#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Ricciardo Ingin Renault R.S.19 Kencang di Marina Bay
20 September 2019 09:30 WIB
MARINA BAY – Menghadapi putaran ke-15 Formula 1 (F1) 2019 di Sirkuit Jalan Raya Marina Bay, Singapura, Minggu (22/9), Daniel Ricciardo mendesak Renault agar meningkatkan R.S.19. Ia berharap dapat berkendara dengan nyaman di trek yang memiliki banyak tikungan berkecepatan rendah dan butuh efek downforce besar.

Sepanjang musim ini, Ricciardo kesulitan bertarung dengan para rival, terutama saat di tikungan. Itu terbukti dari hasil yang didapatnya ketika finis di posisi keempat pada putaran ke-14 di Sirkuit Monza, Italia, 8 September lalu. Itu menandakan R.S.19 memiliki kecepatan yang baik tapi memiliki kelemahan di tikungan.

“Sejak lomba di Kanada, kami tak mendapat hasil kuat. Menyenangkan akhirnya bisa memiliki hasil positif. Setiap datang ke Monza, kami selalu dirundung kurang semangat. Jadi, ketika dapat membalikkan keadaan dan meraih hasil terbaik di Monza merupakan hal istimewa,” kata Ricciardo seperti dilansir Crash.net.


Baca Juga :
- Aktifitas On-track GP Jepang Hari Sabtu Dibatalkan, Ketua Tim F1 Kompak Setuju
- 5 Momen Tak Terlupakan dari Grand Prix Singapura

Pria asal Australia itu berharap teknisi dapat membuat mobil tak hanya melaju cepat tapi juga mudah dikendalikan saat memasuki tikungan. Sirkuit Jalan Raya Marina Bay memang dikenal spesial karena banyaknya tikungan berkecepatan rendah. Mobil dengan efek downforce yang baik dapat memiliki hasil lomba terbaik.

“Semoga kami dapat mempelajari sesuatu dari sirkuit yang memiliki efek downforce rendah dan membawanya ke sirkuit dengan efek downforce besar seperti di Singapura. Mereka yang ada di markas besar, Enstone, Inggris, telah bekerja keras dalam beberapa pekan terakhir untuk membangun mobil,” kata Ricciardo.

Selain membutuhkan efek downforce, Ricciardo juga ingin R.S.19 memiliki kinerja konsisten di tiap lomba. Sepanjang tahun ini, Ricciardo kerap finis di bawah zona poin dan sudah tiga kali gagal finis. “Kami datang ke Singapura dengan banyak hal yang bisa dipelajari dan berusaha merealisasikan,” ujarnya.

Memiliki catatan yang cukup baik di Grand Prix (GP) Singapura, Ricciardo yakin dapat tampil kuat bersama Renault, akhir pekan ini. Terlebih tim juga memiliki motivasi tinggi setelah meraih hasil terbaik di GP Italia. Komitmen dari para petinggi Renault membuatnya makin percaya diri bisa meraih hasil maksimal.

“Kami memang terlihat cukup kuat di trek berkecepatan tinggi tapi bukan berarti kami tak bisa seperti itu di sirkuit berkecepatan rendah (seperti di Singapura). Kami akan menuntaskan beberapa pekerjaan rumah dan semoga mendapatkan hasil terbaik untuk mereka yang berada di Enstone,” ujar Ricciardo.

Saat ini, Renault di posisi kelima klasemen konstruktor dengan 65 poin atau berjarak 18 angka dari McLaren yang ada di urutan keempat. Menariknya, McLaren juga memakai mesin tim asal Prancis itu. Namun, MCL34 dinilai lebih seimbang daripada R.S.19, meski Prinsipal Renault Cyril Abiteboul berpikir sebaliknya.


Baca Juga :
- Daniel Ricciardo Merasa Tidak Balapan di GP Belgia
- Line Up Sementara Pembalap Formula 1 Musim 2020: 11 Pembalap Belum Pastikan Bertahan

“Saya pikir mereka memiliki sasis lebih baik untuk beberapa kondisi, dibandingkan kami. Tapi, kami punya mobil yang lebih baik secara keseluruhan. Itu sebuah fakta, jadi saya pikir akan bergantung pada karakteristik trek dan siapa yang mampu memaksimalkan peluang (yang ada di Singapura),” Abiteboul menuturkan.

Berdasarkan hasil di Italia, Abiteboul pun memasang target cukup tinggi pada GP Singapura, akhir pekan ini. “Tujuan kami adalah finis di posisi keempat. Itu terlihat seperti sebuah target yang sulit dicapai tapi sekarang itu terlihat memungkinkan. Saat ini, itu yang kami fokuskan,” kata pria asal Prancis itu.*MUHAMAD FADLI RAMADAN DARI BERBAGAI SUMBER

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA