#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Stimulus Espanyol untuk Liga Domestik
19 September 2019 13:01 WIB
BARCELONA – RCD Espanyol akan memulai langkahnya di fase grup (Grup H) Liga Europa 2019/20 dengan menjamu Ferencvaros TC, Kamis (19/9) atau Jumat dini hari WIB. Laga ini sangat dinanti sebab dua hal; Ini menjadi kali pertama klub kembali berkompetisi di sana sejak 2006/07, dan sebagai stimulus untuk bangkit di La Liga.

Espanyol memang mengawali Liga Spanyol musim ini dengan tidak memuaskan. Kemenangan atas SD Eibar di akhir pekan lalu jadi poin penuh pertama yang diraih dari empat jornada yang telah dilakoni. Pada tiga pertandingan awal ada dua yang berakhir kalah dan sekali seri, sehingga mereka harus berjuang menghindari zona degradasi.

Sekarang, harapan besar dimiliki saat tim kembali ke kancah Eropa. Pasalnya sejauh ini Los Periquitos –julukan Espanyol– seolah terus mendapat suntikan energi tersendiri kalah bergelut di sana, yang diharap nantinya bisa menular ke La Liga. Keberadaan mereka di fase grup Liga Europa memang didahului dari babak kualifikasi.


Baca Juga :
- Masa Depan Pelatih Espanyol Ini Didiskusikan di Cina
- Espanyol Bermodalkan Jago Tandang ke Moskow

Sebelum jadi bagian dari 48 peserta yang ada kini, tim asuhan David Gallego telah menyisihkan tiga klub; Stjarnan Gardabaer, FC Luzern, Zorya Luhansk. Di babak kualifikasi ada enam pertandingan yang dilakoni (kandang-tandang lawan tiap musuh), dan klub sama sekali tak merasakan kekalahan; lima kemenangan dan sekali imbang.

Lebih detail, dari situ Espanyol menciptakan 16 gol, hanya kemasukan empat gol, dan ada tiga clean sheet (laga tak kemasukan). Rapor di Liga Europa itu sangat kontras dengan yang terjadi di La Liga yakni hanya mencetak dua gol, kebobolan enam, dan satu clean sheet (Lawannya; Sevilla FC, Deportivo Alaves, Granada CF, dan Eibar).

“Tentu iya,” kata Diego Lopez, kiper Espanyol, perihal Liga Europa jadi stimulus untuk bangkit di La Liga. “Semua yang ada di level Eropa memotivasi kami dan sangat positif. Semua pemain seperti punya tambahan energi karena terlibat dalam dinamika. Kami akan memanfaatkan betapa berartinya bermain di Eropa untuk terus tumbuh”.

Meski di atas kertas jauh diunggulkan, Los Periquitos bukan tanpa masalah untuk bentrokan nanti. Penyerang anyar andalan mereka Facundo Ferreyra tidak dapat tampil karena mengalami cedera. Padahal sejauh ini pemain pinjaman dari SL Benfica itu jadi top scorer tim dengan tujuh gol (satu assist) dari sembilan pertandingan.

Ferencvaros pun tak bisa diremehkan sebab punya cerita manis saat bermain di Spanyol. Tim asal Hungaria ini menyingkirkan Athletic Bilbao di ronde pertama Piala UEFA 1982/83 usai menang tandang 2-1. Dan pelatih mereka Serhii Rebrov, jadi salah satu pencetak gol Dynamo Kiev yang menang tandang 4-0 atas FC Barcelona di Liga Champions 1997/98.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

ANGKA


Baca Juga :
- Start Buruk, Empat Pelatih La Liga Terancam Dipecat
- Krisis Bersejarah Espanyol

2

Ferencvaros sudah pernah menghadapi dua tim Spanyol; Bilbao dan Madrid. Dari empat laga yang dilakoninya itu (kandang-tandang) berakhir satu menang, dua seri, sekali kalah.

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA