#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Beban Pelatih Muenchen Kian Berat
18 September 2019 13:35 WIB
MUENCHEN – Reputasi FC Bayern Muenchen yang bukan hanya raksasa Jerman tetapi juga Eropa berimbas pada nasib dan masa depan para pelatihnya. Hal tersebut terlihat dalam beberapa tahun terakhir.

Situasi ini juga dirasakan Niko Kovac. Ia akan menghadapi tekanan yang lebih berat di musim keduanya sebagai pelatih Die Bayern. Pelatih asal Kroasia ini bukan hanya dituntut mempertahankan gelar ganda, Bundesliga dan Piala Jerman, yang diraih Muenchen musim lalu. Tapi, dia juga harus membawa klub itu mencapai prestasi yang lebih baik di Liga Champions. Jika target ini tidak terpenuhi, Kovac hampir pasti kehilangan jabatannya.

Musim lalu, Kovac hanya bisa mengantarkan Muenchen hingga 16 besar Liga Champions. Langkah mereka terhenti setelah kalah dari Liverpool FC. Ini pencapaian terburuk Die Bayern di kompetisi elite Eropa tersebut sejak 2010/11, saat disingkirkan FC Internazionale di fase yang sama.


Baca Juga :
- Penyerang Muenchen Ini Harus Selalu Dimainkan
- Flick Lewati Ujian Awal di Muenchen dengan Fantastis

Wajar jika kemudian Kovac juga dibebani target membawa Muenchen melangkah lebih jauh di Liga Champions musim ini. Peningkatan prestasi pada musim kedua memang jadi keharusan bagi para pelatih Muenchen. Ini bisa dilihat dari catatan beberapa pendahulu Kovac.

Carlo Ancelotti membawa Die Bayern mencapai perempat final pada musim pertamanya (2016/17).  Dia tidak bisa merampungkan tugas pada musim kedua karena keburu dipecat pada 28 September 2017 saat timnya masih bersaing di fase grup. Tapi, Juup Heynckes yang menggantikannya berhasil membawa Muenchen ke semifinal.

Pelatih Muenchen sebelumnya, Pep Guardiola, mencatatkan prestasi konsisten dengan selalu mencapai semifinal dalam tiga musim kiprahnya (2013-2016). Pencapaian paling impresif ditorehkan Heynckes antara 2011 dan 2013. Di musim pertamanya, Die Bayern kalah dari Chelsea FC pada final di Allianz Arena. Dia lalu memperbaiki prestasi itu di musim keduanya dengan mengalahkan Borussia Dortmund pada final di Wembley.

Kini, di Liga Champions, Kovac harus lebih dulu memastikan Muenchen meraih poin penuh pada laga pertama Grup B saat menjamu Red Star Belgrade di Allianz Arena, Rabu (18/9). Ini bukan tugas mudah. Apalagi, Die Bayern tengah terpukul setelah hanya bermain imbang 1-1 dengan RB Leipzig di Bundesliga, akhir pekan lalu. Hasil ini membuat mereka tertahan di peringkat keempat klasemen.

Meski begitu, Muenchen tetap jadi favorit lawan Red Star karena kualitas skuat yang jauh lebih baik. Die Bayern juga punya striker Robert Lewandowski yang tengah on-fire dengan selalu mencetak dalam keempat laga pertama di Bundesliga dengan total tujuh gol. Dia juga punya catatan impresif di Liga Champions dengan 53 gol dalam 80 laga.

Catatan ini menempatkannya di peringkat keenam daftar top scorer Liga Champions sepanjang masa. Lewandowski hanya butuh tiga gol untuk menyamai rekor Ruud Van Nistelrooy yang menduduki peringkat kelima.

“Dia dalam kondisi yang sangat bagus dan kami butuh Lewy untuk bisa sukses musim ini. Saya tidak mau memberi angka, tapi jika terus seperti ini, selalu mencetak gol dalam setiap laga, dia bisa mencapai lebih dari 30 gol,” kata bek tengah Niklas Suele.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

MUENCHEN – RED STAR
Stadion: Allianz Arena
Wasit: Bobby Madden
Prediksi TopSkor: 60-40

MUENCHEN 4-2-3-1
Pelatih: Niko Kovac

1 Neuer

5 Pavard
4 Suele
17 Boateng
21 Hernandez

32 Kimmich
6 Alcantara

29 Coman
10 Coutinho
14 Perisic

9 Lewandowski

Cadangan: 26 Ulreich, 33 Mai, 8 Javi Martinez, 19 Davies, 24 Tolisso, 22 Gnabry, 25 Mueller         

RED STAR 4-2-3-1
Pelatih: Vladan Milojevic

82 Borjan

77 Gobeljic
19 Milunovic
5 Degenek
18 Jander

87 Canas
29 Jovancic   

31 Nabouhane
10 Marin
92 Vukanovic

9 Pavkov


Baca Juga :
- Gol ke Gawang Olympiacos Memiliki Arti bagi Lewandowski
- Laga Terpenting Muenchen

Cadangan: 1 Popovic, 15 Babic, 6 Pankov, 21 Simic, 91 Van La Parra, 7 Vulic, 11 Garcia

Pertemuan Terakhir:
25/10/07       Liga Europa   Red Star 2-3 Muenchen
 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA