#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Krisis Bek Tengah Man. City Tambah Parah
19 September 2019 14:11 WIB
MANCHESTER – Kekalahan dari Norwich City FC seolah belum cukup, situasi yang dihadapi Josep “Pep” Guardiola tambah pelik. Setelah kepergian Vincent Kompany dan Aymeric Laporte cedera, kini John Stones mungkin absen enam pekan akibat problem otot yang dialami saat latihan. The Citizens butuh solusi cepat untuk krisis defensif ini.

“Dia (Stones) harus absen antara empat hingga enam minggu. Dia mendapatkan cedera dalam sesi latihan. Menurut tim medis kami, ini adalah masalah otot,” kata Guardiola pada Selasa (17/9) di sela-sela persiapan timnya melawan FC Shakhtar Donetsk di Liga Champions.

Cedera ligamen lutut Laporte telah membuatnya absen hingga tahun depan. Belum diketahui pasti kapan bek tengah asal Prancis itu bisa kembali memperkuat The Citizens. Sementara Stones akan menjalani perawatan sampai akhir Oktober. Itu artinya hanya Nicolas Otamendi bek tengah senior yang tersisa dalam skuat Guardiola.


Baca Juga :
- Manchester City Belum Jadi Masalah untuk Liverpool
- Duel Liverpool versus Man. City Jadi Adu Filosofi Taktik Kontradiktif

Ini membuat pelatih asal Spanyol itu harus memutar otak mencari solusi. Ia telah mempersiapkan rencana darurat dengan memplot Fernandinho atau Kyle Walker sebagai opsi bek tengah alternatif. Gelandang anyar Rodri Hernandez juga telah menawarkan diri untuk mengisi posisi tersebut.

Pilihan Pep memang kian terbatas setelah Tosin Adarabioyo dan Philippe Sandler dipinjamkan ke klub lain, masing-masing ke Blackburn Rovers FC dan RSC Anderlecht. Bukan tidak mungkin pelatih asal Spanyol itu akan mempromosikan dua bek muda, Eric Garcia (18 tahun) dan Taylor Harwood-Bellis (17 tahun).

“Bagi saya sebagai pelatih, (masalah) ini tantangan yang luar biasa. Tetapi saya percaya pada sesuatu yang orang tidak tahu, yakni semangat dan komitmen seluruh pemain Man. City. Kami pasti akan membuat langkah maju untuk menyelesaikan krisis ini,” ujar Pep optimistis.

Stones tampil starter bersama Otamendi di jantung pertahanan saat melawan Norwich City FC dan duet bek tengah itu sering kali meninggalkan posisi mereka sehingga para penyerang The Canaries mampu mencetak tiga gol yang berujung kekalahan 2-3 untuk The Citizens. Namun Guardiola telah membela mereka.

“Saya sangat menghargai dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan John (Stones) dan Nico (Otamendi). Sepak bola bukan tentang bagaimana Anda menangani situasi yang baik. Ini tentang bagaimana Anda menangani yang buruk,” katanya.

Setidaknya, Guardiola telah memberikan sinyal soal peluang memainkan Fernandinho saat menghadapi Watford FC di Etihad pada Sabtu (21/9). Selain itu, survei di antara suporter Man. City pun mendukung sang pelatih untuk menggeser gelandang asal Brasil tersebut bermain lebih ke belakang, di jantung pertahanan.

Atribut Fernandinho menjadikannya kandidat terbaik untuk mengisi peran di sektor bek tengah. “Semua orang tahu dia adalah gelandang bertahan. Namun Fernandinho memiliki syarat untuk bermain sebagai bek tengah,” kata Pep. “Dia cerdas, cepat, kuat dalam header dan build-up serangan. Dia juga punya kualitas membaca permainan.”

Jika ada pelatih yang bisa mengawasi perpindahan Fernandinho kembali ke pertahanan Man. City, jelas itu Guardiola. Nama pria Spanyol itu identik dengan filosofi sepak bola yang menguasai Eropa selama dekade terakhir. Tetapi yang paling penting, dia juga tahu satu atau dua hal tentang mengubah gelandang menjadi pemain bertahan.

Ini keahlian yang dikuasai Guardiola sebagai pemain, juga sebagai pelatih. Satu dekade lalu, penggemar Manchester United FC (MU) mulai khwatir ketika Pep memasang Yaya Toure sebagai bek tengah dalam laga final Liga Champions 2009 karena Dani Alves cedera dan Eric Abidal diskors. FC Barcelona juara berkat kemenangan 2-0.

Javier Mascherano berjuang merebut tempat di tim inti Barca ketika dia awalnya pindah ke Camp Nou dari Liverpool FC pada 2010. Pada akhir musim pertamanya, gelandang pekerja keras asal Argentina itu membawa Barca juara Liga Champions 2010/11. Tetapi hanya setelah Guardiola menempatkannya di bek tengah bersama Gerard Pique.***NURUL IKA HIDAYATI


Baca Juga :
- The Citizens Tidak Lagi Sama
- Manchester City Rela Kehilangan Sane Asal Muenchen Siapkan Rp 1,2 Triliun

 

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA