#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Zarco: KTM Tak Memberi Saya Kepercayaan
19 September 2019 09:05 WIB
ARAGON – Red Bull KTM Racing mengonfirmasi tak lagi diperkuat Johann Zarco untuk sisa MotoGP 2019. Tercatat mulai putaran ke-14 di Sirkuit Motorland Aragon, Aragon, Minggu (22/9), posisinya akan digantikan oleh pembalap penguji KTM, Mika Kallio, sekaligus jadi rekan duet Pol Espargaro.

Belum juga menemukan performa terbaik di atas RC16 membuat Zarco sadar diri untuk mengakhiri kontrak lebih cepat. Ya, beberapa waktu lalu, dirinya menyatakan bakal meninggalkan KTM usai MotoGP 2019. Namun, petinggi Red Bull memutuskan mengakhiri kerja sama dengan pria asal Prancis itu lebih awal.

“Johann dan KTM memang memutuskan mengakhiri kerja sama di akhir musim. Tapi, pengembangan dan pekerjaan yang sedang berjalan jadi prioritas. Johann akan mengakhiri tugasnya di MotoGP tapi kontraknya bersama KTM akan tetap berakhir di pengujung musim ini,” ujar KTM dalam laman resmi, kemarin.


Baca Juga :
- Zarco Gantikan Nakagami, Indikasi Honda Bakal Depak Lorenzo Menguat
- Syahrin: Moto2 Bukan Kelas Baru Bagi Saya

Prinsipal Red Bull KTM Pit Beirer mengatakan, keputusan tersebut merupakan yang terbaik bagi masa depan tim. Saat ini, KTM membutuhkan hasil terbaik dari kedua pembalapnya di tiap lomba. Ia pun yakin, Kallio adalah sosok tepat untuk mendampingi Espargaro dalam enam putaran sisa, musim ini.

“Kami harus membuat keputusan untuk memastikan bahwa tim menggunakan sumber daya dengan cara sebaik mungkin. Apalagi, saat ini, kami ada di arah positif dengan struktur MotoGP. Kami meyakini, pengetahuan dan latra belakang Mika dapat membantu dalam tahap ini,” kata Beirer via Crash.net.

Kabar menyebut, Kallio tak hanya menggantikan Zarco untuk sisa musim ini, melainkan jadi pembalap tetap KTM hingga MotoGP 2020. Pasalnya, hingga kini, belum ada kejelasan soal siapa pengganti Zarco yang sejatinya habis kontraknya, tahun depan. Kolaborasi antara Kallio dan Espargaro diklaim tepat.

“Penting bagi kami memverifikasi hasil pengujian dalam lomba agar memulai 2020 di posisi terbaik. Mika telah membuktikan kemampuannya di atas RC16 dan kami senang bahwa ia bergabung sebagai pembalap. Kami akan fokus pada setelan baru dan berjuang mendapat poin di sisa lomba,” kata Beirer.

Meski resmi berpisah, KTM tetap memberi fasilitas kepada Zarco untuk meningkatkan kemampuan. “Kami bangga dengan usaha yang diperlihatkan Johann sejak bergabung dengan tim, November lalu. Tapi, sekarang, kami harus memikirkan masa depan. KTM akan mendukungnya hingga habis kontrak,” ujarnya.

Keinginan KTM untuk merekrut Zarco, tahun lalu, didasari penampilan apiknya sepanjang 2018. Saat itu, bersama Monster Yamaha Tech3, ia beberapa kali terlibat persaingan di barisan terdepan. Sayang, pemandangan itu tak lagi terlihat bersama KTM. Bahkan, ia kesulitan menaklukkan RC16 di lintasan.


Baca Juga :
- Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP San Marino: Tak Ada Marquez di Barisan Terdepan!
- MotoGP Gelar Uji Coba di Sirkuit KymiRing, Sirkuit MotoGP Finlandia 2020

“Saya selalu merasa tak bisa menghadapi situasi ini. Padahal, sudah berusaha keras. Tapi, hasilnya hanya cukup untuk posisi ke-11 atau 12. Mungkin saya bisa menemukan motor yang cocok, tahun depan, hingga punya perasaan dan kesenangan seperti dulu. Sekarang, saya berakhir dengan KTM,” kata Zarco.

Dengan keputusan ini, Zarco dipastikan tak lagi terlibat dalam semua kegiatan lomba KTM. “Saya tak mendapat panggilan tes tertutup di Aragon dari KTM. Mungkin akan ada motor baru di sana. Tapi, bagaimanapun, saya tak lagi mendapatkan kepercayaan dari KTM,” ujar pembalap 29 tahun tersebut.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA