#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Badai Cedera Terburuk Barca dalam Lima Tahun
20 September 2019 15:55 WIB
BARCELONA – Hantu cedera terus membayangi skuat FC Barcelona. Bergantian para pemainnya keluar masuk ruang perawatan di musim ini. Teranyar, Jordi Alba yang terpaksa harus menepi dua hingga tiga pekan. Bek kiri andalan Barca ini mengalami masalah otot di bisep femoris di kaki kirinya saat menghadapi Borussia Dortmund pada Selasa (17/9).

Alba hanya mampu bermain selama 40 menit sebelum akhirnya ditarik keluar dan digantikan Sergi Roberto dalam duel fase grup Liga Champions yang berakhir 0-0. Setelah tiba di Sant Joan Despi, bek 30 tahun itu langsung ditangani Dokter Ricard Pruna, dan dipastikan mengalami masalah otot.

Akibat cedera tersebut, Alba kemungkinan akan melewatkan lima pertandingan resmi yang tersisa hingga jeda internasional mendatang. Ada empat pertandingan La Liga (Granada CF, Villarreal CF, Getafe CF, dan Sevilla FC) dan satu Liga Champions (FC Internazionale Milano).


Baca Juga :
- Mencari Pendamping Paling Pas untuk Messi-Suarez
- Pekerjaan Rumah Valverde

Dengaan tumbangnya Alba, maka sudah ada tujuh pemain yang telah mengalami cedera dan melewatkan minimal satu dari lima pertandingan awal musim. Mereka adalah Ousmane Dembele, Luis Suarez, Lionel Messi, Norbeto Neto Murara, Junior Firpo, Samuel Umtiti, dan Alba. Dengan begitu, ini jadi wabah cedera terburuk yang dialami Barca dalam lima musim terakhir.

Krisis cedera parah terakhir Barca terjadi pada 2014/15. Di era kepelatihan Luis Enrique tersebut, setidaknya ada delapan pemain yang tumbang karena masalah fisik.  Kemudian pada tahun pertama Valverde (2017/18) sebanyak lima pilar masuk perawatan medis karena kasus yang berbeda-beda, namun untungnya beberapa pemain kala itu bisa kembali dengan cepat. Sementara pada awal musim lalu berjumlah lima orang, dan Umtiti merupakan yang terlama.

 

Rotasi Pertahanan

Menyusul cederanya Alba, Valverde kemungkin akan melakukan rotasi di lini pertahanannya, sektor yang selama ini tak tersentuh. Dalam lima pertandingan terakhir Barca, Alba, Clement Lenglet, Gerard Pique, dan Nelson Semedo selalu tampil sebagai starter di formasi empat bek. Selain empat pemain ini, Marc Andre Ter Stegen (kiper), Frenkie de Jong (gelandang), dan Antoine Griezmann (penyerang) juga tak tergantikan di starting 11.

Rotasi bisa diterapkan saat menghadapi Granada CF, yang di atas kertas bisa diatasi Barca. Junior yang sudah pulih bisa menggantikan posisi Alba. Mantan bek Real Betis itu baru mendapatkan sedikit menit main dan ini akan jadi kesempatan emas untuk membuktikan kualitasnya. Ivan Rakitic juga bisa dimainkan sebagai starter untuk pertama kalinya pada musim ini. Ia nantinya akan menggantikan Sergio Busquets yang penampilannnya bisa dibilang tak meyakinkan dalam beberapa pertandingan terakhir.


Baca Juga :
- Barca Buru Pesaing Suarez
- Permintaan Griezmann pada Barca: Percayalah!

Untuk lini depan, pulihnya Messi dan Suarez diharapkan bisa meningkatkan serangan Barca. Ansu Fati dan Rafinha Alcantara kemungkinan harus menepi lagi untuk memberikan tempat kepada trio MSG (Messi-Suarez-Griezmann) menjalin koneksi. Tridente ini belum terlihat nyetel saat debut di Signal Iduna, kandang Dortmund.*** GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER
  

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA