuk yang lain. Karena kami harus bermain satu hari, istirahat satu hari, dan besoknya bermain lagi,” ucap Bima.


Baca Juga :
- Duel Barito vs PSIS, Tekad Perpanjang Tren Positif
- Bima Sakti Semringah Programnya Diterima PSSI

“Dan kami juga tidak boleh terbawa beban untuk bikin gol, kami harus bermain dengan skema kita ala Indonesia, harus sabar, harus fokus semuanya dan saya juga berharap pemain tidak terlalu dipuji berlebihan karena belum apa-apa. Dan jangan pernah sombong karena mereka prosesnya harus lebih baik,” Bima menambahkan.

Tak dimungkiri bukan hanya satu atau dua pemain saja yang bakal dirotasi. Nama-nama yang mungkin akan diberi kepercayaan menjadi starter adalah Alfredo Tata pada lini bertahan, Dimas Juliono Pamungkas pada lini tengah, dan Wahyu Agong Drajat, Diandra Diaz Dewari di lini depan.

Pada sesi latihan terakhir di lapangan A, kompleks Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (17/9) pagi kemarin, Bima memberikan materi penyelesaian akhir. Ia mengatakan selain efektivitas dalam bermain, proses penyelesaian akhir masih menjadi kendala skuatnya ketika melawan Filipina. Ia berharap hal tersebut tak terulang dalam laga ini.

“Makanya kami selalu sampaikan setiap ada peluang harus bisa bikin gol. Karena gol ini sangat penting, dan sempat kejadian kemarin turnamen di Myanmar (Boys Elite U-16 Turnament 2019) kami hanya kalah selisih gol dari Korea Selatan dan akhirnya mereka yang juara, kami runner-up,” ucap Bima.

Selain itu, empat pemain andalan timnas U-16: gelandang Muhammad Valeron, Marselino Ferdinan, bek kanan Alfin Farhan Lestaluhu, dan penyerang Ahmad Athallah Araihan mendapat evaluasi khusus dari Bima usai menjalani sesi latihan pagi kemarin. Bima menyebut dalam laga menghadapi Filipina, Alfin sedikit grogi karena baru pertama bermain di hadapan pendukung sendiri dengan jumlah penonton lebih dari 3.000 orang.

Sedangkan, Marselino ada beberapa sitauasi yang seharunya bisa dimainkan strategi taktik sepakan pojok namun malah menembak langsung ke gawang. Athallah kemarin juga ada satu peluang tidak boleh egois.

“Jadi harus tahu kapan harus egois kapan harus passing ke teman yang punya peluang bikin gol lebih besar. Kalau Valeron dia harus lebih enjoy lagi karena kemarin orangtuanya nonton mungkin ada sedikit beban jadi mungkin ke depan harus bisa lebih enjoy lagi,” ujar Bima.

Kapten timnas U-16, Marcell Januar Putra menambahkan pemain harus lebih percaya diri di pertandingan kedua melawan Mariana Utara. “Kami persiapkan mental, fisik, dan cara bermain kami sesuai Filanesia (Filosofi Sepak Bola Indonesia) itu saja persiapan kami untuk menghadapi pertandingan besok (hari ini),” kata Marcell.***SUMARGO PANGESTU

 


Baca Juga :
- Timnas Futsal Indonesia Fokus hadapi Vietnam untuk Merebut Tiket Semifinal
- Tiga Kriteria Pemain Senior yang Dibutuhkan Timnas SEA Games

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA